Modifikasi Mic Eksternal Action Kamera B-Pro 5 AE dengan Mic Bawaan

suzuki

IMG_20160727_173103

Hallo pembaca

Selamat datang di blog ini, dan saya ucapkan terima kasih banyak kepada pembaca baru serta pembaca lama yang sudah mampir di blog OB ini, pembahasan kali ini bukan tentang otomotif tapi masih berhubungan dengan kegiatan otomotif, kali ini kita akan membahas Action Cam.

5KIvnjkdjD

Sebelum kita berbicara jauh tentang bagaimana memodifikasi Action Cam untuk kegiatan MOTOVLOG, mari kita sedikit ulas kembali apa dan bagaimana Action Cam itu.

Menurut Wikipedia :

Action camera dirancang untuk satu tujuan :

mengabadikan momen dari sudut, posisi, ataupun kondisi yang hampir tidak mungkin dan tidak bisa dilakukan dengan kamera biasa.

Dulu masih jarang orang menggunakan Action Cam, pada awalnya adalah para atlet, fotografer, videografer, hingga mereka yang menggemari olah raga ekstrem, namun tren action camera ini meluas banyaknya video yang diambil menggunakan action camera di situs seperti YouTube, dan dari sekian banyak video itu yaitu MOTOVLOG.

Kamera yang saya pakai saat ini adalah B-Pro5 AE dan saya cukup senang mempunyai kamera ini meskipun GoPro Hero 4 Black selalu menggoda, namun melihat history saat beli dimana saya mengumpulkan pundi-pundi uang dari hasil Review dan Iklan di Blog ini.

Namun gak berapa lama saya bosan, karena bayangan sebagai MotoVLogger sirna saat saya tidak dapat mendengar suara saya dengan jelas bahkan cenderung tidak kedengaran, dan mulailah memeras otak.

Yup tepat di hari Kamis malam 21/7 2016 saya mencoba membongkar kamera B-Pro 5 saya, awalnya sangat susah bercampur takut, takut rusak dan jadi mall fungsi, akhirnya proses pembongkaran baru bisa saya cicil selama dua hari, dan tibalah melihat-lihat apakah ada yang bisa saya lakukan dan bisa saya akal, proses ini cukup membuat saya sulit karena melihat backgraound saya yang bukan paham elektronik.

IMG_20160726_215326

Setelah dibongkar dan membolak balik mesin, saya menemukan cara bagaimana jika MIC yang ada diinternal di jadikan eksternal, dengan konswekensi saat mic eksternal di lepas maka suara tidak akan muncul

Langkah 1

Lepas dahulu mic internal dengan menggunakan solder secara hati-hati, kemudian simpan mic tersebut baik-baik karena akan sangat berguna nantinya, setelah mic terlepas siapkan bahan-bahannya, yaitu Soket Jack, Jack 3,5mm, Kabel secukupnya.

IMG_20160726_221003

Langkah 2

Setelah melepas mic, bagian PCB dari bekas mic menunjukkan mana (-) dan (+), hal ini harus anda perhatikan dan saran saya gunakan kabel dengan 2 warna yang berbeda untuk membedakan, setelah itu siapkan soket jack mic dan kemudian solder diantara kakinya, hal terakhir yaitu merakit mic dan jack dengan menyesuaikan (-) dan (+) pada socket Jack.

Saat melakukan langkah ini anda jangan cepat puas karena anda akan sering trial dan error, hal ini wajar apalagi anda seperti saya yang gak paham elektronika.

IMG_20160727_173012

Langkah 3

Rakit kembali dan test Mic saat di jalan, apakah jelas suaranya, naik turun, kecil, dominan mana antara suara dan angin.

Okey…untuk Video test Mic masih dalam under proses saat artikel ini OB terbitkan, harap maklum ya karena Laptop dipakai adik untuk kuliah jadi untuk ngeblog, edit Video saya menggunakan full Smartphone dengan aplikasi gratisan tentunya, dan bagi saya gak masalah karena hanya tinggal menunggu waktu untuk disempurnakan, tapi yang namanya ide dan karya mau pakai smartphone, PC, Laptop dengan spek tertinggi gimanapun bakalan jadi kok tergantung kreatifitas kita aja, setuju….

IMG_20160727_194428

Jika ada yang kurang jelas silahkan kontak WA saya ya….(081554492800)

Video Test Mic

Baca juga artikel terbaru lainnya :

Mod

Verza

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.