Halo pembaca, sebelumnya saya ucapkan selamat datang kepada pembaca baru dan juga pembaca lama di otobalancing dan terima kasih telah setia membaca berita di blog ini, kali ini bertepatan dengan mudik lebaran 2016, PT. Benelli Perkasa Motor Jatim memberikan kesempatan kepada saya untuk mudik bersama Benelli Zafferano 250 EFI.

Seperti apa rasanya mengendarai skutik harian yang dibandrol Rp. 49.800.000 ini? Mari kita bahas bersama.

Jarang sekali otobalancing review motor matik, tapi yang ini spesial, mengapa? Karena Benelli memasukkan varian 250cc di varian matiknya dimana kelas matik 250cc yang sangat jarang ada di Indonesia, oleh karena itu review dan mudik kali ini berasa gimana gitu…hehehe, jadi pusat perhatian soalnya.

Mengenai harga yang dibandrol hampir 50 Juta kembali 200 rb ini memang gak bisa dibilang murah atau terlalu mahal, kalo dibandingkan dengan matik 150 cc pada umumnya harga bisa dibilang kompetitif banget, sesuailah dengan segala yg ada di motor ini, maklum 250cc.

Lantas apakah dengan harga dan fiturnya layak untuk anda miliki? Mari kita lihat.

Secara desain motor ini lumayan keren, anda tidak akan menemukan striping banyak seperti motor matik kebanyakan dan warnanya dibikin doff tanpa stiker bahkan tulisan Benelli nya dibuat dari sebuah emblem.

Lampu depannya terdiri dari 6 buah lampu yang masih berbentuk Bohlam, dimana 2 lampu disamping merupakan lampu senja, 2 lampu di atas adalah lampu utama dan 2 lampu dibawah adalah lampu jauh/dimm, keuntungan lampu Bohlam ini dapat digunakan di segala cuaca, baik hujan atau berkabut, jangkauannya juga luas namun tetap adem untuk pengendara lawan arah.

Dan keuntungannya juga dibanding dengan lampu LED, lampu Bohlam Zafferano ini jika putus atau pecah gak susah amat mencari partnya, tinggal beli di toko bengkel/elektronik pinggiran dan harganya sangat terjangkau pula.

Berbeda dengan lampu utama, lampu sein dan rem belakang sudah menggunakan LED.

Spidometernya didesain gak terlalu kekinian namun informatif, bahkan ada fitur yang sangat jarang ada di motor matik pada umumnya yaitu RPM yang bersanding dengan speedometer, sedangkan di panel digitalnya terisi Jam, fuel meter, trip dan total jarak tempuh, serta suhu meter, lumayan komplit kan.

Untuk materialnya lumayan bagus, plastiknya lumayan solid dan rapat dari depan hingga belakang, juga terdapat visor yang setinggi dada yang melindungi dada dari terpaan angin atau benda asing di jalan.

Dan juga untuk mengisi BBM anda gak perlu turun dan membuka jok, karena tutup tangki BBM berada di bawah dekat dengan kaki serta tutup tangkinya sudah didesain rata dan modern seperti tutup tangki motor sport.

Lalu untuk penyimpanan depan, anda tidak akan menemukan tempat penyimpanan terbuka seperti matik pada umumnya, di Zafferano ini penyimpanannya lebih tertutup dengan dilengkapi kunci sebagai pengamannya, jadi lebih safety untuk menyimpan.

Nah…karena tangki BBM tadi berada di depan, maka bagasi dibawah jok akan sangat lega sekali, besar banget malahan ini belum ditambah dengan tambahan box belakang yang menambah kelegaan akomodasi barang bawaan anda.

Untuk jok juga besar banget dan pas untuk diduduki, sponnya empuk sehingga tidak membuat cepat panas di bokong, disertai lekukan untuk menahan tulang ekor untuk rider jadi lebih rileks untuk perjalanan jauh.

Berbicara mengenai suspensi dan kaki, Benelli Zafferano menawarkan suspensi yang sangat halus dan fleksibel, terutama ketika berkendara di lalu lintas yang padat. Skuter ini dijejali dengan ban berukuran besar, yakni 120/70 R14 pada bagian depan dan 140/60 R14 pada bagian belakang, yang memberikan daya cengkraman lebih baik pada permukaan ketika melaju pada kecepatan tinggi.

Selain itu, motor ini juga didukung dengan Peredam Getaran Teleskopik dan Peredam Getaran yang dapat disesuaikan, sehingga saat melewati jalan mulus atau bergelombang apalagi bumpy redamannya bisa diandalkan untuk kenyamanan baik bagi pengemudi maupun boncengan.

Menariknya, motor ini dibekali dengan teknologi pengereman yang lumayan keren dan baik, dimana roda depan dijejali dengan rem cakram ganda, sedangkan bagian belakang didukung dengan rem cakram tunggal, yang secara desain lebih ganteng dan dari segi keamanan lumayan membantu untuk menghentikan laju motor 250cc dalam kecepatan tinggi.

Dalam hal performa dan tingkat efisiensi bahan bakar, Benelli Zafferano dipersenjatai dengan mesin kapasitas 249,7 cc, silinder tunggal putaran empat-tak, yang menghasilkan tenaga maksimum sebesar 20,78 hp pada putaran 7000 rpm dan torsi puncak mencapai 20,83 Nm, dipadukan transmisi otomatis dengan sentrifugal dry clutch.

Skuter memiliki kapasitas tangki bahan bakar yang memadai dengan kapasitas 12 liter, sehingga gak perlu harus sering-sering mampir ke pom bensin kalo anda bepergian jauh, kayak tangki motor sport ya.

Nah bagaimana impresi berkendara dalam melintasi jalanan, pantau terus di bagian 2 review Benelli Zafferano 250 EFI ini.

Dan jika anda menyukai artikel ini dan merasa bermanfaat silahkan bagikan sehingga banyak orang yang tau tentang informasi motor ini dan jangan lupa subcribe blog ini dengan mengisi alamat email untuk mendapatkan berita update otomotif terkini.

Artikel terkait :

1 KOMENTAR

Bagaimana Tanggapan Anda :