Test Ride Harian Honda CB 150 Verza Jatim, Dua Konsep Dalam Satu Garis

Diposting pada

otobalancing.net – Setelah mendapatkan unit test ride dari PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) sebagai Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT, tak banyak pikir langsung saya cobain untuk muterin komplek rumah di daerah Sedati Sidoarjo, unit ini merupakan generasi ke 2 setelah sekian tahun lamanya (5 tahun) tak ada pembaharuan yang berarti, meski di 2015 sempat ada perubahan mesin dari EURO 2 ke EURO 3 dan pergantian striping, selebihnya semuanya masih tetap sama.

Jika dilihat sepintas perubahan hanya terlihat di sektor headlamp dan bodi, perubahan posisi berkendara terlihat tidak ada, namun ini bagus menurut saya karena kenyamanan ergonomi Verza sejak dulu selalu mendapat pengakuan dari rider kelas ecek2 seperti saya sampai rider kelas wahid seperti senior2 saya di kalangan anak komunitas.

Ergonomi

Saya sendiri mempunyai postur yang bisa dibilang bongsor bin kingkong yaitu tinggi 168 cm dan bobot 80 kg, salah satu kelebihan motor ini adalah posisi joknya yang nyaman, oh ya….saya lupa bilang kalo saya juga rider Honda Verza lansiran 2013 jadi saya sangat paham banget bagaimana motor ini saat dikendarai.

Video test ride

Tinggi jok CB 150 Verza adalah 773 mm, kaki saya mampu menapak enak ke aspal, saat tangan saya menggenggam setang posisinya agak berbeda dengan Verza 2013 yang saya miliki, kali ini lebih sedikit tinggi dan agak mundur sehingga terasa agak dekat ke rider, namun begitu posisinya yang gak terlalu menunduk sama seperti versi 2013 membuat bahu tangan tidak gampang pegal, untuk pijakan kakinya masih sama terasa yakni posisinya radak maju ke depan sehingga posisi semakin nyaman, pas banget dengan postur saya.

Handling

Jujur tidak memuji karena saya sendiri pemilik Verza 2013 namun inilah kelebihan dari Honda Verza, saat diajak riding skok depan terasa empuk namun tidak bisa dipungkiri jika skok belakang terasa keras…ini karena Verza memiliki double skok, makanya saya memodifikasi Verza saya dengan monosok…artikelnya bisa dilihat DISINI.

Namun itu kalo dibuat riding sendirian, kalo dibuat boncengan redaman skok belakang baru terasa nyamannya karena ada beban di belakang, hal ini dikarenakan karena segmen Verza oleh AHM memang diposisikan sebagai kendaraan niaga, namun kenyataan dilapangan…Vario, Beat, CB150R dan CBR150R juga dipakai untuk dipasang ronjotan…kalo gak percaya lihat aja deh juragan sayur…blogger senior asal Papua yang memakai CB150R dan CBR 150R untuk kendaraan niaganya.

Pengereman

Meski hanya menggunakan rem cakram di roda depan dan tromol di roda belakang, pengereman bisa dibilang masih stabil, namun gak bisa dipungkiri jika pengereman cakram di roda belakang membuat lebih enak lagi dan terlihat keren…kayak Tiger dan Supra 125 pakai cakram belakang meski sama2 pakai double skok…kan keren itu masbro.

Performa

Selain handling…mesin juga menjadi keunggulan tersendiri untuk Verza…meski hanya mempunyai power 12,8 HP/8500 RPM dan torsi 12,73 Nm/6000 RPM motor ini memang bukanlah motor yang bisa diajak untuk adu kecepatan, namun untuk tarikan bawah motor ini sangat bisa diandalkan cocok untuk perkotaan dengan karakter stop n go.

Dan yang pasti…konsumsi BBM motor ini sangat irit masbro…gak percaya…silahkan anda beli Verza dan test sendiri keiritannya…saya sendiri seorang pemilik Verza 2013 dimana secara usia motor yang sudah berkepala 5 tahun lebih, keiritan dan performanya masih terbilang jempolan, saya terkejut saat odometer mencapai 300 km namun balok indikator BBM masih belum berkurang 1 balok pun, padahal ini motor sport meski kelasnya entry level alias motor sport murah.

Harga

Dulu saat membeli Verza 2013 jujur saya gambling masbro, di satu sisi saya ingin mempunyai motor sport 150 cc yang enak buat saya pribadi dan keluarga, namun saya sendiri juga menginginkan motor yang harganya bersahabat, dan sudah mempunyai teknologi terbaru injeksi, dan setelah menimbang2 akhirnya pilihan untuk membeli Honda Verza memang gak pernah membuat saya kecewa.

Dan harga saat ini yang masih dibawah 20 jutaan saya rasa masih layak untuk anda miliki.

CB150 Verza yang kini diperkenalkan dengan dua tipe yaitu tipe cast wheel dan spoke. Sedang opsi color ada tiga pilihan warna untuk tipe cast wheel yaitu Bold Red, Masculine Black dan Macho Silver yang dibanderol Rp. 20,615,000, sedangkan untuk tipe spoke hanya memiliki satu warna Masculin Black yang dibanderol Rp. 19,965,000.

Kesimpulan

Meski dibilang bukanlah motor yang menjual dari segi tampilan dan kecepatan, namun bagi saya pribadi Verza telah membuat banyak keuntungan baik dari segi ekonomis dan kenyamanyan, perawatan mesin yang sangat murah (generasi GL) tanpa pendingin radiator membuat mesin ini nyaris tanpa ada kendala berarti, saya sendiri belum pernah mendapatkan berita miring tentang mesin verza yang trouble dalam kondisi standart…nyaris gak ada keluhan.

Keiritan BBM juga sudah saya buktikan melalui ARTIKEL INI namun meski dikatakan sebagai motor dengan kategori motor NIAGA, namun saya pribadi masih menginginkan tampilan yang sporty, cukup dengan MONOSOK dan CAKRAM BELAKANG sudah sanggup mendongkrak tampilan CB 150 VERZA.

Gambar Gravatar
Terima kasih sudah sudi menyambangi blog sederhana ini, saran dan kritiknya untuk kemajuan blog ini kedepannya sangat kami harapkan dan apabila ada kekeliruan sebelumnya saya meminta maaf.

Monggo Komentarnya Kangbro :