Masbro…sopo seng gak gregetan saat biker salah namun gak mau disalahkan, sudah mengakibatkan kerugian materiil pada motor korban dan luka pada tubuh korban dimana saat itu juga membawa serta istrinya, kejadian ini dialami oleh salah satu biker Vario di daerah Tuban Jawa Timur yang menumpahkan kekesalannya kepada OB karena ada biker CBR yang tidak melihat spion saat belok, hal ini dikarenakan spion biker CBR tersebut dilipat, dan sepertinya fenomena  spion motor dilipat ini gak hanya berlaku di motor sport saja, namun juga di matik, bebek juga ditekuk kedalam.

Sebut saja kang Budi yang menulis email kepada OB, dan topik yang diangkat adalah tentang spion yang dilipat dimana mengakibatkan blind spot sehingga saat berbelok tidak mampu melihat motor di sebelahnya…

Berikut Email dari Kang Budi :

“Kang aku mau curhat, tadi pagi saat nganterin istri ada biker CBR yang ngawur, dimana saya posisi ada di samping kiri dia tepatnya di setengah bodi dengan dia, secara tiba2 dia langsung berbelok kekiri sehingga ban depan Vario saya menyentuh bodi motor dia sehingga saya dan istri akhirnya jatuh, kondisi motor rusak di fairing kiri dan setang bengkok di sebelah kiri karena jatuhnya di kiri, saat saya jatuh saya teriakin rider itu untuk minggir, setelah ada bapak tukang penjual soto menghadang barulah dia minggir…setelah saya dibantuin sama orang2 disitu saya menghampiri, namun hal yang gak sangka terucap dari rider CBR itu dimana dia gak merasa salah dan berbalik menyalahkan saya, kemudian saya menanyakan tentang spion dan kenapa dilipat, berarti dia gak lihat spion…malah gak terima. Saya sebagai biker komunitas miris sekali kang dengan kejadian ini, saya lihat yang pakai fairing kebanyakan dilipat…tolong ya kang dimuat di artikel dan dibahas masalah ini, dan karena saya bawa istri dan gak ingin ribut karena istri saya menangis kesakitan, saya gak memperdulikan dia, namun ternyata dia malah cuek dan pergi…”.

Nah…kejadian juga toh, fenomena ini melanda di hampir semua kalangan, terutama yang mempunyai motor sport, OB pernah bertanya kepada rider yang seperti ini dimana ada alasan yang membuat mereka melipat spion tersebut, yaitu :

  1. Biar gampang menuver dan nyelip-nyelip
  2. Aerodinamika motor

Alasan diatas seperti mencerminkan perilaku seorang biker yang seakan tidak peduli akan keselamatan diri dan pemakai jalan yang lain..sekaligus mencerminkan rendahnya skill berkendara rider tersebut, apalagi ada yang mengganti spion dengan yang lebih kecil dari standartnya, padahal bagi pengguna motor terutama motor sport (yang sering melipat) , sudah jadi konsekuensi bahwa tubuh gambotnya akan sulit bergerak gesit di kemacetan, Namun ada kalanya spion tidak digunakan, misalnya ketika balapan di sirkuit. Spion dan plat nopol wajib dilepas….!! Agar jika jatuh tidak pecah dan membahayakan pembalap lain.

OB pribadi mempunyai pandangan dimana saya juga sering membawa motor fairing dan di motor naked pun tidak pernah mengganti atau melipat spion, karena sejatinya spion motor fairing terutama berfungsi agar dapat memperkirakan apakah sebuah celah diantara kendaraan dapat dilewati atau tidak, jika tidak dapat dilewati…??? ya anda kudu berhenti di belakang kendaraan tersebut dan mempersilakan motor-motor lain yang muat untuk melewati celah tersebut…kalo gak mau yo tuku ae matik cak…ojok kakean gaya beli motor sport atau sport fairing tapi kelakuan BODO.

Dan yang paling penting masbro dengan sampeyan tidak melipat spion memungkinkan sampeyan tidak akan mampu mengambil keputusan mendadak ketika hendak manuver dan berpindah lajur seenaknya…dengan itu sampeyan bisa waspada dan biker lain pun juga aman.

Nah masbro…jika sampeyan mempunyai teman yang masih ngeyel melipat spion sampeyan tunjuk artikel ini, dan kalau masih ngeyel, berarti teman sampeyan wis taraf dableg akut…dan kalo sudah begitu…wes jarne ae masbro…gak usah dieyel nanti malah eker.

Artikel Terkait :

Silahkan dibaca artikel terbaru lainnya :

11 KOMENTAR

  1. Kalau saya ngelipetnya pas ‘nyelempit’ di tengah 2 mobil. Bukan mengabaikan keselamatan, tapi guna menghindari senggolan dengan mobil. Meskipun terkadang cuek, tapi untuk mengantisipasi sopir yang arogan. Setelah berhasil keluar di antara selempitan ya saya buka kembali kedua spion saya

  2. Ane yakin itu motor vario mau nyalip dari kiri
    Yang salah varionya ngapain nyalip dari kiri hahahahay

      • Sekarang gini bang
        Ngapain tuh vario dikiri?
        Udah tau ada motor didepannya ya jaga jarak dong?
        Gw juga gak membenarkan spion dilipat
        Yang masalah varionya ada dikiri motor orang
        Kecuali CBRnya nyalip terus langsung belok kiri . Nah yang salah cbr nya

        Kalo ini sih gw yakin pario yg salah wkwkwk jelas jelas ngapain dikiri kenceng lagi . Kalo pelan gabakal nabrak wkwk

        • Posisi jalan pelan 40 km, di kiri karena memang pelan, kalo jalan kencang pasti di kanan, cbr posisi dikanan langsung belok kekiri krn mau menyalip…emang salah ya kalo vario di kiri dengan kondisi seperti itu…kalo anda melihat dan membayangkan malah gak ada yg salah dari vario…cbr nya yg overtaking tanpa melihat sisi kirinya…cobak kalo lihat spion…kan tau ada vario di sisi kiri dan gak langsung belok kiri….

          Heran…kok varionya yg disalahkan

          • Kalo emg bener cbr yang nyalip dan nikung langsung belok berarti yang salah cbr nya
            Di tulisan ente gak mencantumkan vario jalan 40km . Dan tidak mencantumkan tulisan cbr nyalip

            • “dimana saya posisi ada di samping kiri dia tepatnya di setengah bodi dengan dia, secara tiba2 dia langsung berbelok kekiri sehingga ban depan Vario saya menyentuh bodi motor dia sehingga saya dan istri akhirnya jatuh”

              Tulisan ini sudah cukup mewakili menurut saya

              • (dimana saya posisi ada di samping kiri dia tepatnya di setengah bodi dengan dia)
                Artinya vario mau nyalip dari kiri boskuh tolong dipahami kata katanya

  3. Sepertinya semua kendaraan di jaman now wajib punya actioncam….krna klo cerita gini pasti saling membenarkan terlepas dr spion lipat/lepas atau bahkan bawa spion ga bawa motor….bnyk kmngknan soalnya….misal vario tau si ceber lipat spion lantas saat kekiri vario enggan kasih dan lbh pilih gas konstan krn yakin dia benar mau gimana hayooo …kita bijak aja lah dan saling menghargai saat dijalan…note menghargai bukan tuk orang lain saja tp keselamatan sendiri apalagi bawa anak istri…btw sueerr sy paling anti lipat spion dlm kondisi apapun mau macet mau lg mencret atau lg kepelet krna entah knpa klo ga ada spion bawaannya pengen liat blkng trs alhasil bawa motor jd ga konsen…..udah gitu aja 😁

Bagaimana Tanggapan Anda :