Fenomena LCGC MPV yang dipelopori oleh Datsun Go+ ternyata sukses membuat pabrikan seperti Toyota dan Daihatsu melahirkan mobil LCGC MPV berkapasitas serupa,  Suzuki meski belum blak-blakan mengenai keterlibatannya dalam menggarap pasar LCGC MPV namun rumor menyebutkan ada indikasi mobil tersebut juga telah ada, mungkin menunggu momen yang tepat untuk diluncurkan.

Namun Honda sepertinya tidak tertarik dengan pasar ini, bahkan untuk sekedar melirik saja tidak, ada apa gerangan sebenarnya, hal ini menjadikan OB penasaran sehingga akhirnya menemukan sebuah fakta bahwa….

Fakta menarik bagi Honda adalah tidak terburu-buru mengambil keputusan, PT Honda Prospect Motor (HPM) sepertinya sedang mempelajari kelayakan kursi baris ketiga pada LCGC 7 penumpang, karena di produk yang kini beredar yang sudah ada kursi baris ketiga hanya layak mengakomodasi anak-anak.

Jika suatu pasar memang menguntungkan memang tidak menutup kemungkinan Honda juga akan ikut juga bermain di segmen LCGC 7 penumpang, JIKA MEMANG DIANGGAP COCOK. Mobilio yang menjadi mobil 7 penumpang paling murah dari Honda saat ini dianggap sudah pas.

Menurut Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director HPM.

“Karena Mobilio ini kami anggap yang manusiawi untuk tiga baris, LMPV adalah yang paling cocok untuk ini. Karena kulturnya kan begitu, kulturnya adalah mobil penumpang 7 seater karena keluarga jenisnya banyak, bukan anak banyak, keluarganya banyak jadi butuh 7-seater untuk diduduki,”.

Jonfis mencontohkan, mobil MPV yang manusiawi dengan kapasitas tiga baris sama seperti pada model Mobilio. Sedangkan untuk LCGC yang dibuat tujuh penumpang dianggap kurang pas atau terlalu memaksa.

Bahkan, Jonfis menyatakan, di tengah pasar otomotif yang mengalami penurunan, segmen LCGC tidak turun namun masih bertahan diangka 5 persen. Oleh karena itu, Jonfis menganggap mobil LCGC 7 seater saat ini belum mengganggu LCGC 5 seater.

“Kulturnya keluarga di Indonesia memang (pergi dengan kendaraan yang menampung) banyak. Tapi kalau melebar segmentasi dari LCGC 5 seater ke 7 seater saat ini belum terbukti,” kata dia.

Wah semakin seru juga kelas LMPV ini pembaca, disisi lain 3 pabrikan besar yaitu Datsun, Toyota, Daihatsu sudah siap, Suzuki bersiap-siap tapi Honda tidak tergoda, wah…panas-panas ki melihat bagaimana perkembangan mobil LMPV ini kedepan, kita baru bisa melihat setelah beberap bulan kedepan melalui data dari penjualan bulanan GAIKINDO.

Baca artikel terkait :

1 KOMENTAR

  1. You have made some decent points there. I looked on the internet for additional information about
    the issue and found most people will go along with your views on this site.

Silahkan Komentar Di Bawah Ini