First Impression Kawasaki Ninja 250 FI 2017, Tenaga Lebih Besar Dan Bobot Lebih Ringan

Diposting pada

Masbro…salah satu yang istimewa saat acara press conference di Surapita Unitran kemarin (8/12) adalah perkenalan Kawasaki Ninja 250 versi 2017…sebuah motor sport yang paling dinantikan pecinta Kawasaki Ninja…yah…salah satu keistimewaan di motor ini yang paling ketara adalah meningkatnya tenaga dari versi sebelumnya selain itu bobot juga dikepras untuk menunjang peningkatan performa selain desain rangka yang baru dan desain yang tentunya lebih gahar.

Sektor penerangan saat ini sudah diupdate dengan menggunakan LED dimana ada sepasang DRL di kedua sisi headlamp jadi semakin kelihatan futuristik banget dari versi sebelumnya, lampu stoplamp juga sudah menggunakan LED, namun sayangnya lampu sein masih mempertahankan bohlam, yang menarik di Ninja 250 terbaru ini yaitu ada semacam wingled yang mungkin terinpirasi dari berbagai modifikasi atau trend MotoGP ya masbro…hehehe…namun yang pasti membuat Ninja 250 terbaru ini lebih keren.

Link MOLADIN : All New Ninja 250 FI 2017

Kesan Big Bike yang menjadi ciri khas Ninja juga masih dipertahankan, bahkan jika diamati lebih…sepertinya gen Ninja H2 disematkan disini…wah kelihatan lebih gede dari motor sport 250 merek sebelah nih masbro, di bagian buritan Gen ZX-10R di sematkan disini, coba deh sampeyan perhatikan lekukannya…wohh…joss gandoss.

Pilihan warna Ninja 250 terbaru ini ada beberapa jenis, Hijau (warna kebesaran Ninja), Merah, hitam dan ada warna yang sama dengan team racing Kawasaki di ajang balap…sampeyan lihat saja brosurnya ngih masbro…yang menarik di warnanya adalah teknologi magnetik yang disematkan di stikernya yang disingkat MDP (Magnetik Digital Paint) yang mana saat memulai pengecetan (kemarin dijelaskan) magnet ditempatkan di bagian dalam fairing yang membetuk pola desain lalu di semprot dimana spraynya juga menggunakan magnet jadi saat disemprot kutub yang bermuatan sama gak akan menempel dan sebaliknya, jadi jika sampeyan perhatikan polanya begitu unik dan rapih saat dilihat.

Ubahan mesin Ninja 250 ini bener2 baru…sehingga membuatnya lebih ringkas dan lebih ringan masbro, meski bore dan strok masih sama dengan versi Ninja sebelumnya namun tetap ada peningkatan terutama di bagian trottle bodi yang sebelumnya hanya 28 mm menjadi 32 mm, perubahan yang lain adalah di saluran intake dimana suplai udara menjadi lebih optimal, ukuran saluran udara lebih besar yaitu 5,8 liter dimana sebelunnya adalah 4,7 liter…jauh lebih lega masbro apalagi posisinya seperti diinfokan kemarin yaitu diatas mesin…yang lama itu kalo gak salah ada di bagian bawah jok…(koreksi kalo saya salah ya) hehehe, dari semua ubahan tersebut membuat tenaga dan torsi melonjak dimana saat ini Ninja 250 mempunyai tenaga 38.4 dk/12.500 rpm dan torsi 23.5 nm/10.000 rpm…kalo sebelumnya itu mempunyai tenaga 31.5 dk/11.000 rpm dan torsi 21.5 nm/10.000 rpm…dan akhirnya….ya ini motor dengan kapasitas tenaga yang lebih besar dari kompetitornya.

Untuk menunjang perpindahan gigi, teknologi assist dan slipper cluth juga sudah disematkan, dijamin lebih entang dan responsif saat perpindahan gigi dan saat menerik kopling, namun yang paling penting membuat anda lebih aman karena roda gak bakalan terkunci saat anda melakukan engine break.

Pengurangan bobot ini juga ditunjang sasis yang total baru, dan yang bikin sampeyan pede yaitu karakter sasis yang mirip banget dengan superbike kawasaki H2, whellbase motor lebih pendek dari versi sebelumnya yaitu 1370mm (sebelumnya 1400 mm), dan masalah sasis ini bikin pengendalian layaknya anda mengendarai H2 masbro…ra percoyo…cobaen dewe ya…

Dan saya yakin banyak diantara sampeyan yang beranggapan ada ubahan suspensi di bagian depan dengan menggunakan Up Side Down (USD)…kecewa…!!! sek masbro…ada alasan mengapa kawasaki gak memakai USD di Ninja 250 terbaru ini :

  1. Dimensi lebih besar dari yang dulunya 37 mm sekarang menjadi 41 mm, jadi stabilitas gak kalah dengan USD
  2. Bobot lebih ringan…jelas cak…suspensi USD mempunyai berat yang lumayan, makanya Ninja 250 ini gak memakai USD, namun jika sampeyan berpendapat bahwa memakai USD lebih keren dari segi estetika…ya gimana ya…

Diameter cakram juga meningkat dari yang yaitu 310mm (sebelumnya 270mm), sementara rem cakram belakang menggunakan 220mm.

Impresi saat duduk di Ninja 250 terbaru ini masih nyaman seperti versi sebelumnya, meski mempunyai kesan yang lebih gede dari sebelumnya namun lebih ringan, anda yang mempunyai tinggi 168 cm seperti saya gak akan kesulitan menaiki karena desain jok dan tangki kini lebih mengecil jadi gak terlalu mengakangkang….bahasa kerennya…lebih menjepit cak…

Untuk posisi riding…Ninja 250 terbaru ini gak terlalu menunjuk dan gak terlalu tegak…bukan underyorke sehingga masih oke untuk dipakai harian, dan bagi sampeyan yang suka touring…iki cak specialllll dan otobalancing banget dimana ada lobang untuk charge gadget sampeyan…Kawasaki ternyata menerima masukan dari pelanggannya nih…tinggal sampeyan belikan braket untuk menaruh gadget anda di dalam visornya.

Untuk spidometer…!!! cak…iki mirip lo sama Ninja 650, lebih keren dan informatif pastinya, didalamnya ada takometer analog, ABS, indikator cek mesin, gear potition, odometer, trip A dan B, Indikator suhu, indikator oli, jam, jarak tempuh dan konsumsi bensin rata2 yang istimewa untuk melengkapi fitur di spidometer ini yaitu fitur perhitungan jarak tempuh saat bensin tersisa di tangki…ini yang istimewa cak.

Bagaimana menurut sampeyan cak dengan pembaharuan di ninja 250 terbaru ini, dengan power yang terbesar di kelasnya, fitur yang lengkap dipadu dengan teknologi moge di atas kelas 250cc…H2, ZX-10R dan Ninja 650 lo cak…Ninja 250 terbaru ini dibandrol oleh Surapita Unitrans dengan harga Rp. 64.970.000 (versi standart) dan Rp. 74.780.000 (spesial edition) dan untuk versi ABS spesial edition dibandrol dengan harga Rp. 75.330.000 yang tentunya OTR Jawa Timur cak.

Artikel Terkait :

Silahkan dibaca artikel terbaru lainnya :

 

One thought on “First Impression Kawasaki Ninja 250 FI 2017, Tenaga Lebih Besar Dan Bobot Lebih Ringan

Monggo Komentarnya Kangbro :