image

Kegiatan PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) dalam menciptakan keselamatan berkendara patut diapresiasi dan diacungi jempol brosis, untuk mendukung berhasilnya program ini, MPM disamping memberikan pelatihan Safety Riding Course kepada masyarakat umum, konsumen Honda, anak sekolah juga memberikan pelatihan untuk para Blogger Honda Jatim Community yang diselenggarakan pada hari Sabtu (28/5) bertempat di MPM Part Center Sedati di gedung Learning Center lantai 1.

image

Acara Safety Riding Course ini dibuka langsung oleh Bapak Bondan Priyoadi, HC3 Head division MPM, dalam sambutannya beliau menjelaskan.

“Honda Blogger Community Jatim ini merupakan komunitas yang unik, selain merupakan anggota dari komunitas klub motor, sekaligus juga sebagai blogger, jadi dengan diadakannya Safety Riding Course ini diharapkan rekan-rekan Honda Blogger Jatim ini bisa menceritakan pengalamannya selama menjalani training di dalam blognya sehingga masyarakat dapat lebih teredukasi lebih luas pentingnya penerapan Safety Riding dalam berkendara sehari-hari”.

Dengan dipandu oleh instruktur Safety Riding Honda berpengalaman, para Blogger yang berasal dari berbagai komunitas motor Honda ini terlebih dahulu mendapat pengarahan soal Safety Riding mulai dari persiapan hingga prakteknya.

image

Dimas Satria Kelana Putra, Safety Riding Instructor PT. MPM dan mantan pembalap nasional Fedrik Alam bergantian memaparkan materi safety riding dimulai dari definisi defensive riding, faktor penyebab kecelakaan, faktor manusia, kendaraan dan lingkungan serta persiapan kendaraan.

image

Kesemua materi tersebut sengaja diberikan secara mendalam karena MPM menganggap para Blogger Komunitas Jatim ini merupakan juga bagian dari ujung tombak dalam mengkampanyekan safety riding, tidak hanya di lingkungan komunitasnya saja namun juga di masyarakat luas tentu saja melalui blognya, apalagi masyarakat saat ini sumber informasinya berasal dari online termasuk didalamnya blog.

Dalam penjelasan tentang materi Safety Riding Bro Dimas menjelaskan.

“Bahwa angka kecelakaan yang melibatkan pemakai jalan masih sangat besar dan didominasi oleh usia muda, maka dengan adanya kegiatan Safety Riding Course diharapkan dapat menekan pelanggaran dan kecelakaan, untuk itu dalam Safety Riding Course ini bukan hanya menguji skill saja namun juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dalam keselamatan berkendara dan mendorong sikap aman berkendara”.

image

Pada prakteknya para Blogger Honda Jatim ini menggunakan sirkuit yang berada di dekat MPM Learning center dimana sirkuit ini memang digunakan sebagai arena berlatih, lintasannya sendiri didesain mengikuti standart pelatihan Honda Jepang.

Ada beberapa uji teknik dalam pelatihan Safety Riding antara lain, braking, slalom course dan narrow Plank yang diperagakan oleh para instruktur.

Braking merupakan tekhnik pengereman dimana peserta harus melakukan pengereman di titik yang telah ditetapkan.

Slalom Course merupakan tehnik berkendara dilintasan yang berbentuk kurva dengan berbagai rintangan seperti kun dan garis dan ukuran keberhasilan dimana peserta yang tercepat tanpa menyentuh rintangan.

image

Narrow Plank merupakan teknik keseimbangan diatas papan dimana peserta yang terlama dan meniti titian papan tanpa harus turun kaki.

Selain itu di sesi Narrow Plank, sesi ini dikompetisikan dan terpilih 7 pemenang terbaik diantara 18 blogger yang hadir yang mendapatkan bonus hadiah merchendise dari MPM.

image

Artikel Safety Riding Course ini tidak hanya sampai di artikel ini, karena artikel ini merupakan artikel pembuka dari keseluruhan artikel, karena masih banyak informasi yang telah OB rangkum dan siap untuk OB bagikan kepada pembaca mengenai pentingnya Safety Riding ini.

image

Dalam pelatihan ini juga hadir divisi Big Bike MPM yang turut memberikan informasi tentang Big Bike Honda, jadi pantau terus blog ini ya brosis.

Bersambung…

Baca artikel terkait :

3 KOMENTAR

Silahkan Komentar Di Bawah Ini