Hallo bro sis, bagaimana kabar kalian hari ini, sebelumnya saya ucapkan selamat datang kepada pembaca baru dan pembaca lama yang telah hadir disini.

Kali ini saya ingin sharing kepada kalian semua tentang sebuah kegiatan yang ngetrend banget saat ini, sebuah kegiatan yang dilakukan diatas motor dengan merekam segala kegiatan kemudian diupload di youtube sehingga semua orang di seluruh dunia mempunyai akses menonton apa yang direkamnya.

Kegiatan ini dinamakan sebagai “MOTOVLOG”, mungkin diantara pembaca sudah gak asing lagi dengan istilah ini, apalagi para biker penghobi motor yang gemar membuka youtube, sebenarnya istilah Motovlog adalah kegiatan merekam sambil naik motor, merekam kejadian unik dijalan dan menceritakan kepada viewer di youtube, bahkan beberapa diantara Motovlogger yang sukses di dunia ini bisa meraup dollar dari kegiatan Motovlog.

Didalam berkegiatan Motovlog ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipenuhi, yaitu :

  1. Alat rekam

Mengenai ragam dan bentuk sangat bervariasi, namun intinya hanya satu yaitu merekam, kalian bisa menggunakan alat yang sangat sederhana dulu dia awal kalian memulai, gak harus langsung high end, karena percuma juga jika alat rekam kalian mahal tapi apa yang kalian rekam sama sekali tidak bermutu bahkan tidak mendidik, ingat loh seluruh dunia bisa melihat videomu dari manapun, jadi hindari konten berbau SARA apalagi Porno.

Saya masih ingat pertama kali di tahun 2012 dulu, disaat Motovlog masih belum marak seperti sekarang, kecepatan internet masih sangat minim hanya ada warnet penyedia internet, gak seperti sekarang dimana setiap warkop ada semua dan koneksi saat ini sudah 4G.

Smartphone

Kamera smartphone saat ini sudah bagus-bagus untuk menjadi sebuah karya, pemasangan di helm sendiri, sebagaimana telah dipraktekkan oleh Motovlog lain salah satunya memakai holder yang diperkuat dengan double karet gelang agar tidak jatuh, dan untuk kalian yang baru memulai Motovlog ini, saya sarankan kalian berlatih dengan ini, karena kalaian bisa langsung lihat hasilnya di layar smarphone kalian dan bisa mengeditnya sesuka hati kalian.

Namun jika kalian sudah merasa bahwa smartphone sudah tidak bisa mengatasi kegiatan Motovlog kalian, baru kalian upgrade senjata kalian dengan….

ACTION CAM

Yup…ini adalah next level media untuk merekam kegiatan Motovlog kalian, baik merek dan harganya pun bermacam-macam, dan setelah kalian menguasai dan memaksimalkan skill kalian dalam merekam dan mendokumentasikan dengan smarphone dan merasa ingin lebih baik lagi, maka kalian butuh alat ini.

Gopro merupakan pelopor action di dunia, dan kesuksesan Gopro diikuti oleh beberapa produsen Action Cam lainnya.

Pengoperasiannya lebih dipermudah, kalian gak akan kwatir lagi dengan keseimbangan sebagaimana kalian lakukan saat merekam dengan smartphone, hasil perekamannya juga lebih bagus dari smarphone, anglenya lebih luas dan sangat ringkas dengan rata2 daya rekam mencapai 2 jam (setelah itu cas kembali) dan rekam kembali.

Klik Juga : Link FB grup Komunitas Motovlogger Indonesia

  1. Editing

Untuk alat editing ini kita bagi saja menjadi 2 (Software & Hardware)

Jika kalian baru memulai Motovlog dan masih belum mempunyai keahlian yang cukup serta gak punya laptop atau PC, gunakan smartphone basis androd atau I Movie kalian, karena dengan hanya berbekal smarphone kalian sudah bisa membuat karya yang lumayan lah untuk sekelas smarphone.

CARA HILANGIN WATERMARK

Beberapa software android untuk editing video kebanyakan menggunakan watermark, dan itu sangat menyebalkan, caranya ya simple aja kalian beli versi pro atau kalian hack APK-nya, bagaimana caranya, silahkan kalian lihat di youtube atau yang pakai kine master pro saya punya solusinya, nanti saya share.

Atau jika kalian mempunyai PC atau laptop silahkan kalian mengedit langsung di Laptop atau PC, ada beberapa software yang tersedia, mulai Sony Vegas, Corel Studio, Adobe Premiere cc dan masih banyak lagi disana, namun harus diingat bahwa spesifikasi komputer atau laptop juga harus mumpuni untuk mengedit video dengan kualitas HD, kecuali kalo kamu ingin videomu resulusi 3gp…hehehe, itu mah jaman youtube duluuu banget, kalo sekarang rata-rata sudah HD semua.

  1. Niat dan Motivasi

Nah ini brosis yang paling penting untuk kalian perhatikan, memang saat ini tren MotoVlog masih kian tinggi, namun sampai kapan tren ini akan bertahan, seperti trend Motovlog ini akan berlangsung? Ya selama youtube masih eksis lah…

Namun apa benar kalian akan terus eksis jika tidak ada sebuah motivasi diri dan niat, jika kalian hanya mengikuti tren paling cepat 3 bulan kalian akan mundur paling lama 1 tahun karena di 3 bulan pertama jika orientasinya kalian adalah duit sebagaimana yang didapat Motovlogger lainnya trus akhirnya Zonk, 3 bulan itu adalah masa yang paling krusial atau lebih tepatnya sebagai masa percobaan, dengan catatan kalian rutin melakukannya, paling nggak 2-3 kali dalam seminggu dan 8-12 video tercipta dalam sebulan.

Oke mas bro salam kenal semua sebenarnya, saya sendiri juga baru merintis Motovlog sebagai pendukung adanya blog ini baik sebagai daily vlog, review, event dsb, silahkan jika ingin sharing di channel saya (KLIK DISINI) dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Artikel baru lainnya :

4 KOMENTAR

Silahkan Komentar Di Bawah Ini