Perlu Anda Tahu : Kunci Pas Dan Ring Bisa Merusak Jika Gak Pas, Kenali Fungsi Dan Kegunaannya…!!!

Diposting pada

Otobalancing.net – Banyak ragam kunci untuk mempebaiki kendaraan anda yang terdiri dari berbagai macam ukuran, jenis dan merek sesuai dengan kebutuhan sampeyan, salah satu yang saya rekomendasikan yaitu TEKIRO yang memang sudah terbukti banyak dipakai oleh para mekanik bengkel, diantara semua kunci saya yakin yang paling sering anda pakai andalah kunci pas dan ring karena disamping ragam dan ukurannya banyak juga mudah cara pakainya.

Namun sebenarnya ada beberapa jenis kunci pas dan ring itu masbro sehingga sampeyan pun juga kudu paham bagaimana penggunaanya, jika tidak maka akan dapat merusak baut itu sendiri, ragamnya antara lain :

Kunci Pas

Tentu sampeyan gak asing dengan model kunci ini, kedua ujungnya bertipe kunci pas mulai dari ukuran 8mm hingga 10mm dan biasanya ini ada disetiap tool bawaan motor, kunci ini kurang pas jika sampeyan gunakan untuk membuka baut besar karena beresiko membuat baut slek dan kepala baut jadi aus (pengalaman cak), ini dikarekan tidak semua sisi baut pas dengan kunci, saran saya (jangan sampai kayak saya dulu) menggunakan kunci ring untuk membuka baru setelah kendor anda memakai kunci pas untuk membukanya, tekhnik membukanya juga jangan sembrono meski sudah memakai kunci ring.

Fungsi kunci Pas sendiri adalah untuk baut-baut yang tidak terlalu keras, untuk menahan baut saat dibuka dengan kunci ring (ini saat sampeyan membuka roda belakang contohnya) atau jika terpaksa silahkan dipakai untuk membuka baut yang lokasinya tidak dapat dijangkau dengan kunci ring.

Kunci Ring

Kunci yang sangat populer dan kudu dipunyai setiap mekanik, kunci ini baik dipakai untuk membuka baut yang keras, semua sisi baut terpegang oleh kepala kunci jadi lebih aman dan gak gampang terpeleset sehingga menimbulkan baut gundul/aus dan slek, namun kunci ini bagusnya digunakan untuk mengendurkan dan mengencangkan saja, sementara untuk membuka/mengencangkan saat kendur memakai kunci ring.

Kunci Kombinasi

Kunci kombinasi antara ring dan pas merupakan kunci yang juga paling banyak ditemui di bengkel, enaknya kunci ini adalah adanya 1 ukuran dalam satu kunci namun ada dua jenis kunci yaitu pas dan ring, penggunaanya sama dengan penjelasan kunci pas dan ring diatas.

Kunci Kombinasi Pas Ring Ratchet

Gak banyak yang tahu tentang kunci ini karena mengiranya adalah kunci kombinasi pas ring biasa, namun coba sampeyan lihat di kepala ring dimana ada gerigi seperti di kunci soket, dan inilah yang menjadi alasan mengapa OB membagi informasi ini kepada sampeyan karena ortu OB pernah salah beli kunci kombinasi biasa namun ternyata bukan kombinasi pada umumnya…makanya jarang teknisi bengkel apalagi mempunyai kunci model ini.

Tidak dianjurkan membuka baut keras dengan kunci ini sekaligus mengencangkan, karena bisa mengakibatkan dol pada baut…percayalah kangbro…saya sudah pernah melakukan kesalahan itu.

Kunci Ring Bulan

Kunci ini jarang sekali ditemui, bahkan OB pun baru menemuinya kalo gak dikasi tau, kegunaannya biasanya pada ruang yang celahnya sempit dan rapat yang tidak bisa dijangkau oleh kunci pas dan ring biasa.

Kunci Nipel

Bentuknya sama seperti kunci pas namun lebih presisi, sehingga sangat efektif untuk mengurangi kerusakan baut saat tidak ada kunci ring saat membuka baut.

Nah kangbro…semoga informasi ini bermanfaat bagi sampeyan semua karena ada fungsi ada hasil, jika menggunakan alat yang salah maka bisa pusing kepala kalo malah makin parah, niat benerin eh malah ngancurin, oke kangbro…jangan lupa kalo membeli kunci yang berkualitas, terjamin dan terbukti bagus ya cuman tekiro…bukan promosi ya…namun memang bagus seh cak…mosok barang bagus dibilang jelek kan yo ra mungkin, bagus ya bagus jelek ya jelek.

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

Gambar Gravatar
Terima kasih sudah sudi menyambangi blog sederhana ini, saran dan kritiknya untuk kemajuan blog ini kedepannya sangat kami harapkan dan apabila ada kekeliruan sebelumnya saya meminta maaf.

Monggo Komentarnya Kangbro :