image

Tanggung jawab produsen dalam memuaskan pelanggannya memang sangat mutlak, hal ini terjadi di beberapa sektor industri tak terkecuali dunia otomotif, istilah recall seringnya kita dengar di kendaraan roda empat atau lebih, jangan sekali ada recall untuk roda dua.

Sebenarnya Recall itu apa sih?

Menurut wikipedia Recall produk (product recall) adalah proses mengambil barang cacat dari konsumen (oleh produsen) dan memberikan mereka (konsumen)  dengan kompensasi. Biasanya sering terjadi sebagai akibat dari masalah keamanan atas cacat manufaktur pada produk yang dapat membahayakan penggunanya.

image

Proses penggantian dapat bervariasi tergantung pada undang-undang lokal (suatu negara: undang-undang perlindungan konsumen, undang-undang khusus yang mengatur perdagangan) dan penyebab product recall.

Produk recall tidak hanya berlangsung satu hari, satu minggu, atau satu bulan saja, namun bisa berlangsung selama setahun, bahkan lebih dari satu tahun tergantung jumlah produk dan penyebab recol tersebut.

(Sumber : Wikipedia)

Apa keuntungan dan kerugian baik dari konsumen dan produsen?

Langkah Produk recall lebih dipilih oleh perusahaan karena biaya untuk melakukan pe-recall-an produk lebih kecil bila dibandingkan dengan biaya akibat hukum (denda)  yang ditimpakan oleh undang-undang kepada suatu perusahaan atau produsen.

Recall produk bagi konsumen

Keuntungan :
Terjamin kualitas dan keamanan dari produk yang dikonsumsinya atau dipakainya.mengurangi kerugian akibat dari hal yang ditimbulkan oleh produk tersebut di kemudian hari.

Kerugian :
Konsumen akan rugi jika tidak mengetahui bahwa produk yang dikonsumsinya atau dipakainya direcall. Dengan kata lain produk recall lebih menguntungkan konsumen daripada merugikan.

Recall produk bagi perusahaan

Keuntungan :
Dapat meningkatkan citra (baik) produk dari perusahaan yang membuatnya (meskipun ada yang beranggapan sebaliknya)menambah kepercayaan konsumen terhadap produsen

Kerugian :
Kerugian material yang besar karena harus mengganti produk atau memberi kompensasi kepada konsumen.kerugian pada kepercayaan di bursa saham yang mengakibatkan menurunnya pergerakan saham.seringkali recall produk dijadikan “senjata” oleh produsen lain (kompetitor)  untuk menjatuhkan citra perusahaan yang me-recall produknya. apalagi di Indonesia, product recall masih terbilang aib bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Repot juga ya kalo recall ini menjadi santapan para fans boy merek tertentu yang bakal bersorai ria.

Yamaha Motor Corporation

image

Merilis edaran tentang kampanye recall (penarikan kembali) untuk sepeda motor jenis sport, antara lain :

YZF-R25, YZF-R3, MT-25, dan MT-03.

Total model yang teridentifikasi bermasalah sebanyak 15.072 unit, dengan rincian :
YZF R-25 sebanyak 8.614 unit
MT-25 sebanyak 2.227 unit
R3 sebanyak 1.458 unit
MT-03 sebanyak 780 unit.

image

Ada sejumlah penyebab yang diidentifikasi, mulai dari sistem kerja gigi penggerak pompa oli yang tidak stabil di putaran mesin tinggi. Selanjutnya, kerusakan di pressure plate clutch (leher kopling), dan terakhir rute selang yang tidak tepat posisinya (ini hanya terjadi pada model MT-025).

image

Keseluruhan model tersebut merupakan produksi Yamaha Indonesia antara Oktober 2014 sampai Mei 2016.

Artikel terkait :

Silahkan Komentar Di Bawah Ini