Review fitur terbaru All New Scoopy 2017

Diposting pada
ktm indonesia

wp-1484202347786

wp-1490851133515.jpeg

Salam jos gandos masbro, PT. Astra Honda Motor (AHM) barusan ini melaunching generasi motor retro terbaru, lebih tepatnya penyegaran ya…seperti anda tahu sejak 2010 Honda Scoopy telah mengaspal di Indonesia, penyegaran ini tentu lebih modern namun masih mengusung gaya klasik alias retro, All New Scoopy 2017 ini merupakan generasi ke tiga sejak pertama kali dikeluarkan pada tahun 2010.

wp-1490851185446.jpeg

Jika anda melihat di gambar masbro, ada banyak sekali perubahan yang Honda lakukan, paling ketara yaitu komposisi ban, beda jauh sama sebelumnya dimana sebelumnya Honda menggunakan pelek 14 inchi namun saat ini pakai 12 inchi, ukuran pelek yang kecil ini membuat ban menjadi lebih tebal dan lebar.

wp-1490851123455.jpeg

Mungkin ada akan bertanya tanya berarti memakai ban 12 inchi lebih pendek dong…? coba masbro lihat seksama, kalo melihat profil ban dan pelek, sebenarnya masih sama dengan yang 14 inchi hal ini dikarenakan profil ban yang lebih tebal sehingga tidak mengurangi ketinggian dari motor Scoopy sendiri, ban depan scoopy berukuran 100/90-12 yang diapit oleh kaliper cakram tunggal piston jadi lebih lebar dan tebal dibandingkan generasi lama yang memakai ban dengan profil 80 masbro, dibelakang juga gak kalah dengan yang dibelakang yakni berukuran 110/90-12 dan dilengkapi rem tromol, jadi jika anda lihat scoopy terbaru ini jadi lebih padet dan gemuk.

11

Desain sendiri gak terlalu banyak diubah, hal ini untuk mempertahankan aksen retro yang sudah memang disematkan di Scoopy saat pertama kali diciptakan, namun yang berubah memang di sektor headlamp, memang desain lampu oval masih dipertahankan tapi lampu sein yang tadinya disamping dibuat menyatu dan naik keatas disamping headlamp, dan ada yang juga berubah saat motor dinyalakan, terlihat cincin semacam DRL gitu yang semuanya sudah full LED, meski lampu belakang dan sein belum LED.

12

Penempatan klakson di Scoopy ini juga meyita perhatian karena dibuat lubang untuk menyalurkan suara klakson di sebelah kanan, yang berubah lagi yaitu dibagian speedometer meski stangnya masih tetap yaitu telanjang namun fitur panel Digital juga disematkan lebih canggih juga karena sudah mengadopsi ECO Indikator, mirip sama Honda Beat terbaru yang otobalancing test ride di 2016 kemarin.

idling stop

Bagi yang belum mengerti apa itu ECO Indikator, fitur ini sebenarnya tidak secara otomatis lalu membuat motor irit, namun fitur ini mengajarkan masbro bagaimana berkendara yang irit melalui indikator ECO tersebut, dimana semakin terang lampu hijau ECO maka makin iritlah konsumsi bensin motor anda, dan sebaliknya jika tidak menyala sama sekali maka penggunaan bahan bakar tidak irit.

Jika anda berkendara santai santai wae, maka mesin scoopy ini sudah termasuk irit sebenarnya, teknologi 110cc ESP yang mempunyai power 9 hp, cukuplah untuk menemani anda beriding santai, dan fitur ESS (Edling Start Stop System)  yang bisa anda temukan di handle kanan yang berguna saat anda di lampu merah sehingga hemat bahan bakar,  dan CBS (Combi Brake System) dimana jika anda menekan rem sebelah kiri dengan kuat maka rem sebelah kanan juga akan ikut mengerem namun daya tekannya sudah disesuaikan antara daya tekan rem depan dan belakang.

Untuk kabel spidometer sendiri karena sudah digital maka leweran kabel di depan gak akan anda temui karena sensornya ada di daerah ban belakang, dibagian bagasi sendiri tidak banyak ubahan dimana box penyimpanan berkapasitas 15,4 liter dan tangki bensin berkapasitas 4 liter.

power charger

Dibagian depan ada fitur tambahan selain bagasi kecil untuk menaruh barang imut anda, yakni charge baterai DC 12 Volt yang mana anda mesti harus membeli lagi charger mobil yang keluarnnya USB karena socketnya ternyata tidak langsung USB.

kunci kontak

Kunci kontaknya sendiri memang masih menggunakan kunci biasa, namun ada fitur baru yang memnungkinkan motor aman jika akan dimaling karena sudah dilengkapi dengan alarm, maksimal jarak adalah 10 meter nah bagaimana cara fungsinya…? jadi gini masbro, saat motor dalam keadaan parkir kemudian terguncang maka alarm akan menyala dan baru bisa anda matikan dengan menggunakan remote tersebut, ya ada untung ruginya sih jika saat diparkir trus dipindahkan sama tukang parkir, bakalan kebingunan dan esmosi tuh tukang parkir kala alarm menyala, disangka maling motor tuh…hehehe.

wp-1490851115188.jpeg

Nah masbro sampai disini ulasannya, maaf nih gak bisa membahas tentang test ridenya karena memang otobalancing belum pegang motornya sama sekali, dan info fitir ini merupakan info langsung dari PT. Astra Honda Motor (AHM) yang otobalancing bagi untuk anda jika tertarik untuk meminang motor yang dibandrol 17,8 Juta OTR DKI Jakarta ini.

Baca artikel lainnya :

 

One thought on “Review fitur terbaru All New Scoopy 2017

Monggo Komentarnya Kangbro :