Awas Spare Part Palsu Cita Rasa Original, Padahal Beli Di Toko Besar Loh…!!!

Diposting pada
ktm indonesia

otobalancing.net – Kangbro…entah apa yang sesungguhnya terjadi entah karena keteledoran toko yang menjual atau memang merupakan kesengajaan namun disini salah satu pembaca yang juga mekanik bengkel motor di kawasan Jawa Tengah mengalami hal yang sangat tidak mengenakkan dimana masbro ini bercerita bahwa dia baru saja tertipu dengan toko yang sebenarnya sudah merupakan langganannya untuk beli spere part, adapun item yang dibeli adalah komstir merek Honda seperti di gambar.

Alasan mengapa bisa menyebut barang tersebut palsu dikarenakan masbro ini sudah sangat sering belanja spere part, dan saat itu memang pas belanja banyak jadi gak mengecek satu persatu, disamping sudah sering berbelanja part di toko besar tersebut dan percaya jadi langsung angkut saja, permasalahan terjadi saat masbro ini mengecek barangnya satu persatu, semuanya beres kecuali satu yakni part komstir ini, adapun analisanya adalah :

  1. Komstir berkarat padahal plastik belum dibuka
  2. lem plastik pembungkus tidak menutup dengan sempurna seakan di lem seadanya
  3. Hologram tidak jelas padahal masih segel

Disini otobalancing teringat sebuah cerita di tahun 2016 lalu dimana di daerah yang sama juga pernah ada kejadian ini, dimana beritanya akan otobalancing tulis ulang dibawah ini :

Tim Subdit Industri dan Perdagangan (Indag) Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya mengungkap distributor onderdil motor palsu. Pelaku usaha ilegal ini mengemas onderdil dari China dengan merek AHM Honda, Yamaha dan Suzuki.
Pelaku meraup untung Rp 300 juta

“Tersangka memperdagangkan barang berupa sparepart motor dengan cara mengemasnya kembali sparepart motor menggunakan merek-merek terkenal seperti AHM Honda, Yamaha dan Suzuki,” ujar Kasubdit Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Agung Marlianto kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Tersangka mengimpor suku cadang palsu tersebut dari China, kemudian mengemasnya ke dalam kemasan merek-merek terkenal seperti AHM Honda, Suzuki dan Yamaha di gudangnya di Cengkareng, Jakarta Barat. Tersangka berinisial BI alias K ditangkap pada 15 Februari 2016 pagi. “Tersangka ini merupakan pemilik sekaligus distributor onderdil palsu. Dia tidak punya izin industri,” imbuh Agung.

Onderdil palsu dijual dengan harga miring

Agung menambahkan usaha ilegal tersangka sudah berlangsung selama 7 tahun. Dari penjualan onderdil palsu tersebut, tersangka meraup keuntungan yang berlipat ganda. “Keuntungannya mencapai Rp 300 juta,” ucapnya.

Tersangka kemudian menjual kembali onderdil palsu tersebut ke toko-toko kecil melalui sales dengan harga yang miring. Adapun, sparepart yang dijual seperti rantai motor, karburator, piringan cakram, kanvas rem, gir depan dan belakang, saklar, lampu, busi, tombol sen, dan lain-lain.

Dari gudang tersebut, polisi menyita ribuan pak suku cadang palsu. Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 53 ayat (1) huruf b dan atau Pasal 107 ayat (1) jo Pasal 120 ayat (1) dan (2) UU No 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian dengan ancaman hukuma pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda maksimal Rp 3 miliar.

Kesimpulan…yang paling ngeri adalah dimana barang ASPAL (Asli Tapi Palsu) ini dijual dengan harga yang sebenarnya layaknya barang original dan mengenai ketahannya apalagi komstir merupakan part yang vital yang berkenaan dengan kemudi, apakah gak menjadi rawan celaka masbro….walah mirih yo cak.

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

Monggo Komentarnya Kangbro :