First Imprestion, Review dan Harga Suzuki Satria FU 150 Injeksi

2
51

Tidak bisa dipungkiri lagi jika kehadiran Suzuki Satria FU 150 Injeksi ini merupakan gebrakan Suzuki Indonesia ditengah himpitan Yamaha MX King dan Honda Sonic, pangsa pasar Suzuki Satria F150 Injeksi generasi lama kian tergerus oleh kedua motor bebek sport tersebut bahkan semakin lama semakin tergerus nyaris habis, Hingga akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales 2W (SIS) merasa wajib melakukan regenerasi untuk motor yang menjadi tulang punggung penjualannya tersebut, menyadari bakal tenggelam di antara dua pesaing beratnya, tentu Suzuki jelas tak bisa tinggal diam. Hal ini semakin dipertegas fakta bahwa Suzuki Satria F150 Injeksi merupakan penguasa kelas bebek underbone 150cc yang selama bertahun-tahun singgasananya tak tergoyahkan hingga akhirnya pada Februari 2016 Suzuki Satria FU Injeksi resmi diperkenalkan.

Berangkat dari rasa penasaran tersebut akan betapa specialnya motor ini, OB mengontak Kang Fauzi pemilik blog Fncounter.com yang saat itu tengah akan menuju ke kota Pahlawan Surabaya sekalian untuk test ride, tanpa berfikir panjang OB langsung membuat janjian, dan tibalah di sebuah Pom di daerah Jagir Surabaya, kami pun bertukar motor, dan inilah First Impresion ala OB untuk pembaca dimanapun berada.

Seperti biasanya OB selalu mengulas sesuatu yaitu dari tampilannya dulu, karena tampilan merupakan faktor yang juga menentukan untuk meminang motor, Meski secara umum masih membawa desain motor ‘ayam jago’ yang kental, namun secara mendetail motor ini 90 persen meninggalkan desain lamanya. Mulai dari penampakan sektor headlamp yang kini terlihat lebih garang, sedikit mirip dengan wajah robot Transformers.

Penerangan sudah menggunakan LED dan sein yang dibuat menyatu dengan lampi utama, sedangkan untuk body terlihat aura hyper-undebone masih kentara jelas hanya saja agak lebih besar dan padat dari pada versi sebelumnya, hal ini terlihat saat OB bertemu dengan Komunitas Satria FU Surabaya (SAFUSUCO) yang secara tidak sengaja bertemu di POM Aloha disaat OB dan FnCounter lagi beristirahat selepas test ride.

Adapun sosok  yang masih cukup melekat kuat aura Satria FU adalah di sektor buritannya, dimana Suzuki mendesain sektor stoplamp LED yang tak jauh berbeda dengan versi karburatornya yaitu lancip. Ya memang bisa dikatakan desain Suzuki Satria F150 Injeksi FI kali ini benar-benar membawa detail yang baru, seperti fairing yang lebih agresif dengan lubang pembuang panasnya, fairing ini bahkan dirancang dengan cukup mencolok memanjang hingga cover engine di bagian bawah. Hasilnya, Suzuki Satria FU Injeksi terlihat lebih sporty. Belum lagi komponen penunjang seperti spion, visor, spakbor belakang yang nampak lebih racing semakin menunjang tampilan spesifikasi Suzuki Satria F150 Injeksi secara umum.

Beralih ke piranti yang langsung menghadap ke mata saat berkendara, di sektor speedometernya tak lagi menyematkan model semi digital namun sudah full digital dengan panel instrumen terlengkap di kelasnya. Dengan lampu latar berwarna orange yang gak buat pedes dimata, Selain mengusung penampilan baru yang pastinya user friendly, dashboard pada motor ini juga sudah dibekali dengan kelengkapan panel yang informatif. fitur yang terdapat di alat ini antara lain dapat menampilkan penunjuk waktu, indikator FI, penunjuk kecepatan, tachometer, indikator posisi gear, indikator bensi, indikator RPM, twin trip, indikator temperatur pendingin, bahkan ada juga indikator interval oli yang mungkin tidak akan kita jumpai di motor lain sekelasnya. Semua panel indikator ini juga disajikan dengan sangat informatif dan pengoperasian lewat tombol yang cukup mudah.

Nah pembaca, setelah cukup puas melihat-lihat penampilan luar dan aksesorisnya, kini saatnya untuk dinaikin, Suzuki Satria F150 Injeksi ini mempunyai panjang 1960 mm, lebar 675 mm, dan tinggi 980 mm sehingga motor ini sangat asik diajak bermanuver di jalan raya. Memiliki ground celarance setinggi 150 mm juga menjadikannya masih aman untuk diajak ngebut, dan jelas saja OB sangat terkesan dengan kegesitannya dalam bermanuver, nurut sama OB.

OB sendiri mempunyai bobot 85 kg dengan tinggi 168 cm sangat pas duduknya dan bobot satria sendiri yang mencapai 109 kg terasa enteng saja, kaki tidak jinjit serta tangan terasa pas walau badan agak condong ke depan sedikit, karena OB hanya beberapa jam saja mengetest jadi OB belum mengetahui motor ini nyaman atau nggak jika dipakai jarak jauh.

Beralih ke suspensi dimana piranti ini sangat penting guna mendukung kecepatan dan galaknya power yang dihasilkan,  dibekali dengan suspensi teleskopik di bagian depan dan suspensi berjenis monoshock di bagian belakang. selain itu Suzuki Satria F150 Injeksi juga sudah mengadopsi rangka jenis Twin Spar yang memiliki bobot ringan namun lebih rigid. Beranjak ke sektor pengereman, soal perangkat Cieeettt… Suzuki Satria FU Injeksi kali ini sudah terpasang disk brake (cakram) dengan diameter lebih lebar bermodel wave dua piston kaliper di bagian depan dan cakram wave single piston di bagian belakang.

Dan benar saja saat OB mengetest seberapa pakem perangkat Cieet ini, dengan saksi mata kang Fauzi FnCounter dengan kecepatan 30 km/jam dengan badan condong ke depan sementara tuas rem ditekan sekencng kencangnya, motor langsung berhenti dengan ban belakang naik, ediannn batin OB berkata.

Bergerak ke sektor kaki-kaki, Satria F150 kali ini membawa desain velg yang tak jauh berbeda dengan sebelumnya, namun untuk velg barunya ternyata membawa bobot yang lebih ringan demi alasan performa handling. Sementara velg racing pada spesifikasi Suzuki Satria F150 Injeksi di bagian kaki-kaki tersebut dibalut dengan ban tubeless yang memiliki alur baru berukuran 70/90-17 38P di bagian depan dan 80/90-17 50P di bagian belakang.

Nah…saatnya OB akan membicarakan tentang sektor dapur pacu yang katanya paling liar di kelasnya, saat OB memacu motor ini, Suzuki ternyata tidak main-main dalam menggarap penerus Satria series ini, mencomot dari spesifikasi resmi Suzuki Satria.

Suzuki Satria F150 Injeksi kali ini membawa mesin 150cc DOHC (Double Overhead Camshaft) 4-Valve Single Cylinder yang memang sudah menjadi identitas Satria F150 sejak generasi pertama. Namun untuk mesin barunya, pada Satria F150 FI ini sudah dirancang dengan konstruksi mirip motor balap dengan pembaruan valve setting angle yang lebih rapat dan valve diameter yang lebih besar.

Suzuki Satria FU Injeksi juga diperkuat throttle body berukuran 32 mm layaknya motor balap, untuk pistonnya, Satria F150 memiliki bobot yang lebih ringan namun diracik lebih kuat berteknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) pada bagian dinding silinder mesin. Hal ini membuat mesin All New Suzuki Satria F150 Injeksi tetap kuat dan awet walaupun dipacu dalam kecepatan tinggi. Hasil dari kombinasi tersebut, motor ini memiliki power dan torsi paling melimpah di kelasnya dengan tenaga hingga 13, KW/1.000 rpm dan torsi puncak mencapai 13,8 Nm/8.500 rpm yang disalurkan dalam transmisi manual 6 percepatan.

Di atas kertas, Suzuki Satria F150 Injeksi FI ini memang memiliki power paling ganas di kelasnya. Selain itu, motor ini juga memiliki karakteristik mesin overbore dengan rasio kompresi 11.5 :1. Dengan karakter seperti ini, Satria F150 akan mampu memuntahkan power yang terus konsisten, baik di angkatan awal hingga kecepatan tinggi. Meski memiliki performa liar, namun Suzuki Satria FU Injeksi juga memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang cukup tinggi. Hal ini tidak lain karena hadirnya sistem suplai bahan bakar Fuel Injection yang dikombinasikan dengan Dual Spray Injector yang dikendalikan secara otomatis oleh ECM (Electronic Control Module). Hasilnya, mesin pada spesifikasi Suzuki Satria F150 Injeksi ini memiliki konsumsi BBM bisa mencapai 50 km/liter.

(Sumber Situs Suzuki Satria)

Dan kita hampir selesai mengulas nih motor, namun ada yang masih belum OB sebutkan yaitu aksesoris yang terdapat di motor ini, seperti bagasi untuk menyimpan barang berharga yang ditempatkan di dashboard depan.

Kemudian untuk fitur pengamanan, Suzuki Satria F150 Injeksi dilengkapi Safety Shutter Key (kunci magnet pengaman) model terbaru, juga memiliki footsetep yang bisa ditekuk dan terdapat sensor kemiringan. Untuk elektrik starternya, Suzuki Satria FU Injeksi juga mengadopsi 1-Push Electric Starter. Dengan fitur baru ini, pembaca tidak perlu menahan tombol starter untuk menghidupkan mesinnya, melainkan cukup satu sentuhan saja. bagian joknya juga dirancang untuk karakteristik orang Indonesia dengan tingkat kenyamanan tinggi dan pengendara bisa lebih menapak sempurna ke tanah, sedangkan untuk muffler atau knalpot model barunya yang mengalami pembesaran pipa. Salauran gas buang berdesain baru ini diklaim bisa meghasilkan tenaga lebih responsif karena pembuangannya lebih sempurna.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak videonya :

Suzuki Satria FU Injeksi

Mesin
Jenis Mesin 4-Stroke DOHC, 4-Valve Single Cylinder, Liquid Cooled
Isi Silinder 147,3 cc
Dimensi x Langkah 62,0 mm x 48,8 mm
Rasio Kompresi 11,5
Daya Maksimum 13,6 Kw (18,49 hp) / 10.000 rpm
Torsi Maksimum 13,8 Nm / 8.500 rpm
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Sistem Pengapian Euro3, Transistorized
Sistem Starter 1-Push Electric Starter
Transmisi 6 percepatan
Kapasitas Tangki 4.0 liter
Sistem Starter Elektrik dan Kaki
Dimensi
P x L x T 1.960 mm x 675 mm x 1.280 mm
Jarak Pijak 150 mm
Tinggi Jok 765 mm
Berat Kosong 109 kg
Rangka
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
Suspensi Belakang Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
Rem Depan New Petal Design Disc Brake
Rem Belakang New Petal Design Disc Brake
Roda Depan 70/90-17 38P
Roda Belakang 80/90-17 50P
Velg Racing

Suzuki Satria F150 Injeksi hadir dalam dua varian, yaitu Standar Version (Titan Black/Solid Black/Brilliant White/Solid Black dan Stronger Red/Titan Black) yang dibanderol dengan harga mulai Rp 21.650.000,- . Kemudian ada juga varian High Grade Version (Macho Bright Blue/Titan Black/Solid Black-Red CW) yang dipatok dengan harga mulai Rp 21.950.000,-. Harga Suzuki Satria F150 Injeksi tersebut adalah harga resmi On-the Road (OTR) untuk Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, sehingga kemungkinan harganya bisa berbeda di masing-masing kota.

Sumber : Suzukisatria.com,

Dan akhir kata terima kasih telah membaca artikel ini dan OB juga sampaikan terima kasih kepada Kang Fauzi dari FnCounter.com yang telah sudi jauh-jauh dari malang dan bisa test ride bersama OB, matur nuwun kang, Tuhan yang balas, Amien.

Nantikan sesi test ridenya ya

Baca artikel lainnya :

Kontak admin :

WA – 081554492800

BBM – 5C7CCDAB

Seduluran Bersama
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Informasi dan ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Add my FB Priyo Banyu Urip, IG Otobalancing, G+ Givi Surabaya

2 KOMENTAR

Komentar Gratis