Bisa Banget PCX 150 Lokal Pakai Skok X-MAX…!!! Ini Reviewnya

Diposting pada

Otobalancing.net – Banyak pengguna PCX 150 Lokal yang mengganti skok bawaan dengan skok aftermarket bahkan dengan tipe motor lain, kemarin saya telah menuliskan skok Supra Helm In untuk PCX 150, nah kali ini giliran Yamaha X-Max lah yg dijadikan pengganti.

Menurut sang pemilik di beranda FB nya (Bagus Ferry Yanto) mengatakan :

Skok blakang xmax dudukan dan ukuran sama persis dengan PCX Lokal. Sama-sama berukuran 35cm dan model dudukan atas bawah sama persis. Dipasang di PCX sama plek gak usah ubah apa-apa (PNP).

Keunggulan skok xmax punya 5 setinggan keempukan. Skok ini harganya 860.000 di yamaha. Sebenernya saya tidak tau urutan settingan dari skok xmax. Skok xmax punya 5 settingan keempukan. Dari bawaannya setingan keempukan berada di tengah atau nomer 3. Saya anggap settingan ke 1 itu yang paling empuk dan yang ke 5 adalah yang paling keras.

Saya sudah memakai shockbreker ini sejauh 500km dan sekarang masih saya pakai. Sudah saya pakai keluar kota sendiri, goncengan dan beberapa kali memakai box . Sebelumnya saya sudah memakai skok RCB sb series untuk NMAX dan skok Supra helm-in yang dudukan bawahnya dirubah, reviewnya ada di group ini juga.

Kesan saya pertama kali memakai skok ini rasanya empuk banget, mentul-mentul tapi kalau kena jalan bergelombang rasanya kayak naik kapal. Sepeda ngayun terus sekoknya. Saat saya memakai skok xmax settingan masih bawaannya, masih settingan ke 3. Saya bawa goncengan plus box Alhamdulillah gak mentok skoknya(saya pakai box sh58x). Saat saya pakai goncengan rasanya kayak bandulan ngayun terus skoknya, mungkin gara-gara keempukan dan karakternya gitu.

Meskipun ngayun saat goncengan skok gak pernah mentok sampek bunyi jeduk ketika kena lubang.
Akhirnya saya ubah settingannya ke settingan ke 4,biar lebih keras. Saya pakai sendiri masih empuk. Settingan yang ke 4 ini masih lebih empuk dibanding skok supra yang saya pakai. Rasa ngayunnya agak berkurang.

Kalau buat goncengan rasa ngayunnya masih berasa cuman gak separah yang di settingan ke 3. Saya juga sempat menanyakan sama yg saya gonceng, enak mana skok yg skrang sama yg sebelumnya(supra helm in)? Jawabnya, enak yg sekarang mentul-mentul jalan berlobang gak berasa. Saya juga merasakan dibonceng ternyata enak. Ngayunnya malah gak saya rasakan pas dibonceng, kalau kena speed trap rasanya empuk dan enak gak mental-mental.

Jujur saya masih bingung mau balik lagi ke skok supra atau masih skok xmax. Kalau empuk masih empukan xmax. Tapi saya masih kurang nyaman sama rasa ngayunnya. Yang sering saya gonceng juga bilang mending skok xmax aja gak usah diganti. Tapi kalau lagi ngebut terus nikung saya lebih berani kalau pakai punya supra. Saya nulis ini bukannya saya anggep skok supra itu keras dan gak enak terus ganti skok xmax.

Skok supra itu empuk dan stabil tapi skok xmax itu empuk banget kayak terbang ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Kalau ditanya dibanding skok ori PCX Lokal, saya cuman bisa jawab layak ta dibandingin.

Dilihat aja udah “gak pas”(mungkin ini kata terkalem yang bisa saya tulis), udah pernya kecil dan kepanjangan. Punya saya juga bengkok gak enak dilihat.

Gak sakit apa kalau diparkiran terus sama tukang parkir dibilangi “Mas sepeda baru skoknya kok bengkok gitu?”๐Ÿ˜ฒ๐Ÿ˜ฒ๐Ÿ˜ฒ

Gambar Gravatar
Terima Kasih sudah sudi menyambangi blog sederhana ini, saran dan kritiknya untuk kemajuan blog ini kedepannya. Email : givisurabaya@gmail.com