image

Sejak lama OB tergabung di sebuah klub motor di kota Surabaya, pastinya sering touring baik itu AKDP maupun AKAP, kalo ditanya pernah bingung dengan jalur luar kota? OB jawab ya sering, karena kebiasaan OB kalo berangkat touring yaitu saat malam hari bahkan tengah malam, tujuannya biar traffic gak seramai saat jam aktifitas manusia, kalo aktifitas lelembut ya pas…hahaha.

Sering mengandalkan aplikasi peta digital atau GPS, namun kalo sudah mentok pakai GPS alternatif kedua yaitu Gunakan Penduduk Setempat sama2 GPS kan, bedanya satunya pakai smartphone satunya pakai suara alias tanya.

Banyak aplikasi bisa didownload lewat Playstore, App Store dan Windows Store, berikut ini merupakan aplikasi-aplikasi yang banyak digunakan oleh rekan-rekan OB termasuk OB juga, dimana aplikasi ini sangat sering membantu saat touring atau akan menuju ke suatu tempat yg tidak pernah kunjungi sebelumnya.

image

1. Google Maps (Android & Iphone)
Aplikasi ini sudah umum digunakan dan menjadi standart aplikasi peta digital di semua smartphone, memiliki fitur navigasi suara yang berguna untuk membantu memberikan petunjuk arah.

Kata rekan OB, meskipun smartphone dikantongin, ditaruh di saku atau tas, kita masih bisa dipandu sama suara Mak Mak yang dengan tegas menyuruh kita belok, lurus dan berhenti, cuman kadang Mak Mak ini kadang agak Lola, maklum saja wong GPS nya Online, pas gak ada Sinyal jadi repot.

image

2. Lewat Mana (Android, Iphone, Windows Phone)
Aplikasi buatan lokal dengan konsep mobile ini bisa juga untuk mengakses CCTV yang tersebar di beberapa daerah, memberikan informasi visual yang lebih informatif, video yang ada bisa diakses secara real time, kata rekan OB aplikasi ini biasanya digunakan untuk survei jalur yang akan dilewati.

image

3. Waze (Android, Iphone, Windows Phone)
Peta digital ini merangkap aplikasi medsos, seluruh informasinya berasal dari sesama penguna Wase sendiri, seperti informasi lalu lintas, kecelakaan, penutupan jalan dsb.

Navigasi suara juga tersedia, dan ada poin untuk meningkatkan level.

image

4. Here Maps (Android, Iphone, Windows Phone)
Aplikasi ini mempunyai 2 kelebihan, bisa digunakan saat online maupun offline jadi ada tidaknya sinyal GPS masih tetap berfungsi, secara fungsi lumayan lengkap, ada navigasi suara, live traffic dsb.

image

5. GPS Navigation & Maps Sygic
(Android, Iphone)
Secara kualitas hampir sama baiknya dengan Here Maps, yakni bisa offline dan online, sebelum memakai harus mengunduh dulu peta negara yg dilewati, tampilan 3D nya lebih menarik untuk melihat informasi rute yang dilewati.

Nah, bagaimana dengan OB, kalo OB mah cuman memilih 2 aja yang sekiranya gak berat di smartphone OB, dari dulu coba2 berbagai aplikasi GPS akhirnya hanya mengerucut di 2 aplikasi saja, yaitu Google Maps dan Here Maps.

Bagaimana dengan anda?

Baca artikel terkait :

2 KOMENTAR

Silahkan Komentar Di Bawah Ini