Halo pembaca, saya ucapkan selamat datang kepada pembaca baru maupun pembaca lama yang setia mantengin berita otomotif terkini di blog ini, kali ini saya akan membahas tentang motor bebek Honda yang bernama Supra, karena sehubungan dengan lahirnya Supra GTR 150.

Nama Supra yang dipakai oleh Honda di varian bebek mempunyai sejarah yang sangat panjang dan siapa sih yang tak kenal Honda Supra?

Sepeda motor bebek ini cukup legendaris di masanya bahkan sampai sekarang, masih ada yang menggunakan Supra generasi lawas, bukti bahwa motor ini bandel dan tahan lama.

Awal mulai Honda Supra ada di tahun 1997. Saat itu, motor ini dibuat untuk menggantikan Astrea Grand dan Legenda, yang juga sangat populer di masanya, Pada generasi pertama, Supra dilengkapi dengan mesin yang relatif kecil, hanya 97,11 cc. Kapasitas ini adalah yang terkecil jika dibandingkan kompetitor. Tapi, mesin ini punya tenaga dan kompresi yang lebih tinggi dibanding mesin berkapasitas sama.

Honda Supra ini menggunakan rangka tubular, dan memiliki indikator gear pada panel. Untuk unsur keselamatan, kedua ban dilengkapi dengan rem tromol. Generasi pertama motor ini dibuat dari 1997 hingga 2001.

Generasi kedua, tahun 2000an, ditandai dengan diluncurkannya Honda Supra X. Perbedaan paling signifikan dalam motor ini adalah digunakannya rem cakram untuk roda depan. Ini adalah motor bebek AHM pertama yang menggunakan rem depan.

Masih di generasi kedua, PT AHM kembali meluncurkan Supra baru, kali ini Supra XX dan Supra V. Sementara Supra XX dilengkapi kopling manual dan rem cakram depan, Supra V hanya dilengkapi kopling manual, tapi masih mengadopsi rem tromol.

Sayang, dua model ini kurang sukses, AHM pun akhirnya mengakhiri produksinya pada 2004. Setahun sebelumnya, AHM merilis Supra Fit, yang diiubah namanya menjadi Fit X pada 2007, seiring dengan munculnya Supra generasi ketiga.

Perubahan terbesar pada generasi ketiga ini adalah mesin motor telah mengadopsi teknologi PGM-FI atau injeksi sebagai varian opsional. Ya, motor yang dimaksud adalah Supra X 125, yang merupakan motor bebek injeksi pertama di Indonesia.

Varian lainnya dari Supra X 125 adalah 125 R dan 125 D, yang perbedaannya terletak pada rem, velg, indikator bensin, dan pedal tuas. Pada 2011, muncul lagi varian baru Supra X 125 yang mampu menampung helm di dalam jok (helm in).

Dan varian Supra yang terakhir diluncurkan dimana merupakan evolusi dari gen Supra tertinggi yaitu Supra GTR 150.

Artikel terkait :

 

Silahkan Komentar Di Bawah Ini