Jalur Fungsional Solo – Colomadu, Terlihat Mobil LCGC Tidak Kuat Menanjak…!!!

Diposting pada

otobalancing.net – Mendapatkan laporan dari kang Yudi yang saat itu tengah dalam perjalanan mudik bertemu dengan beberapa pemudik yang melewati jalur fungsional Solo – Colomadu, terlihat ada jalur yang terbilang agak menanjak meski tidak terlalu ekstreme namun bisa jadi merepotkan driver jika tidak menguasai medan dan kemampuan mobilnya.

Kang Yudi sebenarnya juga membawa mobil yang sama baik merek dan tipenya dan bisa menanjak namun ada juga beberapa yang sama mobil dan tipenya namun gak bisa nanjak, jadi bisa disimpulkan kalo masalah mobil sebenarnya gak ada masalah meski ada yang bilang kalo mobil dengan CC kecil dan tergolong mobil LCGC itu tidak bisa nanjak.

Berikut tips yang diberikan oleh kang Yudi melalui WA :

Untuk mobil bertransmisi manual, posisikan tuas transmisi ke gigi 1 dan untuk mobil transmisi otomatis posisikan tongkat transmisi ke posisi L atau 1, selain posisi gigi rendah, putaran dan temperatur mesin wajib diperhatikan terutama saat mobil dalam posisi gigi rendah lalu putaran mesin tinggi kondisi ini bisa membuat mesin lebih cepat panas dan jika hal itu terjadi maka segera berhenti di tempat yang aman dan tidak mengganggu pengemudi lain bila indikator suhu mulai mendekati batas bahaya.

Dan yang tak kalah penting adalah momentumnya, seperti di foto yang dikirimkan dimana mesin mobil sanggup melontarkan daya kuda sebanyak 65 ps di 6.000 rpm sementara torsi maksimum bekerja di 8.7 kg.m di 3.600 rpm, sehingga dengan momentum yang baik mobil bisa menanjak.

Ada juga tips biar ban gak spin/selip ban depan pas lagi nanjak (kebanyakan mobil LCGC pendek adalah FWD) :

1. Standar tekanan Ban 36 Psi depan belakang agar lebih empuk saat diisi dengan beban penuh.

2. tekanan ban sebesar tersebut menjaga agar ban lebih elastis mencengkram jalan sehingga grip/cengramannya lebih kuat untuk menghindari spin/slip

3. Ban belakang sebaiknya jangan disamakan tekanannya dengan ban depan, buat lebih tinggi untuk mengurangi beban roda depan saat menarik beban belakang.

4. Tekanan ban berlebih bisa mengakibatkan ban sobek.

Gambar Gravatar
Terima Kasih sudah sudi menyambangi blog sederhana ini, saran dan kritiknya untuk kemajuan blog ini kedepannya. Email : givisurabaya@gmail.com

Monggo Komentarnya Kangbro :