15 Item Di Motor Yang Wajib Di Cek Sebelum Mudik, True Story Bro…!!!

Diposting pada

otobalancing.net – Perjalanan mudik menggunakan motor merupakan sarana yang murah bagi sebagian besar kalangan, namun begitu mudik menggunakan motor juga gak boleh sembarangan, asal gas tanpa memperhatikan kesehatan motor, berikut 15 item di motor yang wajib anda cek sebelum anda mudik.

1. Filter Oli

bagi pengguna motor sport wajib mengecek bagian ini terlebih dahulu, gunanya agar sirkulasi dan pelumasan di bagian mesin tetap lancar, tak hanya di cek…kalo memang sudah waktunya diganti ya kudu diganti…kan ada THR kangbro hehehe, biasanya penggantian filter oli dilakukan setelah 3-4 kali pergantian oli.

2. Kabel Gas dan Kopling

Kedua part ini sangat vital karena jika sudah seret atau kering maka resioko gesekan berlebih sehingga mengakibatkan putus kabel juga bisa membahayakan dan merepotkan sampeyan, apalagi putusnya saat melintas malam atau pas sepi bengkel karena pada tutup saat lebaran…bawa anak istri lagi…bisa2 mudik yang bahagia jadi bad mood (true story bro).

3. CVT

Buat sampeyan yang punya matik sektor CVT juga perlu banget di cek apalagi sektor roller dan v-belt, jika retak meski terlihat sedikit mending ganti saja, daripada putus dijalan dan bengel pada tutup semua, perlu diingat kalo bengekel yang menjual V-Belt hanya bengkel yang lumayan besar lo kang, kalo hanya bengkel kecil jarang ada (true story bro)

4. Rantai dan Gir

Sama seperti CVT di matik, ini juga gak kalah penting terutama bagi pengguna motor sport dan bebek, jika rantai sudah mentok saat disetel sebaiknya ganti saja kangbro, apalagi mentok dan masih kendor…punya atau gak punya duit kudu ganti kalo perlu ngutang dulu…ini penting karena bahaya rantai putus dan akhirnya nyangkut apalagi saat kecepatan tinggi sangat ngeri kangbro…ban bisa terkunci parahnya bisa selip dan menjadi kecelakaan tunggal (True Story bro.

5. Aki

Motor sekarang 90 % sudah menganut injeksi dan perlu sampeyan tahu jika aki mempunyai peranan penting kepada system injeksi, kalo sampai akinya drop wah bisa2 mogok saat perjalanan lo kangbro…apalagi harga aki juga gak murah belum lagi sulitnya beli saat mudik dimana toko part tutup.

6. Ban

Nah kalo ini sih pilihan sih kangbro, yang penting umur ban kudu diperhatikan agar daya grip ke aspal maih bagus meski kembangannya masih utuh, adapun periodenya adalah 2 tahun untuk roda belakang dan 1 tahun untuk roda depan atau bisa ditambah 1 tahun di keduanya kalo frekwensi berkendara gak sering2 amat, hanya ke kantor, sekolah dan kepasar.

7. System Pengereman

Cek selalu kondisi minyak rem, kampas dan kaliper, apakah masih enak buat ngerem atau sudah keras malahan, jadi segera cek piranti part ini.

8. Komstir

Bawa barang, istri dan anak…komstir dalam kondisi gak baik…wah ati2 kangbro…bisa2 sampeyan kecelakaan kalo komstir sudah oblak.

9. System Penerangan

Nah ini yang bikin kantong jebol kala sampeyan kedapatan ditilang karena gak menyalakan lampu bisa2 ditilang sama polisi, ada juga pengalaman saat melintas jalan malam nan sepi tiba2 lampu.

10. Busi

11. Oli Mesin

12. Oli Gardan

13. Karbulator atau Injektor

14. Klep

15. Filter Udara

nah ke 15 item tadi kalo sampeyan cek bener maka dijamin sejauh anda mudik motor masih akan tetap prima.

Monggo Komentarnya Kangbro :