Analisa Kasus RC213V Marquez Meleduk Karena Terlalu Lama Slipstream, Apa Maksudnya…???

Bahasa kerennya adalah Slipstream masbro, dimana hal  ini dilakukan saat membututi lawan tepat di alur turbulensinya yang mana hambatan angin menjadi lebih sedikit sehingga bisa meningkatkan kecepatan dibandingkan rider di depannya, disamping bisa mengehmat bbm dan mengurangi gaya downforce pada motor keuntungannya adalah bisa mengovertake motor di depan bisa lebih responsif.

Namun teknik ini bukan tanpa kerugian jika tidak dilakukan oleh pembalap yang profesional, jika sembrono maka nyawa taruhannya karena kalo gak fokus bakal mengakibatkan kecelakaan karena jarak dengan motor di depannya bakal sepersekian detik.

Pada Marquez dimana dalam seri MotoGP Inggris kemarin RC213V nya jebol, menurut analisa pakar pengamat dan komentator MotoGP karena efek Slipstream itu tadi, terlalu lama berada di belakang menjadikan motor tidak mendapatkan asupan udara segar dari depan, apalagi motor MotoGP digeber habis hingga kecepatan 300 kpj lebih, tentu kinerja pendinginan mesin kudu optimal.

Pihak MotoGP juga punya definisi khusus tentang slipstream yang bunyinya “Melakukan slipstream adalah tindakan mengikuti pembalap lain di trek lurus, dan memanfaatkan ruang dibelakangnya untuk mendapatkan slipstream. Sehingga pembalap tersebut dapat menciptakan momentum untuk menyalip pembalap didepannya.”

Jadi Intinya ruang dibelakang benda yang sedang bergerak, sehingga ruang tersebut tidak terkena tekanan udara dari luar yang membuat benda yang berada di ruang slipstream tersebut dapat lebih cepat dari pada yang didepannya. Misalkan ada motor X yang berada didepan dengan kecepatan 170km/jam dan ada motor Y dengan kecepatan 170km/jam juga tapi motor Y berada di ruang slipstream. Motor manakan yang akan lebih cepat? Jawabannya adalah motor Y.

Mengapa? Karena motor Y berada di ruang slipstream yang artinya motor Y mendapat lebih rendah tekanan udaranya.

Namun jika dilakukan secara terus menerus maka juga akan dapat merugikan motor Y yang kurang mendapatkan asupan pendinginan untuk mesin.

Kurang lebih begitu masbro, maaf jika ada pengalihan bahasa yang kurang karena artikel ini saya sadur dari pembicaraan para komentator balap MotoGP luar negeri saat MotoGP kemarin berlangsung.

 

Gambar Gravatar
Terima kasih sudah sudi menyambangi blog sederhana ini, saran dan kritiknya untuk kemajuan blog ini kedepannya sangat kami harapkan dan apabila ada kekeliruan sebelumnya saya meminta maaf.

Monggo Komentarnya Kangbro :