First Ride All New Honda CRF 150L Bromo, Unlimit Your World

Diposting pada

Masbro…sabtu (2/11) kemarin PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) secara resmi memperkenalkan All New Honda CRF 150L di Hotel Lava View Bromo dan keesokan harinya dilanjutkan dengan sesi test ride di lautan pasir Bromo, sebagaimana motor trail pada umumnya…CRF 150L merupakan motor on-off sport karena bisa digunakan di dua alam dengan mengusung tagline “Unlimit Your Word”.

Link MOLADIN : HONDA CRF 150L

Kehadiran CRF 150L ini didasari karena permintaan motor on-off yang terus meningkat, dibandrol Rp. 32.400.000 (OTR Jatim) diperkenalkan dengan hanya 1 warna yaitu extreme red, dan bagaimana rasanya mengendarai motor ini di kawasan pegunungan bromo…???

Cakram Wave Disc Membuat panas terbuang dengan cepat

DESAIN

Secara desain motor ini mengadopsi CRF 450R yang tampil diajang kejuaraan motocross dunia, mulai dari bentuk spatbor depan dan belakang, shround tangki hingga jok, karena CRF 150L dimana L dibelakang mengandung arti Licence maka desain dasar CRF 450R tadi dipadukan dengan perlengkapan yang memenuhi standart lalu lintas, perpaduan antara mesin dan rangka terlihat rigit dan kokoh, tongkrongan makin kokoh dengan menggunakan pelek 21 dan 18 inchi berbahan aluminium, penggunaan suspensi USD juga membuat tampilan lebih mewah.

Suspensi USD sanggup meredam guncangan dengan baik

FITUR

Hal yang mencolok saat anda melihat motor ini pertama kali adalah suspensi depan 37 mm bermerek showa, sedangkan di belakang memakai prolink sehingga memberikan jarak main axle 210 mm, pengereman menggunakan cakram wavy disc yang bergelombang sehingga sanggup melepas panas lebih besar, sementara kaliper depan diapit 2 piston dan belakang hanya 1 piston.

Spidometernya sudah mengadopsi digital dengan latar belakang lampu oranye yang terisi penunjuk kecepatan dan odometer, trip A dan B dengan menekan sisi kiri spidometer lalu dibawahnya ada fuel meter, dengan kapasitas tangki 7,2 liter namun masih terlihat ramping, di sisi kiri body juga ada tempat penyimpanan tool dan gantolan helm.

Sementara mesin memakai teknologi SOHC 2 katup berteknologi injeksi dengan 5 kecepatan, meski mirip dengan mesin yang dipakai New Megapro dan Verza, namun dalam produk knowledge terlihat beda (nanti akan OB ulas di artikel berbeda).

Ada tool box untuk meyimpan peralatan ringan motor dan gantungan helm

PERFORMA

Meski hanya diberikan kesempatan berputar2 selama 2 putaran (sebenarnya kurang sih hehehe) hal yang saya rasakan pada motor ini adalah tenaga dan torsi yang terlalu kuat di putaran awal terutama bawah hingga tengah, hal ini diakibatkan bore 57,3 mm dan stroke 57,8 mm yang berkarakter square…jelas nendang banget, klaim Honda bahwa tenaga maksimalnya 12,8 dk/8000 rpm dan torsi 12,43 Nm/6500 rpm.

Lautan pasir Bromo jika kita mengendarai motor biasa sangat sulit untuk ditaklukan dengan mudah, harus butuh usaha keras baik dari ridernya dan motornya, bahkan tak jarang motor harus tumbang atau jatuh, namun otobalancing tidak menemui itu di CRF 150L, otobalancing pede aja membetot gas diatas permukaan pasir halus Bromo, gundukan tinggi pun dilahap dengan aksi jemping sedikit, meski saking semangatnya saya lupa jika ada celah pasir gembur yang saya lewati sehingga saya terjatuh karena ban terjebak di pasir.

Namun karena mesinnya berteknologi injeksi, maka aksi jatuh pun saya gak merasa kwatir karena bisa dinyalakan kembali…ini karena di injeksi ada teknologi bank angle sensor yang jika motor rubuh maka mesin akan mati, untuk menyalakan relatif mudah dimana anda hanya cukup mematikan kontaknya baru putar on kembali dan stater…jrengg….CRF 150L bisa hidup kembali.

Power dan Torsi sangat baik dan bisa dihidupkan dengan mudah saat rubuh

KONSUMSI BAHAN BAKAR

Klaim honda menyatakan bahwa CRF 150L bisa mencapai 39,3 km untuk 1 liter BBM dengan metode pengetesan EURO 3…bikin pengen mengendarai harian aja ni motor.

HANDLING

Jujur saat akan menaiki motor ini agak kagok juga, dengan tinggi jok 869 mm memang tampilan terlihat jangkung, namun jika sudah menaiki…barulah ambless suspensi belakang dan saya yang mempunyai tinggi 168 cm dapat menapak meski agak sedikit menjinjit, dengan bobot kosong 122 kg, motor ini lumayan berat, namun ya gak berat amat…terbukti saat saya jatuh namun saya bisa mengembalikan posisi motor dengan mudah.

Sebenarnya saya menginginkan adanya touring kecil kecilan dengan CRF 150L, bukan hanya mengitari sirkuit buatan saja, namun meski begitu saat disuguhkan medan yang bergelombang dan rintangan yang beberapa merupakan tikungan ekstreme disini CRF 150L lumayan mudah untuk dikendalikan…masalah saya jatuh ya memang jarang berkendara motor on-off sport sih.

Memang saya akui jika suspensi depan enak dan gak mantul mantul saat diajak jemping di gundukan, namun kualitas ban IRC Tralis GP-21F dan GP-22R justru saya kritisi dan bisa saya bilang gak enak banget…saran saya sih anda ganti ban saja dengan yang lebih baik kembangannya.

Spidometer digital tetap menyuguhkan informasi lengkap dan jelas

Spesifikasi All New Honda CRF 150L :

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi : 2.119 X 793 X 1.153 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.375 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 285 mm
Jarak Tempat Duduk : 869 mm
Berat Kosong : 122 kg
Kapasitas Tanki Bahan Bakar : 7.2L

Mesin
Tipe Mesin : 4-Langkah, SOHC, Satu Silinder
Tipe Pendinginan : Pendingin Udara
Sistem Suplai Bahan Bakar : PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Volume Langkah : 149.15 cm3
Diameter X Langkah : 57.3 x 57.8 mm
Perbandingan Kompresi : 9.5:1
Daya Maksimum : 9,51 kW(12,91 PS)/8.000 rpm
Torsi Maksimum : 12,43 Nm(1,27 kgf.m)/6.500 rpm
Tipe Transmisi : 5-Speed
Pola Pengoperan Gigi : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
Tipe Starter : Pedal dan Elektrik
Tipe Kopling : Manual, Multiplate Wet Clutch
Tipe Minyak Pelumas : Basah
Kapasitas Minyak Pelumas : 1.0 Liter (Penggantian periodik)

Rangka
Tipe Rangka : Semi Double Cradle
Jenis Velg : Aluminium
Ukuran Ban Depan : 2.75 – 21 45P (Ban Dalam)
Ukuran Ban Belakang : 4.1 – 18 59P (Ban Dalam)
Rem Depan : Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 240 mm)
Rem Belakang : Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 220 mm)
Tipe Suspensi Depan : Inverted Telescopic Front Suspension (Diameter 37 mm & Stroke 225 mm)
Tipe Suspensi Belakang : Monosuspension with Pro-Link Suspension System (Axle Travel 207 mm)

Kelistrikan
Sistem Pengapian : Full Transisterized
Tipe Baterai/Aki : MF Wet 12 V 5 Ah
Tipe Busi : NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9

Artikel Terkait :

Gambar Gravatar
Terima kasih sudah sudi menyambangi blog sederhana ini, saran dan kritiknya untuk kemajuan blog ini kedepannya sangat kami harapkan dan apabila ada kekeliruan sebelumnya saya meminta maaf.

Monggo Komentarnya Kangbro :