Empat Hal Utama Penyebab Mesin Ngelitik…!!!

Diposting pada
ktm indonesia

otobalancing.net – Kangbro…kerap kali beberapa pertanyaan mampir di newsroom OB tentang persoalan mesin ngelitik dan penyebabnya adalah salah satu dari ketiga faktor ini bahkan semua faktor bisa menjadi penyebab sekaligus, wah kalo ini ya kebangeten to cak.

Bunyi nglitik ini akibat dari pembakaran dini di ruang bakar sehingga membuat piston beradu dengan dinding silinder jika dibiarkan menjadi kepanasan bahkan keausan yang akhirnya mesin macet, kebanyakan sering menyalahkan pabrikan pembuat kendaraan atau bengkelnya, padahal ada beberapa hal yang bisa jadi anda melakukan namun tanpa anda sadari bisa menyebabkan mesin mengelitik.

Jenis Bahan Bakar

Hal ini berhubungan dengan angka kompresi kendaraan anda, dimana yang seharusnya memakai oktan 92 (pertamax) anda memilih untuk mengisi dengan oktan 88 (premium) dan 90 (pertalite) maka gejala knokking sudah pasti bakalan terjadi, namun jika sampeyan menyadari karena tulisan ini dan masih nglitik ada baiknya sampeyan memeriksa filter bahan bakar, karena bisa jadi kondisinya kotor sehingga penyaluran bahan bakar tidak optimal.

Kompresi Tinggi

Mesin standart tapi nglitik…bisa jadi kompresinya naik nih karena menumpuknya deposit kotoran yang menumpuk di ruang bakar, deposit ini membuat ruang bakar menjadi sempit sehingga tekanan kompresi otomatis melonjak sehingga bukaan klep tidak sempurna, cara mengatasi ya dibersihkan ruang bakarnya bisa dengan bongkar mesin atau menggunakan engine cleaner.

Saringan udara dan oli

Suhu yang terlalu panas juga bisa menyebabkan nglitik, ada berbagai macam sebab yang mengakibatkan ini, antara lain :

  • Pemakaian oli yang terlalu kental hingga kerja mesin terlalu berat
  • Saringan udara kotor

Pengapian

Jika sampeyan merubah timing pengapian tidak sesuai standart pabrik, ya bisa aja membuat mesin nglitik.

Last…apapun yang terjadi kangbro…tidak selalu pabrikan yang disalahkan, terkadang perlakuan kepada motor kita sendiripun bisa menjadi penyebabnya.

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

Komentar Gratis