Test Ride medan terjal berkapur dengan CRF 250 Rally di Bukid Jeddih Madura

Diposting pada

Seperti yang pada artikel sebelumnya, otobalancing dan beberapa rekan dari Jatimotoblog berkesempatan untuk menghadiri event CRF 250 Rally di Bukid Jeddih Madura, adapun salah satu eventnya yaitu Test Ride, menyusuri perbukitan kapur buatan akhibat longsor alami dari alam membuat sebuah lintasan yang cocok untuk mengetest power dan handling CRF 250 Rally.

Sebagaimana kita tahu mengendarai motor trail sekelas CRF 250 Rally ini sangat berbeda sekali perlakuannya, baik teknik, posisi mengendarai serta stamina sangat berbeda dengan saat kita mengendarai di jalan aspal, sebagaimana otobalancing kutip dari Graham Jarwis, seorang crosser profesional di dunia trail mengatakan bahwa :

“Seterjal apapun medan didepan, asal bisa dituruni dengan motor, pasti bisa dinaiki”

Weh keren ya, terkesan sederhana namun gak sesederhana itu ternyata, terbukti banyak yang kesulitan hingga jatuh baik saat naik dan turun.

KESEIMBANGAN

Saya jadi teringat perkataan Presdir Bp. Suwito, bahwa CRF 250 Rally ini memang diciptakan untuk para pecinta adventure terutama offroad, segmennya tidak banyak namun AHM dan MPM selalu ingin menyediakan kepada konsumen setia Honda sehingga tidak perlu lagi melirik merek lain dikarenakan Honda sudah mempunyai motor berbasis adventure.

DSC_0245 (Copy)

Mengendarai CRF 250 Rally sangat berbeda saat mengendarai CBR 250 RR, saat mengendarai CRF 250, otobalancing sering mengangkat tubuh, duduk di jok itu paling hanya untuk istirahat sejenak, oleh karena itu jok CRF kecil dan memanjang dan terkesan kurang nyaman seperti kebanyakan motor lainnya, namun jika anda melihat jok motor Trail pada umumnya, baru anda akan mengerti mengapa jok motor CRF 250 seperti itu.

Posisi ini memang benar sekali, karena saat melihat rider yang sudah terbiasa naik motor tril ya cenderung selalu posisi tubuh sedikit kebelakang, gak peduli itu di tanjakan atau turunan.

DSC_0381 (Copy)

ERGONOMI, SUSPENSI dan MESIN

Secara basic motor CRF 250 Rally ini merupakan motor trail, handle bar yang lebar membuat kenyamanan saat rider berakselerasi sambil mengangkat tubuh, ergonomi segitiga lengan, pantat, punggung terbilang nyaman, namun ini adalah motor premium masbro, perlu perlakuan khusus dari segi suspensi.

Otobalancing teringat saat Coaching Klinik sesaat sebelum sesi test ride digelar mengatakan bahwa para pengendara diharapkan untuk memaksimalkan suspensi untuk mempermudah bermanuver, anda tidak usah ragu dengan suspensi CRF 250 Rally karena sudah sangat mumpuni dalam medan apapun, yang terpenting adalah bagaimana anda bisa memaksimalkannya.

DSC_0263.MOV_000015095

Rebound diperlukan jika anda ingin mengankat roda depan dengan mengandalkan pantulan suspensi jika melintasi gundukan, tidak perlu membuat mesin berteriak dengan RPM tinggi cukup beri tekanan pada sok depan dahulu dan rasakan pantulannya, saat suspensi memantul keatas itulah timing anda untuk memainkan antara gas dan koling sehingga anda bisa dengan mudah wheelie di lintasan terjal sekalipun.

Mesin CRF 250 Rally sudah sangat mumpuni untuk melintasi jalanan terjal di bukid jeddih tersebut, tergantung bagaimana rider bisa memanfaatkan potensi mesin CRF 250 Rally dengan teknik dasar Trail yang telah diajarkan, bagi yang sudah mahir dalam offroad, medan seperti di Bukid Jeddih ini paling disukai, cuman sayang lintasannya pendek hanya naik turun memutar begitu saja, namun secara kontur tanah sangat disukai, mengapa….sebagaimana dikatakan oleh Bro Rudi anggota komunitas motor Honda mengatakan :

“Kontur tanah di sini lumayan bagus gak terlalu keras jadi kalo melakukan sliding roda belakang bisa dengan mudah dilakukan berkali kali, dan inilah yang saya sukai saat mengendarai motor Trail, dan tadi saat mencoba CRF 250 Rally saya merasakan hal yang sama sensasinya”.

RASAKAN SENSASINYA

Sepertinya otobalancing tidak akan berpanjang lebar menerangkan semua, karena apa yang otobalancing tuliskan hanya merupakan gambaran atsa apa yang terjadi dan dirasakan para rider saat mengendarai CRF 250 Rally, untuk bisa lebih merasakan langsung, otobalancing sudah menyiapkan video dibawah ini agar anda bisa sama-sama merasakan seperti halnya otobalancing rasakan.

Artikel Terkait :

Silahkan dibaca artikel terbaru lainnya :

Gambar Gravatar
Terima Kasih sudah sudi menyambangi blog sederhana ini, saran dan kritiknya untuk kemajuan blog ini kedepannya. Email : givisurabaya@gmail.com

Monggo Komentarnya Kangbro :