Cling…ikon pemberitahuan WA memberi OB kode ada pesan masuk, saat OB cek ternyata nomer baru yang setelah OB tanya-tanya adalah adalah pembaca blog OB dari Sidoarjo yang bernama Bp. Agus yang bertanya tentang wiper mobilnya yang tiba-tiba gak berfungsi sebagaimana mestinya.

image

Nah kasus Bp. Agus ini pasti juga pernah dialami oleh pengendara mobil lainnya terutama saat musim hujan ini dimana air hujan pada kaca depan atau belakang tidak bisa disapu dengan bersih, padahal menurut Bp. Agus karet wiper sudah diganti baru, nah trus apa dong problemya?

Setelah melalui pembicaraan panjang lebar barulah disimpulkan bahwa karet wiper meskipun masih terbilang umurnya baru ternyata sudah mengeras, memang umumnya di manual book bahwa penggunaan dan perawatan wiper yang benar bisa bertahan sampai 1,5 tahun, trus kok masih hitungan bulan kok sudah rusak?

Biasanya penyebab umum karet wiper cepat keras atau mati adalah karena terpapar panas dari sinar matahari, biasanya sering terlalu lama parkir mobil di area terbuka dengan kondisi cuaca sedang panas, saat panas itulah kaca yang bersentuhan dengan karet wiper akan membuat karet cepat mengeras.

image

Untuk menghindari hal itu cara paling mudah agar karet wiper bisa bertahan lama adalah selalu mengangkat tuas wiper saat kondisi sedang parkir apalagi parkir untuk waktu lama dan ditempat terbuka, namun untuk indoor pun kalo pas dirumah bisa diterapkan.

image

image

Kalo dibiarkan apa akibatnya? Ya sudah pasti kalo air hujan dibiarkan terus menerus maka akan menimbulkan jamur pada kaca, untuk meminimalisir hal itu biasanya di botol penampung air penyemprot kaca ditambahkan sabun dengan PH rendah supaya jamur tidak merebak dan karet wiper bisa lebih tahan lama.

Semoga bermanfaat.

Sumber foto : Mbak Ana marketing Datsun Hr. Muhammad

Baca artikel terkait :

Silahkan Komentar Di Bawah Ini