Jumpa lagi pembaca, tentunya pembaca sudah menonton race di MotoGP Assen Belanda 2016 kemarin, namun bagi yang belum menonton tenang, ini masih proses Upload video Full HD tentang Race kemarin, harap bersabar yah, nanti bisa anda nikmati lewat smartpone anda dan bisa dijadikan koleksi.

Membahas lagi tetang race MotoGP Assen kemarin, Jack Miller membuat kejutan setelah 10 tahun tidak pernah memenangi gelar, Jack Miller sendiri merupakan rider kelas team biasa dan menggunakan motor Honda yang sama dengan Marquez namun dengan teknologi yang tidak bisa dikatakan setara, Jack Miller sendiri adalah pembalap yang melompat dari Moto3 langsung ke MotoGP, dan di race MotoGP Assen kemarin Jack Miller telah membuktikan bahwa dia bisa mengungguli pembalap kelas wahid dalam kondisi race yang sulit.

Namun hal lain yang peru kita bahas disini yaitu banyaknya rider yang jatuh, termasuk sang legenda hidup MotoGP Valentino Rossi, saya melihat tayangan ulang saat Rossi terjatuh dan mempelajari ternyata jatuhnya Rossi dan Dovi adalah sama, namun apakah penyebabnya?

Penyebab jatuhnya Valentino Rossi kemarin sangat diluar dugaan, Rossi termasuk pembalap yang punya prestasi bagus di sirkuit basah bahkan dijuluki sebagai Rain Master karena beberapa kali memenangi balapan di sirkuit basah, nah untuk mendukung kuat penyebab jatuhnya Vale, maka team Yamaha melihat data telemetri saat race, Yamaha YZR-M1 yang dipakai Valentino Rossi lebih kencang 5 km/jam di tikungan ke-9 dan ke-10.

Hal ini disebabkan karena setelah balapan dilanjutkan lagi, vale memakai ban dengan kompon soft berbeda dengan ban yang dipakai sebelum race stop karena hujan, saya berulangkali mengamati dan mereplay tayangan saat Vale terjatuh, saya fikir awalnya Vale kehilangan traksi di ban depan dan itu benar, namun ban depan bukan faktor penyebab penuh terjatuhnya M1, malah ban belakangnya yang menjadi penyebab Vale terjatuh….Loh kok Bisa, mari kita lihat deh.

Saat pakai ban belakang wet soft, cengkraman di roda belakang meningkat. Itu membuat akselerasi motor bisa lebih cepat dibanding sebelumnya. Celakanya Vale mengerem pada titik yang sama ketika pakai ban wet hard (Ban sebelum stop rain). Padahal, kecepatan motor lebih kencang sekitar 5-10 km/jam dari sebelumnya. Itu memaksa Vale mengerem lebih keras dan kehilangan traksi roda depan.

Ternyata bukan cuma Rossi yang jatuh karena ban belakangg, Andrea Dovizioso jatuh juga sama akibat ban belakang wet soft. Dengan ban belakang soft akselerasi lebih cepat.

Kemungkinan Dovi dan Rossi buka gas lebih awal tapi lupa kalau kondisi ban depan tetap sama. Rawan kehilangan traksi karena genangan air di trek.

(Sumber Crash)

Baca Artikel terkait :

 

6 KOMENTAR

Silahkan Komentar Di Bawah Ini