image

Pembaca otobalancing, adakah yg tahu sejarah motor M1 pertama kali dan bagaimana kiprahnya saat di musim pertamanya digeber di lintasan MotoGP?

Yuk kita flashback…hitung2 bagi fans Valentino Rossi lebih paham nih…

Pada akhir musim 2003, Valentino Rossi secara resmi bergabung dalam tim. Kepindahannya dari Honda membawa harapan banyak orang. Yamaha dianggap sebagai tim yang paling lengkap, dengan motor dan pengendara yang punya nama dan kemampuan.

Perubahan regulasi pada 2002, yang menghapus kelas 500 cc dan digantikan oleh kelas MotoGP, membawa banyak perubahan, saat itulah lahir Yamaha YZR-M1, sepeda motor empat silinder yang dikembangkan khusus oleh Yamaha Motor Company. Banyak yang meyakini dengan motor ini Yamaha bakal berjaya, yang kurang hanyalah pembalapnya.

Otobalancing mengutip di halaman RacemotoGP, Yamaha pun menyambut kedatangan Rossi dengan mempercepat pengembangan M1, Sang pimpinan proyek pengembanganYZR-M1, Koichi Tsuji, bereksperimen dengan sejumlah modifikasi mesin dalam upaya untuk meningkatkan daya. Setelah seraingkaian uji coba, ia akhirnya menggunakan konfigurasi empat katup per silinder.

Konfigurasi ini dibuat dengan tetap mempertahankan engine packaging inlineempat silinder. Penggabungan ini secara signifikan meningkatkan torsi.

Yamaha juga menurunkan pusat gravitasi untuk meningkatkan traksi atau daya cengkeram ban ke aspal dan desain motor pun dibuat agar mencapai aerodinamika maksimal. Alhasil, motor ini sangat tangguh di tikungan.

Alhasil di musim pertamanya M1 Rossi berjaya, Rossi akhirnya menang di GP pertama di Afrika Selatan. Valentino Rossi bahkan terus konsisten hingga akhir musim dan menjadi juara pertama MotoGP 2004.

artikel terkait :

Silahkan Komentar Di Bawah Ini