Halo pembaca otobalancing, kali ini saya diberikan kesempatan untuk mencoba produk skutik bergaya Retro andalan Yamaha yaitu Yamaha Fino, kali ini Yamaha memberikan penyegaran kepada motor ini, perubahan yang langsung terlihat yaitu sektor mesin yang kini lebih besar yaitu 125cc dibandingkan pendahulunya yang hanya berkapasitas 115cc, jadi untuk penyegaran kali ini namanya menjadi Yamaha Fino 125cc Blue Core.

Apa saja pembaharuannya, mari kita lihat.

Oh ya sebelumnya Otobalancing mengucapkan terima kasih kepada PT. Surya Timur Sakti Jatim sebagai Main Dealer sepeda motor Yamaha Jatim yang telah meminjamkan unit Fino 125 FI Blue Core ini untuk saya review.

Berbicara desain seperti yang terlihat jika secara keseluruhan motor ini memang terlihat aura retronya, mulai dari depan hingga belakang, spionnya yang bulat, meski begitu fitur dan akomodasinya lumayan baik untuk sebuah matik sekelasnya.

Oke, kita mulai dari jok yang berwarna coklat ini, jika jok saya tekan dengan jari maka terasa sponnya empuk dan elastis, kondisi ini membuat mengendarai motor ini terasa menyenangkan, baik untuk perjalanan jauh maupun dekat karena bokong tidak cepat panas dan redaman bisa minim.

Pada bagian spidometer dan indikator bensin letaknya agak berjauhan, namun hal ini tidak menjadi masalah meski harus menolehkan kepala sedikit untuk memantau bahan bakar, sementara indikator masih terlihat jelas meski dibawah terik matahari.

Untuk spion masih sama bulat dengan dilabur crom, lalu ada fitur rem tangan untuk mengunci rem belakang jika diaktifkan dan sangat mudah untuk mengaktifkan, selebihnya tidak ada perubahan mencolok dari versi sebelumnya.

Untuk akomodasi anda bisa melihat ada semacam bagasi kecil yang bisa digunakan untuk menaruh barang anda yg kecil juga serta ada bagasi yg agak besar di sisi kiri yg bisa digunakan untuk menaruh botol minuman atau barang yg agak besar, sedangkan bagasi kanan bisa untuk menaruh dompet kecil atau sarung tangan saat parkir, lalu ada semacam kaitan kecil di bawah jok untuk mengaitkan helm dan tas kecil.

Salah satu yang menarik dari Yamaha Fino 125  ini adalah back kakinya, karena saya dengan leluasa menggeser kaki kedepan, ke belakang dimana ukuran kaki saya adalah 42, apalagi lebih leluasa lagi untuk ukuran kaki wanita atau remaja.

Untuk boncenger masih tersedia seperti generasi Fino dan Mio sebelumnya dimana terdapat pijakan kaki boncenger.

Dibalik bagasi yang cukup nyaman dan lebar ini, terdapat bagasi atau lap pembersih motor namun sayangnya untuk menyimpan helm tidak muat, tapi gak masalah karena ada kaitan untuk meletakkan helm di samping engsel jok, jadi kalo bawa motor sendiri gak perlu lagi menaruh helm di spion yang berpotensi hilang jika helm kita dicuri, yang bagus disini untuk mengaksesnya anda tidak perlu memasukkan kunci seperti motor pada umumnya, anda cukup menancapkan anak kunci seperti saat menyalakan mesin, kemudian diputar di sebelah kiri, setelah ada suara klek baru bagasi bisa terbuka.
Yamaha Fino sejatinya menyasar segmen wanita dan remaja namun demikian, dengan teknologi Blue Core yang diusung menjadikan riding lebih irit dan berakselari bagus.

Namun ada satu fitur yang sangat saya sukai, yaitu Answer Back dimana saya bisa mengeluarkan bunyi seprerti motor saya saat diparkir, nah kira-kota seberapa jauh fitur ini dapat bekerja dengan baik, saya mencoba seberapa jauh Answer Back ini berespon, dibawah ini adalah anak kuncinya, agak besar kayak kunci mobil dan ada tombolnya, jadi kalo ditekan akan mengeluarkan bunyi disertai lampu sein akan menyala bersamaan baik depan maupun belakang.

Ternyata fitur Answer Back System ini mampu merespone sejauh 100 meter, namun begitu di jarak sejauh itu saya tidak dapat mendengar suara bib dari motor Fino ini, artinya saya harus sedekat mungkin untuk dapat menemukan dimana Fino di parkir.

Nah sampai dipenghujung ulasan Yamaha Fino 125 Blue Core ini, dengan mesin yang ditingkatkan sudah pasti ada beberapa peningkatan juga, dan setelah saya coba tenaga mesin Fino 125 ini sangat enak banget buat santai atau ngebut, halus dan getaran mesinnya lembut, meski suspensinya gak bisa dikatakan empuk banget namun dengan jok dengan busa yang empuk rasa berkendara dengan Yamaha Fino 125cc ini terasa menyenangkan.

Oke sampai disini review Yamaha Fino 125 BlueCore ini, sampai jumpa di review selanjutnya, jangan lupa di subcribe ya di bawah dengan mengetik email kamu untuk update berita terbaru dari Otobalancing…
See you…

Artikel terkait :

1 KOMENTAR

Silahkan Komentar Di Bawah Ini