image

Hasil nimbrung istri sama tetangga yang kebetulan seorang tenaga kesehatan alias perawat disebuah rumah sakit khusus bayi, awalnya ada seorang tetangga yang saat anak balitanya tidur trus dibangunin trus nangis, pas nangis sang bayi malah diberi susu, bu perawat tadi menegur karena itu adalah jam biologisnya sang bayi, jangan dibangunkan apalagi diberikan susu dengan alasan agar tidak nagis di jalan, istriku cuman nglus dadanya OB kang hehehe…

Bagi anda yang punya bayi berusia 0-12 bulan, kata bu perawat kalo mau bepergian hendaknya kenali pola tidurnya karena tidur mereka beda dengan oranv dewasa, ya bener juga ya.

Anak mempunyai jam tidur yang ritmenya berbeda seiring dengan umurnya.

Beda Siang dan Malam
Nama perawat adalah Bu Karti, pas OB mau foto beliau menolak, tapi saat OB minta penjelasan beliau OK asal syaratnya jangan difoto…OK 86 Bu Karti, semoga info panjenengan menjadi manfaat banyak orang dan pahala mengalir deras.

Ada perbedaan jam tidur anak baik malam dan siang melalui pendekatan usianya, usia 1 bulan waktu tidur malam bayi adalah 8 jam setengah, sedangkan siang hari berubah menjadi 7 jam jadk total waktu tidurnya 15 jam setengah.

Usia 3 bulan waktu tidur malam 10 jam sedangkan siang hari berubah 5 jam jadi total 15 jam.

Usia 6 bulan waktu tidur malam 11 jam, sedangkan siang menjadi 3 jam 25 menit sehingga total 14 jam 25 menit.

Usia 8 bulan waktu tidur malam 11 jam sedangkan siang hari menjadi 3 jam jadi total 14 jam.

Usia 12 bulan waktu tidur malam 11 jam 25 menit dan siang hari 2 jam 50 menit jadi total 13 jam 75 menit.

Jam Aktif
Selain Bu Karti menjelaskan harus mengenali jam tidur anak, orang tua harus mengenal juga jam aktif balita terutama pada malam hari.

Biasanya balita terbangun sekitar pukul 00:00-02:00 sampai jam 04:00, biasanya jam segitu mereka mulai aktif, namun adakalanya berubah karena beberapa faktor bisa jadi suhu lingkungan, kondisi tubuh anak sampai kebisingan.

Bukan tidak mungkin mereka juga terlihat saat siang hari pasif tapi malam hari aktif, kalo nangis biasanya kalo gak lapar ya haus.

Siapkan Kebutuhan
Karena berpotensi terjadi aktifitas yang berubah-ubah karena kondisi di perjalanaan, orang tua perlu menyiapkan berbagai kebutuhan.

1. Pakaian pengganti secukupnya
Pakaikan pakaian yang mudah menyerap
2. Popok
3. Krim
4. Tisu Basah
5. Botol susu
6. Susu formula (jika tidak ASI)

Bu Karti mengingatkan bahwa “Catatan penting bahwa tidak perlu obat-obatan khusus karena usia 0-12 bulan belum dianjurkan mengkonsumsi Obat, terkecuali dalam kondisi demam bisa diberikan Parasetamol khusus balita dengan dosis yang ditentukan”.

“Anak dibawah umur rentan dengan perubahan suhu, disarankan agar memakai paling tidak minyak kayu putih atau telon agar badannya hangat dan terhindar dari gigitan nyamuk, kalo perlu sediakan krim khusus agar terlindung dari sengatan sinar matahari”, jelas Bu Karti.

Sumber : Bu Karti, perawar khusus anak RSUD Surabaya, berpengalaman 25 tahun di bagian Anak.

Nah para orang tua, saat akan perjalanan jauh kenali dulu ya Jam Biologis Anak.

Baca artikel terkait :

Silahkan Komentar Di Bawah Ini