Pembaca otobalancing dimanapun berada, setelah melalui proses panjang dan juga menegangkan akhirnya proses peluncuran BRIsat di Guyana, Prancis, Amerika Selatan, Minggu (19/6/2016) sukses dilakoni, dan dengan ini PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI) berhasil menorehkan sejarah dalam sistem telekomunikasi sebagai bank pertama dan satu-satunya di dunia yang memiliki dan mengoperasikan satelit sendiri, kudu bangga nih Bank milik pemerintah loh.

Diharapkan dengan beroperasinya satelit ini maka secara ekonomi kehadiran BRIsat dapat memberikan layanan terbaik yang mendukung usaha nasabah, menciptakan integrated payment system pada retailers, wholesales, asset tracking and monitoring, serta efisiensi transaksi keuangan, yang pada akhirnya manfaat tersebut dinikmati oleh masyarakat.

Dibutuhkan perhitungan yang matang untuk mimalisir kesalahan sekecil apapun, baik secara teknis maupun gangguan dari luar seperti cuaca, setelah peluncuran ini sukses, BRIsat masih berada dalam tanggung jawab Space System/Loral (SSL) sebagai pembuat satelit. Di mana ada dua tahapan lagi yang harus dilewati. Pertama, masuk orbit sekitar 10-12 hari. Kedua, handover dari SSL.

BRIsat sendiri akan mengorbit di slot 150,5 derajat Bujur Timur pada ketinggian 36.000 km di atas Papua. Slot ini strategis karena BRIsat dapat menjangkau wilayah Indonesia, ASEAN, dan Asia Timur. Setelah proses tersebut selesai, setelit ini akan diserahkan secara resmi kepada Bank BRI, yang diperkirakan pada Agustus mendatang.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sumber : Harian Kompas

Bagaimana Tanggapan Anda :