image

Siang ini OB dan keluarga kecil bertandang di sebuah dealer Nissan di Surabaya OB tertarik dengan sebuah panel kecil yang ternyata merupakan fitur pengaman agar pintu mobil tidak terbuka oleh ulah iseng si kecil yang bernama Child Lock.

Awalnya sebelum tau fitur tsb, OB saat mau keluar agak kikuk pasalnya handle pintu OB tarik gak mau respone, untung aja langsung ingat dan langsung cari fitur ini di pintu sebelah dan ternyata ada, akhirnya keluar dari pintu lainnya dan membuka pintu sebelah dari luar.

Fitur Child Lock ini merupakan piranti keselamatan standart yang ada di mobil termasuk Datsun ini, umumnya terletak di baris kedua kanan dan kiri, maka dari itu saat OB gak bisa keluar dari sisi kiri OB langsung keluar dari sisi kanan, tujuannya agar pintu tidak dapat dibuka oleh anak2 dari dalam makanya disebut Child Lock.

Sudah wajar namanya anak-anak dimana rasa ingin tahunya sangat besar dan anak2 gak peduli saat mobil berada saat diam atau bergerak anak2 bisa membuka pintu dengan mudahnya, bisa dibayangkan kalo pas jalan tiba2 pintu dibuka oleh anak2 dan menghantam pengendara lain atau objek lainnya.

Sebenarnya orang tua mempunyai peranan besar disini apalagi saat berkendara bersama, orang tua terkadang lupa mengaktifkan Child Lock ini, tapi jangan salah kaprah dengan Child Lock ini, karena orang tua harus tau kapan berguna dan kapan tidak.

Contohnya seperti saya tadi, bayangkan jika saya anak kecil yang ditinggal di mobil dengan pintu dan kaca mobil tertutup rapat, dan AC menyala, bagaimana jika terjadi sesuatu didalam dan anak tidak dapat mendapatkan kesempatan untuk memberikan peringatan kalo dia mengalami bahaya.

Jalan satu satunya ya meski mengaktifkan child lock kaca mobil harus dibuka walau gak banyak agar ada sirkulasi udara, nah orang tua bekali diri dengan ilmu keselamatan teknis berkendara.

image

Jangan tergoda menaruh anak anda di jok depan tengah ya.

Baca artikel terkait :

Silahkan Komentar Di Bawah Ini