Sabtu (4/6) dunia balap berduka, luis Salom meninggal setelah menabrak pagar pembatas di tikungan High Speed Catalunya Spanyol saat latihan bebas FP4, Tim SAG membuka detail penyebab kecelakaan, Analisis itu didasarkan pada data telemetri motor Salom.

Salom kehilangan kendali motornya pada tikungan ke-12. Hal itu karena Salom mencoba melakukan pengereman lebih lambat daripada biasanya saat memasuki tikungan namun nahasnya terdapat aspal yang tak rata pada tikungan itu sehingga membuat ban depan sepeda motornya kehilangan cengkeraman. Kecelakaan pun tak terhindarkan dan akhirnya membuat Salom menabrak pembatas lintasan dan tewas.

“Pada putaran itu, Luis masuk ke tikungan ke-12 lebih lambat 6 kilometer per jam dibandingkan catatan terbaiknya. Hal itu terjadi karena akselerasi yang rendah saat dia keluar dari tikungan ke-11,” tulis pernyataan resmi di Crash.

“Karena kecepatannya yang lebih rendah itu, Luis mencoba memperpendek jarak pengereman sepanjang 9 meter dari tempat biasanya dia mengerem untuk mendapatkan kecepatan yang baik saat menikung.”

“Saat memasuki tikungan, ada kejanggalan pada aspal (gundukan) yang sebenarnya sudah diketahui oleh semua pembalap. Pengereman secara telat itu membuat Luis tetap menekan pedal remnya saat melewati gundukan itu tak seperti pada putaran-putaran sebelumnya ketika dia sudah melepas tuas rem pada titik itu.”

“Kedua masalah itu menyebabkan tekanan berlebihan kepada ban depan hingga akhirnya kehilangan cengkeraman saat melewati gundukan aspal. Kehilangan cengkeraman itu yang menyebabkan kecelakaan tragis tersebut,” tutup pernyataan SAG.

Sumber : Crash

Artikel terkait :

Silahkan Komentar Di Bawah Ini