Jumpa lagi pembaca, artikel jelang mudik lebaran wes pasti isinya tentang tips dan berita seputar mudik, dan selamat datang kepada pelanggan lama dan pelanggan baru serta terima kasih masih setia mantengin blog ini, artikel kali ini merujuk tentang fenomena melumasi rantai, sepele namun gak banyak yang tau kelebihan dan kekurangannya pokok’e rantai gak gembrasak/berisik aja.

Bagi sebagian rider kalo menemui di bengkel-bengkel pasti setelah menyetel rantai melumasinya dengan oli, sebenarnya baik gak sih melumasi dengan oli itu, karena ada yang berkata gak baik ada juga yang gak masalah, nah disini otobalancing kebetulan mendapat pencerahan dari sumber yang terpercaya tentang hal ini.

Usia rantai sepeda motor biasanya akan lebih pendek apabila sering terkena air, debu serta minimnya perawatan yang diberikan. Air disebutkan dapat membuat rantai mengalami korosi dan debu dapat menyebabkan rantai cepat kendur.

Perawatan paling mudah untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah melumasi rantai motor dengan pelumas/oli, banyak pengendara atau bengkel lebih memilih menggunakan oli mesin bekas untuk melumasi rantai.

Pertanyaannya, benarkah cara demikian?

Penggunaan oli bekas itu tidak disarankan, karena dapat membuat rantai motor lebih cepat kendur dan melar. Sehingga lebih baik rantai motor itu menggunakan pelumas rantai dan hindari penggunaan oli bekas.

Penggunaan oli bekas itu dapat merusak komponen-komponen yang ada dirantai, seperti o-ring. Sehingga rantai motor itu harus menggunakan pelumas tersendiri, seperti chain lube (pelumas khusus rantai)

Trus bagaimana dengan Minyak Goreng?

Kebetulan saya termasuk yang melakukan hal ini, dan bahan juga pembaca, kan, nah bagaimana nih tentang minyak goreng, aman atau tidak?

Mengambil info dari WeLove Honda bahwa menggunakan oli bekas untuk rantai juga tidak disarankan. Sebab, penggunaan oli bekas justru akan membuat kotoran semakin cepat menempel di rantai. Selain jadi cepat kotor dan tak elok dipandang mata, tentunya memengaruhi kinerja rantai.

Lalu bagaimana jika pelumas rantai habis? Ternyata ada alternatif daruratnya. Anda bisa menggunakan minyak goreng buat melumasi rantai. Namun demikian, jangan pakai minyak jelantah.

Keunggulan menggunakan minyak goreng buat melumasi rantai adalah warnanya yang bening sehingga rantai terlihat bersih. Selain itu, minyak goreng tentu lebih mudah didapat. Namun tentunya penggunaan minyak goreng juga punya kelemahan. Salah satunya adalah daya tahannya yang tidak sekuat pelumas rantai. Jadi Anda wajib sering-sering mengecek kondisi rantai, apakah sudah kering atau belum.

Semoga bermanfaat ya masbro, itung-itung nambah pengetahuan, dan jika anda suka dan mengambil manfaat dari artikel ini tolong bagikan supaya akan banyak yang mengetahui info ini, dan sebelum keluar jangn lupa untuk subcribe dengan mencantumkan alamat email di kolom bawah yang tersedia agar anda secara otomatis akan mendapatkan berita terbaru dari Otobalancing.

Artikel terkait :

9 KOMENTAR

    • saya sudah sejak awal punya motor saya yang sekarang mas bro sejak 2013, awal dulu bebek selalu cepat kendor, kalo pakai minyak goreng apakah cuman perasaan saya yang lebih awet gak kendor

Bagaimana Tanggapan Anda :