Kapan Helm Bisa Kadaluarsa…??? Penggunaan Dan Penyimpanan Juga Berpengaruh

Diposting pada

otobalancing.net – Kangbro…sampeyan pasti setuju kalo setiap produk pasti ada masa kadaluarsanya, seperti makanan bahkan barang perabotan rumah tangga, nah untuk sampeyan para biker, helm juga ada masa kadaluarsanya…saya yakin banyak diantara rekan2 yang sayang banget sama 1-2 helm dirumah dan saking sayangnya bertahun2 bahkan gak mau ganti karena sudah nyaman, namun kudu sampeyan tahu kalo helm juga ada masa kadaluarsanya.

Kode Produksi

Biasanya dibeberapa helm ada yang mencantumkan kode produksi lengkap bulan dan tahunnya di jahitan kain di busa belakang,  namun ada juga yang gak mencantumkan kode tersebut, kalo misal gak ada sampeyan buka busanya dan lihat ke batok helmnya biasanya ada emboss dimana tahun atau bulan helm itu diproduksi, dan kalo memang semuanya gak ada…pasrah wae cak jadi berpatokan sama estimasi waktu, berapa lama…berdasarkan info bahwa saat penggunaan harian, masa kadaluarsa helm mencapai 5 tahun.

Ciri Helm kadaluarsa

Ciri paling terlihat adalah perubahan warna pada helm itu sendiri baik di dalam maupun di luar, apalagi dilihat secara visual helm tersebut sudah banyak sekali goresan2 akibat kerikil dsb meski usianya belum 5 tahun maka dianjurkan untuk ganti, faktor lain adalah busa…dimana sudah kempis dan busanya bahkan ada yang mrotoli alias sudah gak semestinya busa helm, nah itu sudah saatnya ganti bisa busanya saja atau helm secara keseluruhan.

Penyimpanan Tertutup

Nah kalo ini berdasarkan pengalaman saja, dimana saya mempunyai beberapa helm yang masih baru belum pernah pakai dan helm yang sudah pernah saya pakai dan akhirnya saya simpan (pensiun lah)…ternyata saya mempunyai kesalahan dalam penyimpanan kedua helm ini, kalo yang masih baru alias belum saya pakai sama sekali gpp ditaruh didalam kardus tapi kalo yang sudah saya pakai walau sudah saya cuci di tempat cuci helm ternyata bau juga bro.

Nah sekarang saya menyimpannya di tempat terbuka, pokoknya aman dari tikus dan binatang yang bisa masuk ke helm aja dan yang pasti tempatnya bersih, bukan terbuka lantas berdebu dsb, justru itu yang membuat helm cepat kadaluarsa.

Helm Mahal atau Murah Sama

Gak ada ceritanya helm mahal lebih awet dari helm murah…gak ada ceritanya itu bro, kecuali dalam hal safety dan kekuatan saat terjadi benturan, nah kalo ini saya baru percaya, tapi kalo ada yang bilang helm mahal macam Nolan, Arai dsb lebih awet umurnya…wah bisa dipertanyakan darimana pernyataan itu berasal cak.

Perbaikan Helm

Selama bisa diperbaiki ya perbaiki saja meski kondisi helm masih baik dan belum kadaluarsa, karena sering nya bagian busa merupakan bagian yang riskan untuk kotor dan rusak, wajar kan…nah jika sampeyan ada tempat reparasi helm di kota sampeyan, bisa sampeyan coba untuk reparasi saja, bahkan kalo pun mesti di repaint ya monggo gpp, asal repaintnya yang bener, gak asal semprot pokoknya hasilnya kinclong.

Artikel Terkait :

2 thoughts on “Kapan Helm Bisa Kadaluarsa…??? Penggunaan Dan Penyimpanan Juga Berpengaruh

  1. Nah sekarang saya menyimpannya di tempat terbuka, pokoknya aman dari tikus dan binatang yang bisa masuk ke helm aja dan yang pasti tempatnya bersih, bukan terbuka lantas berdebu dsb, justru itu yang membuat helm cepat kadaluarsa. <– ini maksudnya gimana om?

    ditaruh tempat terbuka jadi bikin cepat kadaluarsa? atau tempat terbuka tapi bikin debu yg cepet bikin kadaluarsa?

  2. Jadi gini mas, berdasarkan pengalaman dari saya pribadi dan rekan2, kalo dulu saya menyimpan helm yang saya koleksi itu pokoknya di tempat terbuka dimana ada rak khusus memang, namun ternyata tanpa saya sadari dibuat tempat semut dan sponnya dimakan sama tikus.

    Akhirnya sekarang saya simpan di dalam kamar dimana baik debu luaran, tikus bahkan semut jarang mampir ke kamar karena selalu kamar selalu bersih, itu untuk helm koleksi, kalo helm yang saya pakai sehari hari saya taruh di atas motor aja

Monggo Komentarnya Kangbro :