Apakah New Vario 150 2018 Layak Untuk Anda Miliki…???

otobalancing.net – Kangbro…PT. Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan varian skutik baru penerus GEN Vario 150, jika sampeyan melihat dari bentuk memang gak seberapa jauh berbeda dengan generasi Vario 150 lama, sampeyan pasti heran mengapa AHM tidak mengubah bentuk Vario 150 secara keseluruhan…ya ini dikarenakan skutik ini merupakan salah satu penyumbang penjualan terbesar motor AHM (data Vario 125 dan 150 terjual 1 juta unit) jadi secara garis besar memang desain ini masih dapat diterima oleh konsumen.

Namun bukan berarti sama persis, ada beberapa improvment yang dibenamkan, seperti :

1. Lampu bertumpuk Headlamp dan Lampu Sein

Jika sampeyan perhatikan DRL yang ada di atas headlamp, maka anda akan teringat dengan CBR 250RR, sedangkan dibelakang sekarang lampu seinnya diletakkan terpisah dan bentuk spatbor yang identik dengan motor sport, lampu seinnya mirip dengan yang dipunya CB150R dan CBR150R, dan semua lampu sudah full LED dari depan hingga belakang.

2. Bodi samping menyatu

Penyatuan bodi samping terlihat lebih kompak seperti PCX 150 lokal dimana semua full menyatu dengan satu warna.

3. Pelek dan Ban Lebih Besar

Dimensi pelek lebih besar dari sebelumnya yaitu 2,15/14 dibalut dengan ban 90/80 sedangkan di belakang memakai pelek 2,50/14 dengan ban 100/80.

4. Bentuk Setang lebih Sporty

Gak seperti varian yang lama, dimana setangnya lurus, di New Vario 2018 ini setangnya lebih kecil namun lebih menekuk ke dalam, karena lebih kecil akhirnya banyak hal yang kelihatan disini seperti master rem dan parking brake jadi terekspose jelas, namun ada tapinya dimana spionnya kelihatan lebih tinggi dan bentuknya juga berubah lebih sporty mengikuti desain saat ini.

Bicara tentang fitur, New Vario ini masih menganut CBS (Combi brake system) dimana saat rem belakang ditekan otomatis rem depan juga ikut tertekan, fitur Iddling stop juga disematkan karena berguna untuk menghemat bensin kala di kemacetan dimana mesin akan berhenti dan akan menyala kembali saat handle gas di putas kembali.

Baca juga : Tampilan terbaru Honda Vario eSP 2017, lebih elegan

Panel spidometer juga merupakan sektor yang wajib diperbarui dimana saat ini sudah full digital, dimana isinya lumayan banyak :

  1. Speedometer
  2. Fuelmeter
  3. Perhitungan pemakaian BBM rata-rata
  4. Perhitungan BBM tersisa (real time)
  5. Odometer dan trip A/B
  6. Indikator baterai aki
  7. Indikator pergantian oli
  8. Jam digital

5. Ketiadaan Kick Stater

Pasti bingung nih kala aki drop gimana caranya staternya…??? namun dikarenakan adanya indikator aki maka dipastikan pemilik skutik ini untuk lebih memperhatikan tegangan aki dalam batas minimum, dan bagaimana penjelasan tentang aki di New Vario 150 ini akan saya jelaskan di next artikel.

6. Kunci sudah Keyless (Smart Key System)

Seperti di PCX 150 lokal, New Vario juga dibekali teknologi yang sama, namun begitu ada beberapa perbedaan dengan keylessnya PCX 150 lokal, antara lain :

  • Remotenya hanya ada dua tombol, untuk mengaktifkan keyless sama dengan PCX yaitu ditekan lama di bagian bawah namun untuk mengaktifkan kudu menekan tombol elektrik stater, kalo di PCX menekan kunci keylessnya.
  • Untuk menonaktifkan keyless tinggal diputar di posisi OFF lalu tekan eletrik staternya lagi maka fungsi keyless akan mati, dengan itu maka putaran keyless tak lagi bisa diputar dan pastinya lebih aman akhirnya.
  • Sedangkan tombol atasnya untuk mengatifkan alarm dan answer back system jika kesulitan mencari lokasi motor kala diparkiran, untuk menonaktifkan alarm tinggal tekan tombol atasnya lagi.
  • Sedangkan jika remote berada jauh (2 meter) dengan pengendara atau remote ketinggalan systemnya sama seperti PCX 150 lokal.

7. Akomodasi Barang

Masih sama dengan versi lama namun bentuk penyimpanan di dek lebih kecil dari sebelumnya namun meski begitu masih bisa menyimpan barang kecil, volume bagasi 18 liter masih lumayan memadai karena helm full face pun masih bisa masuk, tangki bensin 5,5 liter juga masih sama dengan versi sebelumnya.

8. Harga

Harganya naik 1 juta dari versi sebelumnya, namun dengan harga ini sampeyan mendapatkan berbagai macam pembaharuan terutama dari segi fitur yaitu Rp. 22,5 juta (OTR Jakarta).

Oke kangbro, ini masih belum membahas tentang riding posisitionnya, namun dari penjelasan di atas apakah New Vario 150 ini layak untuk anda miliki, next artikel saya akan membahas lebih dalam tentang skutik ini, jangan lupa isi email anda di kolom subcribe untuk update artikel terbaru otobalancing.

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

Gambar Gravatar
Terima kasih sudah sudi menyambangi blog sederhana ini, saran dan kritiknya untuk kemajuan blog ini kedepannya sangat kami harapkan dan apabila ada kekeliruan sebelumnya saya meminta maaf.

Monggo Komentarnya Kangbro :