Astra Honda Motor (AHM) baru-baru ini telah merilis 3 Big Bike 500 seriesnya, antara lain CB 500F, CB 500X dan CBR 500 R, namun dari kesemua itu yang paling menarik perhatian otobalancing (OB) adalah CB 500X, salah satu varian yang bertipe crossover, tak ayal saat sabtu (28/5) dalam acara Safety Riding Course MPM bersama Honda Blogger Community Jatim yang diadakan di MPM Part Center Sedati di gedung Learning Center, terlihat sosok Big Bike CB 500X yang sangat OB idam-idamkan karena tampilannya yang adventure banget, dan Big Bike ini dibawa oleh Bp. Denny PIC Big Bike MPM Simpang Dukuh Surabaya.

Banyak hal yang OB tanyakan saat acara kemarin terutama tentang Big Bike baik CB500X nya maupun bagaimana aturan mengendarai Big Bike baik kepada Bp. Denny dan Bro Dimas sebagai Instructor Safety Riding MPM, namun untuk artikel ini OB akan bercerita dahulu tentang CB 500X ini dulu ya.

Baca juga : Safety Riding Course MPM bersama Honda Blogger Community Jatim

Sekilas terlihat bahwa CB 500X ini memiliki aura Adventure yang kental banget, dan jelas banget kalo CB 500X ini dibuat untuk memenuhi hasrat pecinta motor gede yang gemar melakukan touring jarak jauh, bahkan OB salut kepada AHM karena melihat secara jeli pangsa pasar yang gak banyak dihuni oleh merek lain.

Honda CB500X memiliki body yang memanjakan jiwa petualang. CB500 X dibekali sistem pengereman ABS, di mana sistem ABS ini akan membantu pecinta motor petualang ketika melakukan pengeremen di jalanan yang licin.

First Imprestion CB 500X

Di roda depan, motor ini juga diberi rem cakram dengan dua piston sementara bagian belakang hanya satu piston. Untuk suspensi, Honda menyematkan generasi terbaru mereka, pengendara dapat lebih mudah mengendalikan kendaraannya di jalanan.

Untuk suspensi belakang sangat nyaman karena menggunakan monosock yang dilengkapi 9 pengaturan, Honda CB500X memiliki desain sporty karena desain lampu berbentuk V dengan penutup bening pada bagian atas speedometer menambah kesan indah. Di bagian speedometer, sama dengan motor Honda lainnya menggunakan tipe digital yang memudahkan penggunanya, namun tetap dibekali mesin PGM-FI yang membuat irit konsumsi bahan bakarnya.

Baca juga : Games Safety Riding BASETA, Belajar Tertib Lalin dan Lolos Ujian SIM

Untuk mesin, Honda membekali motor ini dengan mesin 2 silinder tipe pararel twin dengan pendingin liquid. Sementara kapasitas mesin jauh melebihi tipe CB500R karena tipe ini memiliki kapasitas 471 cc, untuk rangka, frame baja dengan Diamon Chasis sehingga nampak elegan degngan knalpot dari bahan anti karat berwarna chrome, sehingga nampak gagah dan elegan.

Harga CB 500x

Dengan banderol harga Honda CB500X yang tak semahal CB650F atau CBR650F, PT AHM memang menyasar konsumen yang baru saja ‘terjun’ di dunia motor gede. Kisaran harga Honda CB500X ini memang sangat cocok bagi penunggang moge level pemula karena harganya tak semahal moge premium Honda lainnya, seperti CBR1000RR SP atau Honda NM4 Vultus. Selain harga yang cukup ‘terjangkau’ bagi penggemar moge pemula, spesifikasi mesin Honda CB500X pun juga merupakan spesifikasi kelas menengah yang membuat motor ini akan mudah dikendalikan oleh rider motor gede pemula. Nah, buat Brosis yang baru saja bergabung dengan komunitas moge, rasanya harga Honda CB500X yang tak sampai Rp 150 juta ini merupakan sebuah pilihan yang sangat menarik.

 

4 KOMENTAR

Bagaimana Tanggapan Anda :