Hallo pembaca pecinta otomotif dimanapun anda berada, di artikel kali ini OB akan membahas tentang mobil LCGC (Low Cost Green Car) dimana pasar mobil murah ini  ang terus kian ramai di tiga tahun belakangan ini, memang tidak bisa dipungkiri jika Datsun Go+ merubah peta pandangan konsumen jika mobil berpenumpang 7 orang dengan fasilitas lumayan bisa ditebus dengan harga 100 jutaan, dimana pabrikan lain belum menggarap jenis mobil ini.

Hingga saat ini Datsun Go+ Panca masih boleh menikmati gurihnya penjualan LCGC 5+2 namun hal ini tidak lama lagi bertahan karena peta pandangan mobil MPV 7 penumpang dengan harga murah juga dilirik oleh Toyota dan Daihatsu yang sudah menyiapkan penantangnya yang sama-sama memiliki konfigurasi 5+2 yaitu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra dengan kelebihan-kelebihan yang patut diwaspadai oleh Datsun GO+ Panca.

Datsun harus ingat bahwa 80% penjualan mobil LCGC Datsun disumbang oleh Go+, sedangkan Datsun GO Panca hatchbacknya berkisar 20% saja, untuk itu Datsun tidak boleh terlena jika tidak ingin pasar MPV terlepas, ada beberapa hal yang harus diwaspadai oleh Datsun dengan kemunculan 2 varian MPV LCGC ini, antara lain :

  1. Mesin 1.200 cc 4 silinder

Keistimewaan Datsun ada pada mesin 1.200 cc-nya yang responsif, OB sendiri mengakui saat test drive dan mereview, mesin yang mengambil basis dari Nissan March ini memiliki 3 buah silinder dan pilihan transmisi manual 5 percepatan saja.

Bagaimana dengan Calya dan Sigra? Toyota dan Daihatsu memberikan mesin berkapasitas sama dengan Datsun, yaitu 1.200 cc. Tapi, Calya sedikit lebih baik karena menggunakan 4 silinder dan teknologi VVT-i, sehingga getaran dan suara mesin pasti lebih baik dari Datsun.

Baca juga : Datsun go panca dan go plus panca mobil idaman keluarga muda

  1. Belakangnya Lebih Lega

OB pernah mencoba ke bangku paling belakang di Datsun Go+ dan hal itu sudah OB tulis di artikel sebelumnya, baca disini :

Bagaimana dengan Calya dan Sigra? dari gambar bocoran yang didapatkan, bentuk belakangnya terlihat lebih panjang dibandingkan dengan Datsun, namun OB tidak ingin ngawur memprediksi karena OB harus melihat secara realnya.

Baca juga : Review Datsun Go Panca layakkah untuk dimiliki?

  1. Fiturnya Lebih Lengkap

Tidak bisa dipungkiri kalo interior Datsun terlihat sederhana namun tetap fungsional, mengurahi fitur yang jarang dipakai tujuannya, namun melihat airbagnya hanya satu, audio hanya 2 speaker, power window terpisah, tiada electric mirror serta hal-hal lainnya, kesan minimalis di Datsun langsung terlihat.

Bagaimana dengan Calya dan Sigra? Daihatsu Sigra dikatakan bakal memiliki fitur jauh lebih lengkap, contohnya saja ia memiliki AC double blower, velg racing, electric mirror, dua buah airbags, ABS untuk varian tertinggi, empat buah power window yang bisa diatur secara universal dari pengemudi, fog lamp dan hal lainnya. Memang sih lebih mahal, tapi Toyota dan Daihatsu juga memiliki tipe rendah yang memiliki harga berbenturan dengan Datsun GO+ Panca, dan hal ini tentunya juga mesti diwaspadai.

  1. Harga yang bikin galau

Jika semua sales mobil ditanya, mobil LCGC 7 penumpang yng paling murah saat ini pasti jawabannya Datsun Go+, namun bagaimana jika ada konsumen dibuat untuk berfikir jika dengan harga yang agak mahal sedikit namun diimingi dengan mesin 4 silinder, bangku baris ketiga yang lebih lega serta bagasi yang lebih lega pula? Kira-kira jika pembaca sebagai konsumen, pembaca akan memilih yang mana?

  1. Brand Image

Datsun dengan Nissan merupakan brand yang sangat kuat dan mempunyai nilai sejarah tinggi dalam dunia otomotif di seluruh dunia, namun sejarah tinggal sejarah, konsumen saat ini memilih mobil karena keyakinannya akan produk tersebut, saat konsumen memilih mobil berpenumpang 7 orang Datsun masih merupakan pilihan karena tidak ada kompetitor yang mengisi pasar ini, brand image Astra yang melekat pada Toyota dan Daihatsu, tentu saja hal ini akan menjadi PR untuk Datsun.

Disamping 5 faktor yang harus diwaspadai oleh Datsun dengan kehadiran Calya dan Sigra, faktor “Mobil Baru” bisa menjadi faktor yang tidak terduga, selain itu dukungan finance juga yang membuat Toyota dan Daihatsu menjadi merek yang paling laris dimana Astra selalu membekali konsumen mereka dengan pilihan financing yang amat banyak dan beragam untuk memudahkan konsumen memilih leasing sesuai dengan kemampuan mereka.

Sebenarnya senjata Datsun untuk menggebrak brand Datsun dan mengantisipasi kemunculan Calya dan Sigra sudah ada, memang bukan lagi LCGC, namun justru segmen inilah yang masih belum dijamah oleh pabrikan lain, pasar CrossOver dimana Datsun mempunyai Datsun Go Cross yang juga berpenumpang 7 orang.

Baca juga : Pilih mana Datsun Go/Go+ Panca atau Go Cross

Namun pilihan ada pada setiap produsen, asalkan harganya masih masuk, konsumen akan tertarik, tergantung stategi pasarnya bagaimana.

Baca artikel terkait :

DATSUN

TOYOTA

DAIHATSU

 

5 KOMENTAR

Silahkan Komentar Di Bawah Ini