Pembaca otobalancing, slider merupakan salah satu fitur aksesoris yang biasa dipakai di motor sport saat ini, fungsi utamanya yaitu untuk melindungi body dan mesin kala terjatuh atau roboh, dan pemasangannya biasanya di bagian rangka, maka dari itu fitur ini dinamakan FRAME SLIDER.

Karena fungsinya untuk menahan benturan kala terjatud atau roboh maka bahan slider ini umumnya terbuat dari bahan yang bisa menyerap atau tergerus untuk meredam benturan, salah satu bahannya ada yang dari hard nylon, berbeda dengan teflon dimana bahan ini terlalu lunak, jadi lebih ke peredam getaran, bukan pada benturan.

Namun saat ini sering ditemui slider berwarna warni yang terbuat dari logam, dimana fungsinya beralih kepada fasion dimana penempatannya juga terbilang ekstreme, di rangka, knalpot, bahkan as roda pun gak luput dipasangin slider variasi ini.

Menurut seorang teman (sebut saja Parjo) mengatakan kepada otobalancing bahwa “meski menghilangkan fungsi slider sebenarnya namun warna yang menarik ini membuat motor saya keren dan enak untuk dilihat, ya karena saya lebih ke estetika motor, lagian jarang kebut-kebutan juga”.

Ya memang sih hak setiap pemilik kendaraannya untuk mempercantik dan memperkeren motornya, namun tetap saja berbahaya, lo kok bisa….

Gini brosis, bahan logam merupakan bahan yang keras, jika terjadi crash (gak minta ya) terus slider logam ini berkontak dengan aspal, maka akan dapat memercikkan api, brosis bayangkan ya jika slider tersebut memercikkan api kemudian sampai atau mengenai bahan bakar (loh kok bisa…ya bisa lah, namanya aja musibah) maka motor akan mudh terbakar, bukannya keren atau cantik malah hangus dilalap api.

Akibat terburuk selanjutnya, jika slider terbuat dari logam dan berada di rangka, akibatnya sesama logam akan beradu, dan dikwatirkan rangka motor bisa kalah minimal bengkok dan parahnya patah, nah…jika pembaca sudah tahu tentang fungsi sebenarya slider, bahannya dan resiko bahayanya, maka pertimbangkan kembali membeli slider dari bahan logam.

Semoga bermanfaat

Silahkan Komentar Di Bawah Ini