Memantau Kesehatan Suzuki GSX-S150 Dengan Alat Diagnose SDS II, Fungsinya Opo Yo Cak…???

Diposting pada

Ini merupakan pengalaman pertama servis motor di bengkel resmi Suzuki, dengan mengendarai Suzuki GSX-S150 yang ternyata sudah waktunya untuk diservis apalagi jumlah kilometer di layar speedometer sudah hampir menyentuh angka 4000 km.

Main Dealer Suzuki Indrapura Surabaya menjadi pilihan tempat untuk menservis GSX-S150 yang saya kendarai ini, setelah berbincang beberapa saat dengan Bp. Dani Marketing Pusat Suzuki Surabaya tak lama kemudian motor masuk ke ruang servis, saat akan diservis ada sesuatu yang membuat saya tertarik untuk mencari tahu, sebuah alat yang bernama Suzuki Diagnostik System II (SDS II) ditancapkan ke GSX-S150 yang saya servis yang setelahnya saya ketahui sebagai sebagai alat standart servis Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150.

Alat ini dapat mendeteksi semua kerusakan pada system injeksi GSX 150, alat ini tidak bisa digunakan untuk mensetting ECM di GSX, hanya sekedar sebagai report karena sejatinya semua settingan sudah dikunci dari pabrik, jadi jika sampeyan beranggapan alat ini bisa mengubah keiritan bbm, mengubah motor lebih agresif, merubah nilai agar motor lebih ngacir, itu gak akan sampeyan temukan di alat ini masbro, karena saat motor GSX dibuat, semua system telah dikunci dan gak bisa diubah lagi kecuali oleh pabrikannya langsung.

Untuk menyambungkan alat ini ke GSX, terlebih dahulu membuka jok pembonceng lalu mengambil kabel 6 pin yang kemudian ditancapkan ke kabel SDS II, untuk power SDS II sendiri menggunakan aki, agar SDS II dan GSX bisa tersambung maka terlebih dahulu memasukkan kode rangka di SDS II dan jika benar maka akan muncul di layar jika alat SDS II sudah tersambung.

Ada 5 pilihan menu yang masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda antara lain :

  1. Data Monitor
  2. DTC Inspection and Clear
  3. Show Failure Data
  4. Actiove Control
  5. Data Recorder

Alat ini bentuknya sangat sederhana dan mobile banget, mekanik juga gak akan repot untuk menservis dan berpindah-pindah, bentuknya kotak memudahkan ditaruh dimana saja dan disimpan dimana saja.

Didalam DATA MONITOR, anda bisa memantau keadaan system sensor ECM secara real time alias langsung, mulai dari :

  1. Kecepatan Mesin
  2. Posisi throttle
  3. Pendingin mesin dan temperatur
  4. Suhu mesin
  5. Voltase aki
  6. O2 sensor
  7. Posisi gear

Dan masih banyak lagi fungsinya yang bisa sampeyan lihat di gambar.

Artikel Terkait :

Untuk mengakses alat ini terlebih dahulu memasukkan nomer rangka yang ada di motor Suzuki GSX, setelah nomer masuk kemudian ditekan enter, proses login dimana alat diagnostik ini akan berkomunikasi dengan ECM GSX yang pada akhirnya akan menampilkan 5 menu utama diatas dan selanjutnya bisa digunakan untuk memantau kesehatan Suzuki GSX.

Alat diagnose Suzuki ini diperuntukkan tak hanya untuk GSX-R150 dan GSX-S150, namun alat ini juga bisa digunakan untuk kelas motor Moge Suzuki, ini enaknya jika servis di servis resmi karena dari segi peralatan yang lengkap dan memang diperuntukkan untuk motor sampeyan.

Silahkan dibaca artikel terbaru lainnya :

Kontak Admin :
WA : 081554492800
Email : givisurabaya@gmail.com
FB Fans Page : otobalancing
Twitter : @priyo_verza
IG : otobalancing
Youtube : Verza Rider
Salam satu aspal cak….

Gambar Gravatar
Terima Kasih sudah sudi menyambangi blog sederhana ini, saran dan kritiknya untuk kemajuan blog ini kedepannya. Email : givisurabaya@gmail.com

Monggo Komentarnya Kangbro :