Salam satu aspal cak…

Di sebuah situs nasional beberapa waktu yang lalu muncul sebuah potisi dari pecinta motor Honda Tiger, hal ini menunjukkan bahwa motor legenda ini yang diproduksi sejak 1993 sampai di stop produksi sejak 2014 lalu masih banyak peminatnya, hal ini OB lihat sendiri, bahkan sangat sering lo cak melihat jika rider Tiger bukan makin berkurang malah makin tambah, wong arek kuliahan ae yo banyak kok yang pakai tiger dan dimodif apik tenan, sayang gak bisa membuktikan dengan foto karena saat itu berada di jalan dan sedang riding, tapi temenan lo cak, dulur-dulur rider muda masih gandrung dengan motor legenda ini.

Adapun petisi yang OB kutip adalah sebagai berikut :

Honda Tiger, atau dulu sering disebut juga Honda Tiger 2000 merupakan salah satu dari produk Honda yang menuai kesuksesan di tanah air. Kemunculannya di tahun 1993 yang masih memiliki ikatan “keluarga” dengan generasi Honda GL menjadi pembeda produk Honda dari produsen lain.

Diantara sekian banyak produsen yang masih berkonsentrasi dengan motor 2 tak, Honda dengan percaya diri mengeluarkan motor 4 tak dengan kapasitas engine terbesar saat itu, 200 cc.

Praktis, dengan image motor tangguh yang disandang generasi Honda GL, Honda Tiger yang memiliki nama lain GL200, tak membutuhkan waktu yang lama untuk menarik perhatian penggemar otomotif tanah air.

Engine Honda Tiger yang memiliki kapasitas terbesar di masanya ini sebenarnya berbasis pada engine Honda GL Pro Neotech yang sudah terbukti ketangguhan dan kebandelannya.

Karena masih memiliki engine yang identik sama dengan Honda CB dan Honda GL yang sudah keluar terlebih dahulu membuat Honda Tiger dapat memakai part dari kedua generasi pendahulunya tersebut. Jadi tidak mengherankan bila sebagian besar komponen engine Honda CB dan Honda GL ditemui pada engine Honda Tiger.

Setelah melewati beberapa GENERASI sejak Tahun 1993 – 2012

Periode Honda Tiger 2012 merupakan generasi Honda Tiger yang terakhir yang pada 2013 sudah dihentikan produksinya. Sedangkan untuk penerusnya, sampai saat ini AHM belum tertarik untuk membuat kandidat legenda cruiser selanjutnya.

sangat sayangkan buat kami pecinta motor ini, terutama Ratusan CLUB/KOMUNITAS HONDA TIGER yang bernaung dalam beberapa Induk Organisasi , KAMI INGIN MOTOR HONDA TIGER KEMBALI DI PRODUKSI BAHKAN KAMI INGIN KAPASITAS CC MESIN BERTAMBAH LAGI..

HONDA TIGER – TERBAIK UNTUK SELAMANYA

Untuk menjawab petisi itu, lo kok pas banget ya, karena saat di Honda Biker Day 2016 kemarin di Pantai Boom Banyuwangi, OB sempat menanyakan dan mendapat jawaban dari Marketing Director AHM Koji Sugita, dan jawabannya adalah :

Mr. Koji Sugita saat diwawancarai oleh TMC dan juga rekan blogger lainnya termasuk OB

“Banyaknya varian yang saat ini beredar agak sulit untuk Honda mengembangkan kembali, apalagi Honda saat ini mempunyai CBR250RR, Menurut saya suatu hari nanti 250 cc menjadi lebih standar dibanding posisinya sekarang ini yang lebih ke posisi top end ( hi-end ) Namun Sistem pajaknya sama, Drive trainnnya sama,  . . Secara mendasar nggak ada perbedaan mendasar dalam produksi 150 cc dan 250 cc (sport ).

Jadi mungkin setelah 5 tahun atau 10 tahun kedepan seiring peningkatan tingkat ekonomi Indonesia mungkin 250 cc akan jadi lebih ‘standar’ dan saat itu mungkin kami bisa memberikan banyak varian dari 250 cc mungkin adventure atau Naked Bike (dari Seri 250 cc dua silinder ini)”.

Nah masbro, kalo bisa OB ambil kesimpulan dari jawaban Mr. Koji Sugita yaitu, bahwa AHM kemungkinan bakalan menstandartkan motor dengan kapasitas mesin 250cc di masa mendatang , sedangkan penghentian produksi Tiger itu terjadi karena Honda seperti diketahui untuk motor terbaru Honda semua sudah berbasis menggunakan mesin injeksi. Tiger bermesin 200 cc yang dijual di Indonesia masih memakai sistem karburator, padahal untuk mencapai standar emisi Euro3 yang ditetapkan pemerintah, minimal semua motor harus menggunakan injeksi. Setelah itu belum ada motor yang selevel dengan Tiger di line up Honda saat ini.

Apalagi saat ini untuk motor 250cc sudah muncul All New CBR 250RR jadi sepertinya fokus AHM bakalan akan fokus dulu ke motor ini, dan apakah bakalan diproduksi juga versi Naked Bike 250cc nya, berikut jawaban Mr. Koji Sugita :

“Sekarang ini kami masih konsentrasi CBR250RR, Karena Indonesia di Segmen Flagship supersport lebih populer daripada nakedBike. So Kami saat ini tidak memiliki rencana menyeluruh mengenai nakedBike ( Dari CBR250RR).

Dan Juga alasan lain adalah, beradasarkan pengalaman kami, membuat naked Bike dari spek supersport biayanya hampir sama di banyak hal, Namun harapan konsumen adalah Naked Bike harus lebih murah dari Supersport  . . itu adalah point kesulitan sebenarnya”.

Tapi hal ini tidak menutup mata AHM untuk mendengarkan permintaan konsumen setia motor Honda, ya gak eruh ki masbro bagaimana planing AHM kedepan dengan pembaharuan Honda Tiger, sejengkal apapun informasi tentang Honda Tiger bakalan OB share kok masbro…soale Honda Tiger ini juga merupakan salah satu motor idaman saat OB dulu hingga sekarang meski saat ini OB membeli Honda Verza, soale pas di kantong waktu itu cak, ya DP ne ya Cicilane…hehehe….

Semoga bermanfaat ya cak

 

2 KOMENTAR

Silahkan Tulis Komentar Anda :