Pecinta dunia balap MotoGP dimanapun berada, seri Catalunya Spanyol telah berakhir tadi malam dan Valentino Rossi membalas kegagalan seri Mugello dengan menjuarai seri Catalunya ini, ada hal menarik sebenarnya tentang Valentino Rossi saat menjuarai seri ini namun akan saya pisahkan artikelnya karena putusan dari Federasi Motorsport Internasional (FIM) untuk rider Ducati Iannone yang telah menabrak rider Yamaha Lorenzo pada lap 17 telah turun.

Kronologi

Kejadiannya bermula saat Iannone mencoba mendahului Jorge Lorenzo untuk mengambil posisi kelima di tikungan. Iannone yang masuk tikungan dengan kecepatan tinggi menabrak bagian belakang motor Lorenzo dan menyebabkan keduanya harus menghentikan balapan lebih cepat.

Dalam tayangan video menyebutkan jika Iannone sudah berupaya untuk mengerem secara keras, namun hal ini tidak membuat Iannone benar, justru FIM menganggap aksi Iannone itu salah dan membahayakan. Akibatnya, FIM menjatuhkan hukuman sebanyak 3 poin kepada pembalap asal Italia itu.

FIM juga menghukum Iannone start dari posisi paling belakang di seri Assen (Belanda) besok 26 Juni 2016 karena Iannone sebelumnya sudah mendapatkan hukuman 3 poin saat menabrak rekan setimnya Andrea Dovizioso pada seri MotoGP Argentina 3 April lalu. Secara akumulasi, Iannone sudah mendapat 6 poin hukuman.

Lorenzo Marah Besar

Sedangkan bagi Lorenzo tabrakan tersebut merupakan sebuah kerugian yang sangat besar, dimana Lorenzo berusaha keras berjuang menjaga klasemen pembalap namun pada seri Catalunya Lorenzo terlihat tidak kompetitif seperti seri-seri sebelumnya bahkan mengalami crash dengan Iannone,

“Apa susahnya sih minta maaf? Saya terbang dihajar motor Andrea. Sepersekian detik saya langsung takut ada yang patah di badan saya. Syukur enggak papa. Anehnya Andrea malah nanya motorku, bukan keadaanku,” jelas Lorenzo.

Bagi Jorge Lorenzo, Andrea Iannone sudah beberapa kali melalukan yang membahayakan pembalap. Terakhir kali terjadi sama Andrea Dovizioso musim ini. Kejadiannya mirip dengan insiden dengan Jorge, saat mau masuk tikungan Andrea Iannone menyeret Dovizioso keluar lintasan saat di MotoGP   Argentina, April lalu.

“Ya saya minta maaf. Tapi, saya anggap enggak salah. Saya melakukan titik pengereman yang sama dengan Jorge Lorenzo,” timpal Andrea Iannone saat diwawancari media Spanyol, Marca. 

Berikut Videonya :

Silahkan Komentar Di Bawah Ini