Modifikasi CBR 250RR Tembus 36 HP, Mesin Gahar Banget Cak…!!!

Diposting pada
ktm indonesia

otobalancing.net – Kangbro…ada yang spesial saat digelaran Honda Track Day CBR Series dimana saat OB berbincang dengan salah satu rider CBR 250 yang ikut dalam acara kemarin, namun sayang amat disayang karena padatnya acara saat itu dimana masbro Aan (begitu saat saya berkenalan) tiba2 langsung dipanggil untuk menuju trek balap, namun sebelumnya OB sempat bertanya2 serta merekam pembicaraan tentang modifikasi Honda CBR 250RR yang telah dia modifikasi.

Mohon maaf kangbro otobalancing asli tenan kehilangan kontak dan foto karena memang terkait durasi waktu dan ternyata saat siang hari doi harus pulang karena ada keperluan keluarga, padahal kalo misal doi ikutan sudah pasti peluang menang di time trial sangat besar.

Singkat cerita pertemuan dengan masbro Aan adalah kala saya mendengar raungan Honda CBR 250RR yang terdengar gahar, seakan ada power tersembunyi yang ada di balik fairingnya kangbro, dan saat saya dekati dan bertanya seputar motor ternyata memang benar ada modifikasi mesin yang dilakukan sehingga menurut masbro Aan saat di test di dyno powernya mencapai 36 hp/13,500 rpm dan torsi melonjak menjadi 21,36 Nm/10,000 rpm, begitu menurut data di hapenya yang ditunjukkan kepada saya, dan sayangnya saya lagi2 tidak bisa menunjukkan foto dyno lantaran gak mendapatkan kontak…jian eman tenan kangbro.

Standartnya power Honda CBR 250RR adalah 31,06 hp/13,300 dan torsi 19,16 Nm/9600 rpm, lantas ubahan apa yang telah mas Aan lakukan di Honda CBR 250RR nya…???

Baca juga : Begini Proses Perakitan Honda CBR250RR di PT. AHM Karawang, Terkode dengan System Canggih

Mas Aan melakukan porting dengan menyelaraskan dan memperlancar lubang in dan out untuk mendapatkan aliran yang bagus, untuk itu dilakukan pembesaran lubang porting sebesar 0,5 mm sampai 1 mm, Mas Aan mengatakan untuk tidak lebih dari itu karena gak bakalan berpengaruh banyak, selain itu untuk meningkatkan power maka rasio standart yang hanya 11,5 : 1 diubah menjadi 12,7 : 1, kompresi ini didapat dengan cara memapas blok silinder sebesar 0,7 mm dan mengurangi paking head menjadi 1 lapis dari yang sebelumnya 2 lapis (sambil menunjukkan kedalam fairing).

Mas Aan pun menyebutkan bahwa bengkelnya juga mencoak klep di piston diharuskan untuk dilakukan penyesuaian di sisi kepala piston, untuk mengimbangi ubahan di atas, ECU diganti dengan merek aftermarket, sayangnya Mas Aan tidak menyebutkan merek ECU nya. sayangnya pembicaraan sampai disini aja kangbro karena para rider termasuk mas Aan harus turun ke sirkuit.

Mungkin ada yang kenal dengan sosok masbro Aan ini…???

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

Gambar Gravatar
Terima kasih sudah sudi menyambangi blog sederhana ini, saran dan kritiknya untuk kemajuan blog ini kedepannya sangat kami harapkan dan apabila ada kekeliruan sebelumnya saya meminta maaf.

Monggo Komentarnya Kangbro :