Salam pembaca otobalancing dimanapun anda berada, apakah diantara pembaca adalah pemilik Moge atau Big Bike? Atau pernah mencoba mengendarai motor ber cc besar tersebut?

image

Kalo belum di artikel kali ini OB akan melanjutkan pembahasan tentang artikel sebelumnya yg membahas tentang Big Bike, jika sebelumnya OB menceritakan tentang Big Bike 500 series dari Honda, kini OB akan membahas tehnik mengendarai Big Bike, mengendarai Big Bike ini harus butuh pengetahuan dan ketrampilan ekstra dan bukan hanya “Bisa karena Biasa”, mengapa OB bisa berkata demikian, karena sebelum menulis ini OB sempat bertemu dengan seorang teman yg mengaku sering mengendarai Moge seperti mengendarai motor harian pada umumnya, kok bisa ya…namun setelah beberapa lama berbincang baru ketahuan kalo yg OB ajak ngobrol cuman OMDO aja, wong OB tanya tentang jenis Big Bike aja jawabnya kayak orang bingung gitu kok.

image

Ok..lupakan tentang teman OB tersebut, langsung saja OB menshare ilmu yang OB dapat dari hasil diskusi bersama pakarnya yaitu Bro Dimas Instruktur Safety Riding MPM yang kemarin Juara 1 di ajang kompetisi Safety Riding Nasional dan September besok akan melawat ke Jepang untuk berkompetisi di level International, sumbernya mantap kan.

image

Bobot dan kapasitas mesin yang besar dibanding dengan motor biasa membuat Big Bike harus diperlakukan lebih dari motor harian, baik motornya dan pengendaranya harus benar2 siap ketika membawa Big Bike.

Kesiapan tersebut berupa kesiapan fisik, sebelum naik moge disarankan badan harus rileks kalo perlu pemanasan dahulu biar gak kaku dan tidak mudah capek, sedangkan kesiapan motor meliputi rem, lampu2, bahan bakar, ban, rantai, baut pokoknya keseluruhan deh, pastikan semua diperiksa sebelum berkendara, gak asal gass aja.

Penguasaan teknik mulai posisi paekir sampai siap jalan, untuk moge ada beberapa urutannya, antara lain :

1. Tengok segala penjuru untuk memastikan aman.
2. Tarik tuas rem sebelum meluruskan stang.
3. Pastikan gigi N sambil tuas rem tetap ditarik.
4. Bebaskan standart motor dengan kaki kiri.
5. Naikkan kaki kanan di pedal rem
6. Nyalakan mesin

Saat parkir :

1. Masukkan persneling di gigi N atau 1
2. Tekuk stang ke kiri agar kalo tersenggol gak maju kedepan.

Untuk teknik pengereman dan menikung, silahkan pembaca baca link ini…KLIK DISINI.

Baca artikel terkait :

Bagaimana Tanggapan Anda :