Blogger Jatimotoblog berlatih Safety Riding di MPM Part Center Sedati

Diposting pada
ktm indonesia

wp-7

IMG-20170425-WA0066

PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) sebagai Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT mengajak para blogger otomotif yang tergabung dalam JATIMOTOBLOG untuk bersama-sama mendukung program terbaru Kampanye keselamatan di jalan dari PT. Astra Honda Motor (AHM) yaitu “CARI AMAN” melalui pelatihan Safety Riding Course yang digelar di MPM Part Center Sedati (23/4).

CARI AMAN yang baru dilaunching AHM tidak hanya sekedar tagline masbro, namun lebih kepada kesadaran diri saat berkendara kapan pun dan dimanapun, oleh karena itu JATIMOTOBLOG yang merupakan komunitas yang dekat dengan masyarakat melalui artikelnya dirasa perlu untuk merasakan bagaimana CARI AMAN melalui Safety Riding tersebut.

CARI AMAN sendiri merupakan ungkapan yang sangat sering dipakai oleh anak muda saat ini, dimana pengertiannya yang luas tak hanya tentang pentingnya kelengkapan safety gear, namun juga bagaimana sikap di jalan untuk keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

IMG-20170425-WA0064

Dengan dipandu oleh instruktur berpengalaman, para Blogger Jatimotoblog terlebih dahulu mendapat pengarahan soal Safety Riding mulai dari persiapan hingga prakteknya secara teori di dalam sebuah kelas khusus Safety Riding, materi safety riding yang disampaikan dimulai dari penjelasan safety dan defensive riding, faktor penyebab kecelakaan, faktor manusia, kendaraan dan lingkungan serta persiapan kendaraan sebelum riding.

IMG-20170425-WA0065

Pada prakteknya para Blogger Honda Jatim ini menggunakan sirkuit yang berada di dekat MPM Learning center dimana sirkuit ini memang digunakan sebagai arena berlatih, lintasannya sendiri didesain mengikuti standart pelatihan Honda Jepang.

Ada beberapa uji teknik dalam pelatihan Safety Riding antara lain, braking, slalom course dan narrow Plank yang diperagakan oleh para instruktur.

Braking merupakan tekhnik pengereman dimana peserta harus melakukan pengereman di titik yang telah ditetapkan.

Slalom Course merupakan tehnik berkendara dilintasan yang berbentuk kurva dengan berbagai rintangan seperti kun dan garis dan ukuran keberhasilan dimana peserta yang tercepat tanpa menyentuh rintangan.

Narrow Plank merupakan teknik keseimbangan diatas papan dimana peserta yang terlama dan meniti titian papan tanpa harus turun kaki.

IMG-20170425-WA0067

Sekilas nampak mudah dan sangat bisa dilakukan dari ketiga tekhnik ini, namun untuk melakukannya tidak sedikit yang kesulitan mempraktekannya, butuh kesabaran dan kejelian dalam melahap setiap teknik, ketiga pelatihan ini mewakili setiap kondisi saat rider berada di jalan raya.

IMG-20170425-WA0068

Dan harapan MPM mengajak para Blogger Jatimotoblog tak lain juga disamping melatih para blogger untuk lebih tahu tentang tekhnik Safety Riding namun juga bisa mengajak pembaca terutama masyarakat untuk ikut menyadari pentingnya safety riding dalam setiap berkendara.

 Sumber :

Pic by : Jatimotoblog, Video by : Novan MPM

Monggo Komentarnya Kangbro :