Review Dan Test Ride Honda CB150 Verza 2018, Ini Alasan Berganti Nama…!!!

Diposting pada

Otobalancing.net – Kangbro…akhirnya AHM memperkenalkan lagi satu varian motor sport entry level yang sudah 5 tahun baru diupdate kembali…namanya adalah Honda Verza…eh bukan sekarang ding karena sekarang di depannya ditambahin nama CB 150 sehingga sekrang namanya menjadi Honda All New CB150 Verza…panjang bener ya namanya, aneh juga awalnya karena seolah motor ini adalah perpaduan antara CB 150 dan Verza, bingung…??? oke kangbro kalo gitu sampeyan baca terus artikel ini.

CB sejatinya merupakan singkatan dari City Bike untuk semua motor naked honda di dunia, nah kalo verza itu hanyalah penamaan motor di kalangan konsumen indonesia saja, makanya kali ini PT. Astra Honda Motor (AHM) memberikan nama CB 150 Verza karena kalo di varian CB150R itu lebih kearah motor yang sporty, kalo yang tanpa R dibelakang lebih kepada motor yang maskulin, retro pokoknya bukan sporty kayak Verza ini, jadi kalo ada pertanyaan tentang keanehan nama CB 150 Verza ya ini jawabannya cak…ojok bingung ya hehehe.

Bicara desain Cb150 Verza ini masih mirip dengan Verza yang lama namun jika dilihat dengan seksama gak semuanya sama plek, ada beberapa dudukan yang beda mengikuti update terbarunya, yang paling ketara ya bagian shroud dan lampu depannya, yang unik nih lampu depannya yang membulat dan terkesan kayak motor lawas, jujur melihat motor ini justru mengingatkan saya tentang desain tiger, megapro yang dulu juga mempunyai lampu bulat, dan kalo melihat beberapa modifikasi verza yang kebanyakan lebih senang memakai lampu pesek, wes ki duwujudkan impian sampeyan mempunyai verza dengan lampu bulat seperti lampu pesek.

Dudukan seinnya juga berbeda dengan versi lama meski begitu masih tetap lentur dan terkesan kuat dari pada versi sebelumnya, kesan klasik ini gak sepenuhnya klasik, karena ada spidometer full digital yang nangkring dibelakang headlamp, oh ya…lampu headlamp, sein dan belakang masih menggunakan bohlam ya cak…hehehe. Spidometernya meningingatkan saya kepada honda CRF 150 yang pernah otobalancing review DISINI, informasinya memang gak banyak, hanya ada penunjuk kecepatan, takometer, trip A dan B lalu ada indikator BBM, dibawahnya ada indikator lampu dim, sein, netral dan MIL…dah itu saja…sama kayak yang versi lama hanya kalo yang dulu itu perpaduan analog di penunjuk kecepatan dan sisanya digital.

Bentuk panel kunci masih sama seperti versi lama dengan pengaman shutter key, setangnya sendiri masih sama seperti versi dulu hanya terlihat lebih tinggi namun panel kiri masih tetap hanya ada elektrik stater, sedangkan di kiri ada lampu jauh dekat tanpa pass, lampu sein dan bel, nah yang menarik dan beda baru di tutup bensinya yang kini ada aksen tutup plastiknya gitu, meski masih jendol bukan rata (sebenarnya kerenan rata juga sih kayak saudaranya) namun sampai saat ini gak ada keluhan dari tutup bensin ini di versi lama.

Di sektor belakang…behel masih sama kayak yang lama, namun di atas lampu stoplamp ada aksen karbon meski lebih kayak stiker tempelan namun masih keren, dan kalo sampeyan membuka joknya sama persis dengan versi lama plek cak ora buak pokoke, dan perbedaan berlanjut di cover knalpotnya plat yang skrg lebih terlihat apik banget.

Berbicara riding posisi…ayo siapa yang gak setuju kalo motor ini memang enak banget…??? yang gak setuju noh coba dulu CB 150 Verza…hahahah, tapi beneran sumpah bro, riding posisi motor ini tanpa cacat, buat perjalanan jauh woh…super duper ciamikkkkk cak, rider dengan posisi 165 keatas masih berasa nyaman naik motor ini, kaki masih napak dengan baik dan posisi punggung tegak gak bungkuk, joknya sendiri memang sejak versi dulu gak terlalu empuk namun lebar, kalo sampeyan gak puas bisa sampeyan permak sendiri dan setelah sampeyan permak sendiri nah….asli nyaman sampeyan gak akan cepat berasa capek.

RIZKI MOTOVLOG IN ACTION

Saat test ride kemarin, otobalancing disuguhkan dengan berbagai tikungan yang menurut saya bisa diajak buat ngebut, dan lagi2 honda CB 150 Verza ini enak banget buat nikung dan jika sampeyan berada di kemacetan dan memakai motor ini dijamin gak bakalan berasa streess karena handling yang gak karuan, justru motor ini terkenal dengan handling yang josss gandoss, responsif di putaran bawah menambah kesan nih motor memang pas buat harian dan niaga….nah ngomongin masalah niaga sepertinya AHM masih mempertahankan suspensi double skok masbro, sehingga nih motor cocok buat sampeyan yang sering membawa beban berat selain istri atau pacar anda…maksudnya barang cak barang…wkwkwkwk….Dan skok depannya masih juga empuk bangek, dan ini kelebihan verza sejak dulu…memang di belakang kurang seberapa empuk namun didepan empuk banget, melibas jalan bergelombang atau polisi yang tidur pun masih enak banget.

Kalo sampeyan melihat verza yang versi ini bagaimana hayo…AHM lihat nih.

Untuk mesin masih sama kayak dulu hanya update di system injeksi saja, namun perbedaannya ada di sektor sensor kecepatan yang sudah menyatu dengan mesin, jadi jika sensor kecepatan yang dulu ada di roda depan maka sekrang sudah jadi satu dnegan mesin, jadi lebih awet dan rapi, gejala putus seperti yang sering dialami generasi verza terdahulu sudah dijamin gak ada lagi di generasi baru ini.

Konfigurasi mesin SOHC 1 silinder yang mepunyai power 9,59 kW/8500 rpm dan torsi 12,73 Nm/6000 rpm dengan 5 percepatan transmisi berpendingin udara memang membuat honda verza sebagai motor yang nyaris tanpa cacat, laporan kerusakan akibat bukan modifikasi tidak pernah ada, makanya AHM masih mempertahankan mesin ini di generasi terbaru sekarang.

Oke masbro…sampai kita di kesimpulan…kesan verza di generasi baru ini masih kental banget penambahan fitur memang gak terlalu signifikan, tapi sebenarnya ada curhatan yang otobalancing kumpulkan yang akan otobalancing ceritakan di “Keinginanku Untuk Verzaku” di artikel selanjutnya, namun yang paling melegakan adalah harga Honda Verza ini masih berkisar Rp. 19,950,000 (Cast Wheel) dan Rp. 19,300,000 (Spoke Wheel) dengan pilihan warna Masculine Black, Bold Red, Macho Silver.

Sampai ketemu di artikel selanjutnya, dan jangan lupa mengisi alamat email kolom bawah jika anda ingin mendapatkan update terbaru dunia otomotif dari otobalancing blog.

Gambar Gravatar
Terima Kasih sudah sudi menyambangi blog sederhana ini, saran dan kritiknya untuk kemajuan blog ini kedepannya. Email : givisurabaya@gmail.com

4 thoughts on “Review Dan Test Ride Honda CB150 Verza 2018, Ini Alasan Berganti Nama…!!!

Monggo Komentarnya Kangbro :