Jika anda berencana meminang duo kembar Toyota Cyla dimana sejak di GIIAS harga yang dirilis adalah mulai Rp 132,45 juta hingga RP 150 juta (OTR Jakarta). Harga ini membuatnya menjadi salah satu LMPV dengan harga termurah yang ada di Indonesia, dalam kondisi, BARU.

Namun, mobil baru bukanlah satu-satunya pilihan. Masih ada mobil dalam kondisi bekas atau second yang bisa dilirik. Pilihan ini mungkin bagi sebagian orang yang mementingkan status sosial, adalah hal yang sangat dihindari. Tapi bagi orang lain, terutama yang kemampuan ekonominya terbatas, atau mereka yang mengerti value sebuah mobil, mengakuisisi mobil ‘second’ adalah sebuah keputusan yang tidak bisa ditolak.

Dan kalo anda merupakan yang suka dengan mobil bekas mengapa tidak melirik sesaat di mana mobil bekas berada, bahkan dengan budget Rp 130-150 jutaan, ternyata pilihannya sangat luas, berbagai jenis kendaraan bisa dipinang. Berikut adalah pilihan mobil bekas yang bisa Anda tebus jika Anda memiliki budget untuk membeli Toyota Calya.

City Car

Di kelas City Car, ada beberapa opsi mobil bekas yang bisa dipinang. Misalnya Nissan March, Etios Valco, bahkan Mitsubishi Mirage masih masuk dalam budget membeli LCGC LMPV Calya. Harganya pun sangat terjangkau, mulai Rp 120 jutaan dan paling mahal Rp 130 jutaan untuk tahun 2012-2014 yang masih mudah ditemukan di pasar mobil bekas.

Nissan March misalnya, City Car lansiran Nissan bermesin 3-silinder 1.2 liter ini dibanderol Rp 120 jutaan hingga 140 jutaan tergantung tahunnya. Kondisi paling tua yang bisa Anda lirik mungkin adalah tahun 2012. Di mana dengan budget tersebut, Anda bisa juga menebus Mirage dengan transmisi CVT lansiran 2013.

Dengan budget Rp 130 jutaan, Anda hanya akan mendapatkan Calya bertransmisi manual. Itupun adalah varian terendah yang dijual ke pasaran oleh Toyota. Namun perlu diingat, jenis City Car hanya memiliki kapasitas angkut penumpang 5 orang. Tentu jika Anda membutuhkan ruang kabin yang akomodatif untuk banyak penumpang, maka City Car tak bisa dibandingkan dengan Calya. Namun jika Anda hanya membutuhkan moda transportasi di perkotaan tanpa keinginan mengangkut banyak orang, maka City Car yang lebih mewah bisa dilirik.

MPV

Jika Anda sudah terlanjur terpikat pada daya angkut penumpang, maka MPV lah yang bisa mengakomodirnya. Tapi Calya yang berstatus LCGC LMPV tidak sendiri. Masih ada beberapa mobil bekas berformat MPV yang juga bisa Anda lirik.

Avanza dan Xenia bisa ditebus dengan budget Rp 130-140 jutaan. Banyak pilihan tipe yang bisa Anda lirik jika Anda mendatangi gerai Mobil88. Ada pilihan tipe, tahun, dan kondisi untuk Avanza dan Xenia mulai tahun 2012. LMPV ini memiliki komposisi ruang yang tak terlalu berbeda dengan Calya, namun ‘build quality-nya’ lebih baik, dan fiturnya mungkin saja tak sebaik Calya.

Jika Anda mencintai merek Chevrolet, maka jangan terburu-buru menebus Calya. Spin rakitan Indonesia masih bisa ditebus dengan harga RP 130 jutaan dalam kondisi bekas pakai dengan tahun produksi 130 juta. Tapi, Anda akan mendapatkan Spin dengan trim paling tinggi, yakni LTZ. Tentunya build quality Chevrolet tak bisa diragukan.

Namun, jika Anda termasuk dalam orang yang Toyota Minded, maka sebelum menebus Calya, mengapa tak melirik MPV lebih mewah bermesin 2.0 liter bensin bernama Innova. Ya, Innova tahun 2011 masih bisa ditebus dengan budget Calya terendah yakni Rp 135 jutaan. Bahkan Innova yang Anda dapatkan adalah tipe G yang sudah double blower, fitur lengkap, dan mesin lebih bertenaga.

Hatchback

Jika Anda ingin membelikan Calya untuk mobilisasi istri tercinta, mengapa tak melirik model hatchback yang lebih sophisticated daripada Calya. Ada beberapa pilihan hatchback dalam kondisi bekas yang bisa Anda tebus dari berbagai merek.

Toyota Yaris generasi pertama misalnya, Anda bisa menebusnya dengan harga RP 132-140 jutaan. Meski modelnya sudah cukup ketinggalan dibanding model Yaris saat ini, namun kenyamanan khas Yaris tentu tak terbandingkan dengan mengendarai Calya. Apalagi dengan budget ini, pilihan Yaris yang bisa ditebus cukup variatif. Tipe G hingga J bisa Anda temukan di pasa rmobil bekas dengan tahun produksi 2012.

Sementara dari pabrikan Honda, Anda bisa melirik hatchback yang lebih fun to drive, yakni Honda Jazz. Model ini bisa ditemukan di pasar mobil bekas dengan harga mulai Rp 120 juta hingga 145 jutaan. Tentunya tergantung kondisi dan tahun, harga ini bisa sangat bervariatif. Namun, dengan menebus Jazz, Istri Anda bisa melenggangkan kendaraan dengan lebih nyaman ketimbang Calya.

Sedan

Belum terlalu terpaku pada pilihan LMPV? Kenapa tak coba melirik model sedan. Ada model-model sedan yang lebih akomodatif dalam membawa penumpang dan barang ketimbang hatchback. Namun, tentu saja model yang bisa Anda pilih cukup terbatas. Pasalnya Indonesia memiliki regulasi harga yang tidak menguntungkan untuk mobil jenis ini. Karenanya model yang masuk dalam range harga 130-150 jutaan dalam budgeting Calya, sangat terbatas.

Vios generasi pertama lansiran 2012, bisa Anda temukan di pasar mobil bekas dengan harga Rp 140 jutaan. Tipe yang bisa Anda temukan cukup terbatas, biasanya tipe G. Model ini menjanjikan ruang kabin yang lapang dengan mesin 1.5 liter 4-silinder bertenaga 107 daya kuda. Model bertransmisi manual atau otomatis bisa Anda dapatkan dengan budget ini.

Jika Anda membutuhkan sedan yang lebih kompak, namun memiliki desain dan fitur berbeda, maka Mazda2 Sedan bisa dilirik. Model dengan trim paling tinggi, yakni V A/T bisa Anda tebus dengan budget Rp 130 jutaan.

SUV

Nah, jenis bodi yang satu ini, sengaja kami letakkan pada akhir artikel sebagai penutup yang kami anggap menarik. Sebab, dengan budget maksimal Rp 150 jutaan untuk menebus Calya tipe G A/T, ternyata ada pilihan SUV dengan daya jelajah lebih tinggi yang bisa dijadikan opsi mobil bekas.

Bahkan, SUV yang paling menarik pun memiliki trim paling baik, yakni Nissan X-Trail Autech lansiran 2011-2012. SUV ini bisa Anda tebus dengan harga Rp 130 jutaan. Bermodal mesin 2.5 liter bensin, tentu tenaga dan keasyikan mengendarai SUV dengan performa sebaik ini akan menjadi sangat mengasyikkan ketimbang LMPV bermesin 1.2 liter.

Jika Anda membutuhkan SUV yang lebih kompak, ada Juke, Terios dan SX4 yang bisa ditebus dengan harga mulai RP 120-150 jutaan. Model SUV ini rata-rata berkomposisi 5-seater, kecuali Terios yang memiliki daya angkut penumpang hingga 7 orang. Mesin di balik kapnya rata-rata adalah unit 4-silinder bensin berkapasitas 1.5 liter.

Kalau Anda penggemar Kia, model Sportage sebagai SUV kompak bermesin bensin 2.0 liter dengan daya angkut 5 penumpang, bisa dimiliki dengan budget RP 150 juta. Mengendarai SUV dengan gaya premium khas Eropa seperti Kia tentu menawarkan kesan yang berbeda dibanding melenggangkan LCGC seperti Calya.

Jika Anda memiliki citarasa yang berbeda dan membutuhkan kendaraan untuk kegiatan outdoor, model Double Cabin juga masih bisa ditebus. Mitsubishi Triton lansiran 2011, bisa ditebus dengan budget maksimal RP 150 juta. Mesin diesel yang bertenaga dengan transmisi manual dan penggerak 4 roda berdaya jelajah tinggi, tentu menawarkan hal yang berbeda dibanding LMPV yang hanya bisa digunakan di perkotaan.

Artikel terkait :

Silahkan Komentar Di Bawah Ini