image

Kali ini otobalancing mertamu di rumah sodara yang juga rider Ninja 250, setelah ngobrol sana sini ada sebuah pertanyaan yg membuat OB terkejut bukan main, karena meminta OB menjawab “Bisa gak rem ABS dicopot?”.

Hal yang membuat sodara OB menginginkan ABS nya dicopot karena ketidak percayaan dirinya dengan rem tipe ini, seakan-akan tidak pakem, dan tentu saja OB menjawab jangan tapi tetap disertakan alasannya yg OB tau mengenai rem tipe ini.

image

Rem ABS (Anti Lock Braking Sytem) itu berhubungan dengan perangkat elektronik bermana ABSCM (Anti Lock Brake System Module) pokoknya pada alat itulah rem ABS dikontrol, jadi cara kerjanya setelah dari master rem minyak terpompa ke modul tersebut kemudian tekanan minyak dilepas tekan dalam hitungan detik baru tekanan menerus ke kaliper.

Jadi kalo mau melepas rem ABS ya cuman cukup melepas alat ABSCM itu saja, cuman aneh saja dimana rem canggih ini malah dilepas.

Menyinggung rasa percaya diri yg diutarakan sodara saya, akhirnya OB menjelaskan dengan jalan merasakan dengan benar dan mempelajari karakter rem tersebut, memamg benar sih kalo memakai rem ABS ini seperti tidak pakem, kan memang proses lepas tekan berkali kali dalam hitungan detik.

Namun justru disitu kelebihannya, rem ABS justru lebih pakem dan menghindari proses ngelock, ditekan keras tiba2 tidak membuat roda terkunci bahkan dlosor.

Saran OB kepada sodara, pikir ulang kalo ingin melepas ABS, karena keselamatan justru dipertaruhkan ketika pengereman mendadak, sekali lagi dipikir ulang sebelum melepas rem tersebut.

Baca artikel terkait :

2 KOMENTAR

Silahkan Komentar Di Bawah Ini