Salam pembaca, kali ini OB mendapat sms dari pembaca yang akan beli ban baru dari temannya cuman doi ragu apakah ban tersebut memang masih baru seperti yang dikatakan temannya, untuk itu doi menanyakan tentang kode produksi ban tersebut.

Pembaca, berapa dari kita saat saat beli ban baru juga memperhatikan kode produksinya, justru yang terlihat hanya melihat merek, bentuk kembangan dan ukurannya, bagaimana kalo ternyata ban baru anda adalah produksi lama, bagaimana sikap anda jika mendapatkan ban dengan tanggal produksi bukan tahun sekarang ketika membeli ban? Jangan panik dulu atau menduga bahwa ban sudah kadaluwarsa layaknya produk makanan.

Beberapa waktu yang lalu OB sambang ke Danumas Pusat Ban Motor yang berlokasi di Jl. Ahmad Yani arah ke Bunderan Waru Surabaya, anak komunitas motor sudah pasti tahu toko ban ini yang terkenal dengan pelayanannya dan memberi diskon khusus bagi membernya.

Menurut Om Bona, Owner Danumas Pusat Ban Motor mengatakan…

“Pada dasarnya ban tidak ada kadaluwarsanya selama disimpan dengan baik dan performanya tidak akan turun ketika digunakan”.

OB dipinjamin dua buah buku oleh Om Bona yang setiap malam OB pelajarin, yang satu dari Michelin yang satunya lagi dari Pirelli, di buku tersebut disebutkan bahwa.

Baca juga :

Tanggal produksi pada ban bukan untuk sebagai tanda kadaluwarsa atau tidaknya sebuah ban, tapi lebih hanya untuk kepentingan produsen dalam hal pelacakan ketika terjadi sesuatu hal.

Nah bisa disimpulkan kan ya jika ban yang belum digunakan tidak ada umur kadaluwarsanya, selama itu disimpan dengan baik dan tidak akan mempengaruhi performanya ketika digunakan, misal adapun sangat lah kecil alias sulit dibedakan dengan ban produksi terbaru.

Bagaimana Penyimpanannya :

Menurut buku yang dipinjamkan Om Bona disebutkan jika menginginkan agar ban tetap dalam kondisi baik sebaiknya disimpan dengan baik pula. Diletakkan berdiri dalam rak, kemudian suhu ruangan yang tidak lembab atau panas, idealnya sekitar 27 derajat Celsius.

Apabila harus ditumpuk, penumpukannya jangan terlalu banyak dan disesuaikan dengan berat jenis ban sehingga tidak membuat ban menjadi pipih karena terhimpit.

Semoga bermanfaat.

1 KOMENTAR

Silahkan Komentar Di Bawah Ini