Jika Hanya Menambah Akselerasi Mengapa PCX Hybrid Diciptakan…???

Diposting pada

otobalancing.net – Sejatinya PCX mempunyai 3 varian yaitu PCX BBM yang sudah dipasarkan saat ini, PCX Hybrid yang mempunyai tambahan baterai 50 Volt dan PCX Elektrik yang masih belum ada di Indonesia, pertanyaan banyak datang ke News Room saya dana bertanya apa alasan AHM membuat PCX Hybrid kalo hanya untuk mengejar akselerasi…???

Sebagaimana diketahui jika harga PCX Hybrid rencananya akan dipasarkan di range harga 40 jutaan, sebuah harga yang jauh dari PCX lokal saat ini, dan jika untuk mengejar akselerasi biaya untuk mendongkrak tenaga PCX lokal agar lebih jengat tenaganya ada yang menyebutkan gak sampai 10 juta sudah bisa, lantas apa sesungguhnya tujuan PCX Hybrid ini…??? Sebelum membahas itu ada baiknya mengenal prinsip PCX Hybrid di video di bawah ini.

Dari penjelasan di video kesimpulannya adalah saat berakselerasi selain menggunakan mesin bensin 150cc ada tambahan tenaga dari ACG Starter sehingga kinerja mesin bensin mejadi sedikit lebih ringan, namun PCX Hybrid membuat kondisi tersebut menjadi lebih kompleks.

Apakah dengan bantuan baterai 50 Volt lantas konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit…??? ternyata tidak terlalu signifikan dikarenakan efisiensi perbandingan BBM antara yang PCX 150 lokal dan hybrid hanya terpaut 2-3 % saja, prinsip kerjanya secara singkat adalah saat grip gas dibuka secara spontan seperti saat akan menyalip kendaraan sperti mobil maka PDU (Power Drive Unit) akan memberikan perintah agar ACG stater diberikan tenaga ekstra maka akselerasi akan lebih cepat.

Tenaga ekstra ini akan tercipta selama 3 detik dan jika hilang maka tinggal membuka gas spontan untuk mendapatkan tenaga ekstra ini kembali, perbedaan lagi ada pada sytem mode dimana ada 3 mode yang dihadirkan antara lain :

Mode D yang memberikan sensasi berkendara biasa dengan tenaga dari ACG, Mode S untuk mendapatkan akselerasi spontan sehingga tenaga bisa nambah secara instant sebanyak 1,9 dk dan torsi 4,3 Nm, dan satu lagi mode yang mana mirip dengan mode D namun tidak memakai idlling stop biasa dimana memerlukan waktu 3 detik untuk berhenti maka di mode ini hanya membutuhkan 0,5 detik untuk berhenti.

Nah kurang lebih begitu penjelasan teknologi PCX Hybrid, lalu bagaimana dengan PCX Lokal yang ingin menambah akselerasinya…???

Salah satu cara dari beragam cara namun paling murah ya mengupgrade per CVT dengan yang racing, Pemilihan Per CVT pun mempunyai andil untuk menambah performa motor matic anda, ragam per sudah banyak beredar part alfamarketnya di pasaran tinggal sampeyan pilih mau yang seperti apa sesuai dengan tingkat pegas yang di ingginkan.


Ada 2 pilihan yaitu per pegas keras dan per pegas yang lembut atau hampir normal , itu mempunyai efek  masing masing bagi yang menginginkan matic anda memiliki tenaga pacuan yang cepat di RPM bawah, hendaknya anda memilih yang keras, tapi top speednya jadi berkurang, jika anda memilih per yang tingkat pegas nya rendah maka belt akan terus naik hingga ke ujung maksimal puli sehingga akan mencapai topspeed nya.

Kesimpulannya, jika anda punya uang lebih dan ingin sesuatu yang berbeda dengan PCX 150 lokal BBM yang sudah banyak beredar maka PCX Hybrid bisa menjadi pilihan bagi anda meski perbedaan untuk konsumsi BBM gak jauh beda dengan yang PCX 150 BBM meskipun secara akselerasi bisa meningkat lumayan, namun jika anda pemilik PCX 150 lokal yang masih ingin meningkatkan akselerasi masih sangat bisa dengan beberapa perubahan namun dengan konsekwensi garansi mesin akan hangus.

Ada beberapa modifikasi yang dilakukan namun secara harga masih bisa dijangkau yaitu dengan :

  1. Pakai roller yang ringan
  2. Menaikkan rasio kompresi
  3. Pakai noken as racing
  4. Modif knalpot
  5. Merubah pengapian
  6. Mengganti Per CVT

Salah satu atau beberapa bisa diterapkan tergantung bagaimana trial n error anda saat mencoba, apakah telah jengat akselerasinya.

Pengetesan Pencahayaan PCX 150 :

Tips PCX anti Begal di jalan :

Gambar Gravatar
Terima kasih sudah sudi menyambangi blog sederhana ini, saran dan kritiknya untuk kemajuan blog ini kedepannya sangat kami harapkan dan apabila ada kekeliruan sebelumnya saya meminta maaf.

Monggo Komentarnya Kangbro :