Ketika mobil Low Cost Green Car (LCGC) diperkenalkan 2-3 tahun yang lalu para produsen mobil murah ini ramai-ramai mengklaim biaya perawatan tidak bikin kantong konsumen jebol, kini setelah 2-3 tahun kemunculannya, OB tertarik untuk membandingkan biaya perawatannya.

image

Hasil yang ada diartikel ini merupakan murni dari hasil tanya bertanya OB kepada para pemilik mobil LCGC yang OB anggap disiplin dalam perawatan mobilnya, ada 4 mobil LCGC yang akan OB ulas antara lain Honda Brio Satya, Toyota Agya, Suzuki Karimun Wagon R dan sang fenomenal Datsun Go Panca dan Go+Panca, eitts…tunggu dulu mengapa OB sebut datsun mobil fenomenal, ya karena mobil ini merupakan mobil LCGC diawal kemunculannya sanggup menyaingi penjualan kompetitornya sampai saat ini.

HONDA BRIO SATYA
Pada mobil Honda Brio Satya perawatan selepas masa garansi habis (diatas 40.000 km) tidak jauh beda dengan saat masih garansi (dibawah 4000 km) perbedaannya hanya pada biaya jasanya saja, karena saat garansi biaya jasa free.

Pada mobil dengan pemakaian normal yang sudah mencapai jarak tempuh 60.000 km dilakukan perawatan berkala secara menyeluruh dengan biaya sekitar 1.1 jutaan, meliputi ganti oli mesin, bersihkan rem, pengecekan kaki-kaki, geometri roda, pengecekan minyak rem plus biaya jasa 600.000.

Namun jika hanya perawatan ringan seperti ganti oli mesin, periksa filter udara dan filter bensin biaya jasanya hanya 300.000.

TOYOTA AGYA
Perawatan berkala pada mobil ini yabg sudah melebihi masa garansi akan dikenakan biaya tambahan berupa biaya jasa, jika perawatan ringan berkala 10.000 km saat masih garansi konsumen akan mengeluarkan biaya 278.000 (oli mesin, ganti filter oli, paking) biaya jasanya free.

Tapi jika sudah mencapai 80.000 km biaya jasanya lebih mahal yaitu 519.000 karena jasa yang dilakukan adalah perawatan keseluruh bagian mobil.

SUZUKI KARIMUN WAGON R
Untuk mobil ini kilometer diatas 50.000 km akan dikenakan biaya perawatan berkala 344.000 (biaya jasa 112rb, oli gasket, oli mesin dan pajak 10%) jika masi masa garansi dikurangi biaya jasa.

Akan ada biaya lebih jika mobil mencapai 80.000 km, karena akan ada pengecekan menyeluruh untuk setiap bagian dengan biaya mencapai 1.266.600 (ganti oli keseluruhan, minyak rem, ganti busi, radiator coolant, filter udara, filter oli).

DATSUN GO PANCA & GO+PANCA
LCGC ini hampir memasuki usia ke 3 tahun, untuk perawatannya 40.000 km biayanya sama seperti servis biasa, karena mesinnya sama dengan Nissan March yakni HR12DE (1200cc) jadi perawatannya sama dengan Nissan March, masuk 40.000 km, untuk tune up biasa, pengecekan rem, drive belt atau tali kipas, sedangkan untuk oli transmisi baru masuk di 80.000 km atau 120.000 km baru ada pergantian.

Coolant radiator juga di 80.000 km, nah disini bisa diartikan jika perawatan mobil Datsun adalah perawatan bersifat Long Term alias perawatan panjang, jadi kalo masuk di 40.000 km belum ganti oli transmisi, dan ini merupakan kelebihan dari mobil ini.

Untuk biaya servis masuk di 40.000, biaya yang dibutuhkan 1.242.000 sudah termasuk spooring dan balancing.

Nah pembaca, data diatas meski bukan data yang 100% akurat karena beda bengkel beda kota bisa jadi biayanya nggak sama paling tidak memberi anda para pemilik mobil LCGC bagaimana biaya pengeluaran untuk kesehatan mobil anda.

OB terima kasih kepada para pemilik mobil LCGC yang OB ulas diatas antara lain bro Ian (Brio), Antok (Agya), Dian (Karimun) dan Irene (Datsun), artikel ini merupakan inisiatif OB sendiri karena OB tidak disuruh atau dibayar oleh pabrikan manapun biar gak dicap membela.

Sebelum meninggalkan blog ini, silahkan masukkan email anda jika berkenan mengikuti berita terupdate otomotif di blog ini, silahkan berkomentar jika anda suka artikel ini, dan silakan juga berkomentar jika anda tidak suka artikel ini, komentar anda membuat OB lebih bersemangat dalam mereview.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca artikel terkait :
Modifikasi

Datsun

Honda

4 KOMENTAR

  1. Saya akan mengikuti terus artikel anda, karena masalah perawatan mobil sangat penting bagi saya dan pemilik mobil2 yg lain, . . . . terima kasih

  2. bisa tolong beritahu sy, mobil lcgc manakah yg pantas sy beli dengan budget 110jt? sy kebingungan sekali

Silahkan Komentar Di Bawah Ini