Pecinta MotoGP….
Anda fans Valentino Rossi?
Atau fans Marc Marquez?
Bahkan Jorge Lorenzo?

image

Pasti dibuat gemes dengan jagoan anda yang kadang kompetitif namun juga tidak karena berbagai alasan baik itu masalah motor atau ketidaksesuaian ban yang tidak bersahabat dengan trek, namun disamping itu ada satu penyebab yg melatarbelakangi semua, apakah itu? Mari kita kupas bersama.

Pembaca pasti sudah mengetahui jika penyeragaman software membuat peta kekuatan team menjadi kompetitif, ya benar sekali hal ini dikarenakan Magneti Marelli sebagai pemasok tunggal ECU pada musim 2016.

image

ECU Magnetti Mareli AGO 340 digunakan sejak MotoGP Jerez 2013. Setting-an ECU yang disebut Unified Software musim ini berbasis software Open Bike pada tim satelit.

image

Hal ini menjadikan team besar seperti Repsol Honda, Yamaha, Ducati bahkan Suzuki tidak akan mempunyai ECU sendiri yang bersifat rahasia, jadi ketika terjadi masalah pada software ECU seperti pernyataan saat VR46 ngebul di Mugello, pabrikan harus mengajukan ke direktur teknis dan memberikan penjelasan terkait alasan ubahan yang akan dilakukan untuk mengatasi masalah.

Sehingga, MotoGP tahun ini bisa dibilang mengandalkan ECU standar. “ECU milik pabrikan seperti tahun lalu memakai sistem adaptif yang menyesuaikan setelan secara otomatis terhadap kondisi ban dan konsumsi bensin. Itu tak bisa lagi dilakukan di ECU standar,” kata Direktur Teknologi MotoGP, Corrado Cecchinelli.

Sumber Crash

Baca artikel terkait :

1 KOMENTAR

Silahkan Komentar Di Bawah Ini