Jika kemarin OB menyampaikan berita nominasi LCGC terbaik 2016 adalah Brio Satya, kali ini OB akan membandingkan penilaian sendiri tentang mobil LCGC yang beredar di Indonesia.

Untuk itu perbandingan kali ini hanya ada 3 mobil, yaitu :

Datsun Go

image

Toyota Agya

image

Karimun Wagon R

image

Kenapa gak ada Brio ya? Sengaja OB gak membandingkan Brio karena saat ini Brio sudah mahal, harga Brio manual bisa beli Agya Matik atau Karimun Matik jadi OB menganggap Brio bukan LCGC

Kok gak ada Alya? Kan ada Agya, secara Agya labelnya kan Toyota jadi lebih prestise gitu, oke kita lanjut ya perbandingannya, nanti kita nilai sama-sama manakah LCGC yang terbaik?

AGYA
Toyota Agya berbagi platform dengan Ayla namun ada perbedaan menonjol pada sisi depan yang terlihat lebih oke, bodi lebih proposional dibanding Karimun di belakang merupakan satu satunya mobil yang mempunyai wiper belakang dan dua buah airbag sebagai standart, elektrik mirror, keseluruhan komplit sih cuman cukup mahal kalo kita beli dengan seri TRD Sportivo.

KARIMUN WAGON
Sebenarnya mobil ini masih sama dengan versi sebelumnya cuman ada perubahan dari segi wajah yang terlihat mewah, kalo OB sih ini mewahnya Suzuki bukan kata OB loh, tapi mobil ini satu-satunya mobil LCGC yang mempunyai projector headlamp meskipun hanya halogen biasa.

DATSUN GO
Dari kedua mobil yang OB bandingkan Datsun merupakan mobil yang paling sedap dipandang meskipun stadartnya menggunakan pelek kaleng dibalut ban strada dan dof plastik, padahal untuk bodikirt tergolong lengkap depan dan belakang, namun meski begitu untuk versi hatsback merupakan mobil paling murah dari kedua mobil diatas.

INTERIOR
Masuk ke interior di Agya memang paling lengkap, build kualitas bahan material bagusan dikit dibanding Datsun atau Agya, suara kabin kesemuanya karena menggunakan mesin 3 silinder maka masih terasa getaran dan terdengar suara mesinnya, untuk headsystem Datsun meskipun hanya memiliki 2 spiker namun gak mengalahkan Agya dan Karimun yang mempunyai 4 spiker.

JOK BELAKANG
Agya mempunyai jarak headromm dan legromm yang lega dan mempunyai headrest satu-satunya dari kedua mobil tadi.

BAGASI
Datsun dan Agya mempunyai bagasi yang sama-sama luas, sedangkan karimun sangat sempit

TEST DRIVE
Karimun mempunyai rasa berkendara yang oke banget dibanding Datsun dan Agya, handlingnya terasa nyaman namun performa mesin kayaknya masih lumayan Datsun, transmisi masih lumayan Datsun dan Karimun dibanding Agya, untuk suspensi antara ketiga mobil ini kurang lebih sama namun Agya mempunyai grip ban yang lebih bagus dari Datsun.

Untuk Datsun OB menilai nih mobil kecil kecil caberawit, artinya meskipun harganya paling murah dibandingkan LCGC yang lain tapi mempunyai performa yang sangat oke dibanding kedua mobil lainnya.

Untuk keheningan mesin saat berkendara, ketiga mobil memang masih terdengar suaranya, namun Datsun saat dipacu dikecepatan tinggi menjadi hening dibanding Agya namun gak lebih baik dari Karimun.

Dan kalo pembaca ingin LCGC yang nyaman, posisi Karimun berada di tengah, meski suspensinya gak senyaman Datsun dan Agya namun masih lebih baik dari Brio.

Oke…sampai kita di penghujung artikel, sebenarnya agak susah juga karena Agya dengan fiturnya yang lengkap, dan Karimun yang lumayan nyaman namun Datsun yang Murah menyulitkan OB untuk memberikan penilaian, memang penilaian OB pastinya gak akan sama dengan penilaian pembaca, dan menurut penilaian OB, sebenarnya Agya dan Datsun sama-sama menjadi terbaik namun dengan harga murah menjadikan nilai plus diantara mobil LCGC lainnya, kalopun ingin diupgrade mendekati seperti Agya, Datsun sangat bisa dan harganya bisa setara atau lebih murah ditangan para modifikator berotak laksana liquid alias otak encer.

Dan mobil LCGC terbaik versi otobalancing (OB) adalah :
1. Datsun Go
2. Agya
3. Karimun

Nb : hasil penilaian ini merupakan penilaian pribadi OB tidak ada sangkut pautnya kepada pihak tertentu dan OB tidak dibayar atau diamplopin oleh salah satu pihak.

Bagaimana menurut pembaca OB, manakah yang terbaik menurut versi kalian

Baca artikel terkait :

2 KOMENTAR

Silahkan Komentar Di Bawah Ini